Jumlah Masyarakat Kembali ke Yigi Semakin Bertambah, Ini Pesan Danrem 172/PWY Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers, SMSI akan Menggugat Melalui MK Kodam Cenderawasih Raih Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik TNI AD Selalu Ada untuk Rakyat : Bantuan Kasad Sampai ke Tenda Pengungsi Korban Gempa Bumi Cianjur Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei

Home / Gema TNI

Jumat, 17 Desember 2021 - 10:49 WIB

Danjen Akademi TNI Tutup Latihan Napak Tilas RPS Taruna Tingkat 1 Akademi TNI

Dok. Danjen Akademi TNI Marsdya TNI Andyawan Martono P., S.I.P., saat mengikuti Latihan Napak Tilas Rute Panglima Besar Soedirman (RPS) bersama 779 Taruna Akademi TNI TP 2021/2022, Kamis (16/12/2021).

Dok. Danjen Akademi TNI Marsdya TNI Andyawan Martono P., S.I.P., saat mengikuti Latihan Napak Tilas Rute Panglima Besar Soedirman (RPS) bersama 779 Taruna Akademi TNI TP 2021/2022, Kamis (16/12/2021).

SRIWIJAYADAILY

Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Marsdya TNI Andyawan Martono P., S.I.P., menutup Latihan Napak Tilas Rute Panglima Besar Soedirman (RPS) bagi 779 Taruna Akademi TNI TP 2021/2022 di Gelanggang Olahraga Grimandala di Desa Wonokarto, Kabupaten Wonogiri, Kamis (16/12/2021).

Dikutip dari laman website Akademi TNI dikatakan bahwa Latihan Napak Tilas RPS dilaksanakan dari tanggal 13 s.d. 16 Desember 2021 di wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta dan Kabupaten Wonogiri Provinsi Semarang dengan jarak tempuh sejauh 67 Km yang dibagi dalam 3 etape. Etape pertama menempuh jarak 23 Km, dimulai dari Desa Semanu sampai dengan Desa Sambiroto Kabupaten Gunung Kidul. Etape kedua menempuh  jarak 26,7 km menuju Desa Gumiwang dan etape ketiga sepanjang  13,5 Km  menuju Wonokarto sebagai titik akhir kegiatan RPS.

Baca :  Wujudkan Stabilitas Keamanan Di Distrik Ilaga, TNI- Polri Lakukan Patroli Gabungan

Danjen Akademi TNI dalam amanatnya menyampaikan bahwa latihan RPS merupakan salah satu materi dalam kurikulum pendidikan dasar integratif Taruna Akademi TNI yang bertujuan  untuk menanamkan dan mewariskan sikap serta semangat kepahlawanan Panglima Besar Jenderal Soedirman kepada Taruna agar dapat diteladani mengingat mereka kelak akan menjadi calon-calon pemimpin TNI di masa depan.

Baca :  Wujud Kemanggulan TNI Dengan Rakyat, Kodim 0419/Tanjab Gelar Karya Bakti TNI Di Tanjab Timur

“Latihan RPS juga mengajarkan kepada Taruna tentang  semangat membangun persatuan kepada rakyat, mengingat Prajurit Taruna adalah berasal dari rakyat,” ujarnya.

Oleh karena itu, pada setiap etape di tempat pemberhentian latihan RPS dilaksanakan kegiatan  bhakti sosial oleh Staf Menchandra dan Mako Akademi TNI berupa penyerahan sembako, pemutaran film tentang profil Akademi TNI yang menggambarkan tentang pendidikan Taruna agar dapat menjadikan inspirasi dan motivasi bagi para remaja untuk menjadi Taruna Akademi  TNI.

“Pada akhir pelaksanaan RPS di etape ketiga yaitu saat acara penutupan latihan, kegiatan karya bhakti RPS selain dilaksanakan pembagian sembako, juga dilaksanakan donor darah dan  pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat sekitar,” kata Danjen Akademi TNI.

Baca :  Apel pagi Satgas TMMD dan Warga Kini Membudaya

Danjen Akademi TNI juga menjelaskan bahwa kegiatan bhakti sosial pada pelaksanaan RPS Taruna Akademi TNI ini adalah selain sebagai pembelajaran tentang nilai-nilai semangat persatuan antara TNI dan masyarakat, juga sebagai wujud nyata bhakti TNI kepada masyarakat.

Hadir pada acara penutupan latihan RPS bagi Taruna Tingkat 1 Akademi TNI adalah Gubernur AAL, Wakil Bupati Wonogiri, para Direktur dan Pabantama Akademi TNI, Danmenchandra beserta  staf serta pejabat Forkompinda Wonogiri.**

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Keberadaan Pasar Rakyat “Bharata Tima” Mampu Mendongkrak Perekonomian Rakyat Di Pedalaman Papua

Gema TNI

Danrem 045/Gaya Pimpin Rapat Percepatan Vaksinasi TNI dan Operasi PPKM

Gema TNI

Dandim 1709/Yawa Lepas Satuan Bko Apter Kodim Persiapan Waropen Kembali Ke Satuan Asal

Gema TNI

Membangun Pedalaman Papua, Satgas Yonif MR 412 Kostrad Bantu Sebagai Tenaga Pendidik

Gema TNI

Kasiter Korem Gapo Hadiri Musyawarah Daerah ke IX PD VI FKPPI Sumsel

Gema TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Hadiri Pengantaran Dua Jenazah Prajurit TNI Korban Kekejaman KST

Gema TNI

Kasad Lepas Mudik Bersama 1206 Personel Mabesad

Gema TNI

Bersama Masyarakat Batu Empang, Danrem 042 Gapu Panen Ikan Di Lubuk Larangan