38 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Wakasad sampai Danjen Kopassus Berganti TMMD Ke-119 Kodim 0432/Basel Resmi Dibuka Kodim 0416/Bute Aktif Bantu Korban Banjir di Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo Perkuat Kapasitas Indonesia Hadapi Bencana, TNI AD Kolaborasi Dengan BNPB Terima Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Australia, Ini Komitmen Panglima TNI

Home / Warta TNI

Selasa, 14 Desember 2021 - 05:43 WIB

Danramil Telanaipura Anggap IPKB Sebagai Mitra Kerja yang Potensial Ditengah Pandemi Covid-19

SRIWIJAYADAILY

Dalam pembauran dan pembangunan bangsa, pemuda mempunyai peran dan fungsi yang sangat strategis. Untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional, diperlukan pemuda yang berakhlak mulia, sehat, tangguh, cerdas, mandiri dan profesional.

Dalam proses membangun pemuda, diperlukan pelayanan kepemudaan dalam dimensi pembangunan di segala bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Mengacu pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan, pemuda itu berusia antara 16-30 tahun. Sesuai namanya, pemuda tentu disematkan kepada mereka yang berusia muda yang biasanya memiliki semangat tinggi, penuh optimisme,  kreatif, inovatif dan beragam hal positif lainnya.

Baca :  Dihadapan Prajurit Yonif 753/AVT, Pangdam XVII/Cenderawasih : Perkuat Kemanunggalan TNI Rakyat serta Pegang Teguh Netralitas TNI pada Pemilu 2024

Sebagai wadah dan sarana membangun mental pemuda, organisasi kepemudaan merupakan salah satu solusinya. Banyak organisasi-organisasi kepemudaan yang tumbuh ditengah masyarakat dengan berbagai misi dan visinya.

Organisasi kepemudaan adalah lembaga non formal yang tumbuh dan eksis dalam masyarakat. Organisasi ini lebih mengarah kepada kegiatan sosial karena merupakan wujud kesadaran untuk membantu sesama.

Ikatan Pemuda Kenali Besar (IPKB) salah satunya. Organisasi ini tumbuh dan berkembang di wilayah Kelurahan Kenali Besar Kec. Alam Barajo kota Jambi.

Baca :  Relaksasi Pasca Pemilu, Pangdam II/Swj Boyong 689 KBT Nobar Madame Web

Untuk mendukung keberadaannya, Koramil Telanaipura senantiasa memberikan dukungan dan pendampingan agar kedepan, keberadaan IPKB tetap eksis, diakui dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Hal ini disampaikan oleh Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, SE saat menghadiri musyawarah pemilihan ketua IPKB TA. 2021-2024 di aula IPKB kelurahan Kenali Besar, Sabtu (11/12/2021) lalu.

Menurut Danramil, IPKB merupakan salah satu organisasi kepemudaan yang tumbuh dilingkup wilayah pembinaan teritorial Koramil Telanaipura. IPKB adalah mitra kerja yang potensial ditengah pandemi Covid-19.

Baca :  Hadapi Era Teknologi Informasi, Kasad Minta Kowad Adaptif dan Kembangkan Kompetensi Diri

“Mengatasi pandemi ini menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah saja. Para pemuda pun dapat diberdayakan untuk mengambil peran dengan melakukan berbagai hal positif, untuk itu kita akan berdayakan organisasi kepemudaan yang ada diwilayah.” tutur Mayor Widi.

Lebih jauh dikatakan bahwa IPKB merupakan salah satu organisasi kepemudaan dan mitra kerja Koramil Telanaipura yang sangat potensial untuk mengcounter, melindungi dan membentuk karakter pemuda Kenali Besar agar tidak terjerumus ke hal-hal yang bersifat negatif dan cenderung merugikan bagi masyarakat lainnya. (**/Wd)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Ikuti Istighatsah Kubra Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Warta TNI

Tanamkan Patriotisme Sejak Dini, Babinsa Ajarkan Wasbang ke Siswa SD

Warta TNI

Korem 042/Gapu Terima Kunjungan Edukasi Dari Siswi SMA IT Nurul Ilmi Jambi

Warta TNI

KST Papua Sebar Hoax, Tuduh TNI Polri Sebagai Dalang Pembunuhan Michele Kurisi

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Mengikuti Apel Komandan Satuan TNI AD TA. 2023 Digelar Di Akademi Militer Melalui Vicon

Warta TNI

Kodim 0415/Jambi Akan Salurkan 6000 BT-Pangan Di Dua Wilayah

Warta TNI

Warga Gembira Didatangi Satgas Yonif 143/TWEJ, Ini Alasannya

Warta TNI

Kabekangdam II/Sriwijaya Resmikan Lapangan Serba Guna Mushollah Nurussa’adah