Sambut Idul Adha, Babinsa Desa Baru Amankan Pawai Obor dan Takbir Keliling Komitmen Alumni AKABRI ’94 dalam Mengatasi Stunting di Kalimantan Barat Prajurit Satgas Yonif 125/SMB Terangi Jembatan dan Dermaga di Kampung Yagatsu, Papua Prajurit TNI Rebut Distrik Bibida dari OPM dengan Tindakan Profesional dan Kemanusiaan TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan Ribuan Baby Lobster di Cilacap

Home / Portal Militer

Selasa, 14 Desember 2021 - 05:48 WIB

Danramil Telanaipura Kenalkan Wasbang Kepada Usia Dini

SRIWIJAYADAILY

Danramil 415-09/Telanaipura Kodim 0415/Jambi, Mayor Inf Widi Purwoko, SE menyempatkan berolahraga dan bermain dengan anak-anak dalam rangka mengisi hari weekendnya dikawasan seputaran perkantoran Telanaipura, Minggu (12/12/2021) lalu.

Bermain sangat lekat dengan kehidupan anak-anak yang menyenangkan dan menjadikan mereka lebih ceria. Dengan bermain anak dapat mengekspresikan dirinya dengan leluasa, karena dalam bermain ada unsur kebebasan yang merupakan elemen utama, sehingga membuat bermain menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak.

Sayangnya kebanyakan masyarakat kita masih beranggapan bahwa bermain sebagai suatu kegiatan yang hanya membuang-buang waktu dan tidak bermanfaat.

Baca :  Ciptakan Kedekatan Warga Binaan, Babinsa Koramil Pasar Melaksanakan Komsos

Dalam kesempatan itu, Danramil mencoba menepis anggapan yang tidak berdasar tersebut dan coba memberi manfaat yang sangat positif terhadap aktivitas bermain anak-anak. Ia secara santai mengumpulkan anak-anak dan memperkenalkan pengetahuan wawasan kebangsaan (wasbang).

“Saya melihat ketika anak-anak bermain seringkali tidak mendatangkan manfaat dan tujuan yang berarti. Dengan memperkenalkan wasbang terlebih sejak dini, saya yakin akan dapat merubah karakter anak menjadi lebih baik.” ujarnya.

Baca :  Hari Libur, Babinsa Koramil 09/TP Tetap Bina Kemanunggalan TNI-Rakyat

Menurutnya, melalui kegiatan bermain, Anak-anak dapat belajar banyak hal. Bermain merupakan bagian yang amat penting dalam tumbuh kembang anak untuk menjadi manusia seutuhnya.

Peduli terhadap lingkungan, merupakan salah satu materi yang disampaikan Mayor Widi kepada anak-anak, disamping kedisiplinan, patuh terhadap orang tuanya dan hormat menghormati antar sesama dan orang dengan usia yang lebih tua.

“Ya banyak obrolan yang disampaikan, agar anak-anak tumbuh kembang dengan baik, terlebih untuk menumbuhkan kecintaannya terhadap tanah airnya.” jelasnya.

Baca :  Pelaku Pembunuh Alm Danramil Aradide Sering Mendapat Bantuan Sembako, Kapendam Cenderawasih : Air Susu Dibalas Air Tuba

Terbukti saat ditanya tentang keinginannya masuk menjadi anggota TNI, seluruhnya bereaksi sangat mau dengan menunjukkan telunjuk jarinya.

Lebih jauh, Danramil berharap agar metode seperti ini dapat diadopsi dan diaplikasikan oleh Babinsanya saat melaksanakan tugas binter di wilayah. Pembinaan, pengawasan dan bimbingan sejak dini diyakini dapat berpengaruh terhadap karakter anak-anak.

Semangat juang dan kompetisi akan muncul dengan sendirinya seiring dengan usia tumbuh kembang yang baik, imbuhnya. (**/wd)

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Ciptakan Kondusifitas Wilayah, Kodim 0415/Jambi Rutin Gelar Patroli Garnisun

Portal Militer

Penuhi Nazar Dandim 1708/BN Berikan Hadiah Umroh Dan Wisata Rohani Gratis Kepada 2 Orang PNS

Portal Militer

Prajurit Yonif 147/KGJ Peduli Anak Sekolah

Portal Militer

Pabungdim 0415 Hadiri Halal Bi Halal Pemda Batanghari Bersama Lembaga Adat

Portal Militer

Mantap! Satgas Pamtas RI-MLY Yonarhanud 12/SBP Kembali Amankan Miras Ilegal Dari Malaysia

Portal Militer

Semangat Pahlawan Era Modern Perangi Kebodohan dan Kemiskinan

Portal Militer

Kasad Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kandang Sapi Korem 143/HO

Portal Militer

Danrem 042/Gapu Ikuti Rakornis TMMD ke-115 Tahun 2022 Secara Virtual