Lepas Sertijab, Pangdam II/Swj Silaturahmi ke PJ Gubernur dan Kapolda Sumsel Jadi Pendaftar Pertama ke PKB, Budi Setiawan Harap PKB Bisa Koalisi dengan Golkar PJ. Gubernur Sumsel Apresiasi Kinerja Kodam II/Swj Telah Mensukseskan Program Pemerintah dengan Kerja Cepat dan Cerdas Agar Dikenang dan Dicintai Anggota, Mayjen TNI Yanuar Adil: Selalu Berusaha Terbaik Terima Kunjungan Kehormatan Danjen USARPAC, Kasad Sepakat Perkuat Kerja Sama

Home / Warta TNI

Rabu, 26 Januari 2022 - 09:25 WIB

Danramil Wamena Pastikan Pasar Tradisional Wouma Kembali Beraktivitas Pasca Konflik

Wamena, Sriwijayadaily.co.id – Konflik yang terjadi antara dua kelompok masyarakat dari Suku Nduga dan Suku Lanny Jaya yang terjadi beberapa waktu lalu di Distrik Wouma, Kab. Jayawijaya yang mengakibatkan korban jiwa serta puluhan rumah dan honai terbakar. Kejadian tersebut juga berimbas pada aktifitas jual beli masyarakat di Pasar Wouma yang harus terhenti akibat situasi yang masih memanas diantara kedua kubu.

Perdamaian diantara ke dua suku telah dilaksanakan pada Sabtu, (15/1) lalu yang difasilitasi oleh Kodim 1702/Jayawijaya bertempat di Makodim 1702/Jayawijaya dan disaksikan oleh seluruh Forkopimda di wilayah Lapago. Dari perdamaian tersebut dihasilkan kesepakatan untuk saling menjaga situasi keamanan dan ketertiban di wilayah Kab. Jayawijaya.

Baca :  Agar Dikenang dan Dicintai Anggota, Mayjen TNI Yanuar Adil: Selalu Berusaha Terbaik

Saat ini kondisi sudah benar-benar aman, Dandim 1702/Jayawijaya telah memastikan hal tersebut, seperti apa yang disampaikan kepada Danramil 1702-01/Wamena Kapten Inf Aprin Paembonan bersama anggotanya untuk melihat langsung aktivitas masyarakat di Pasar Wouma Distrik Wouma, Kab. Jayawijaya pada Minggu, (23/1).

Diperoleh keterangan dari Danramil bahwa aktivitas masyarakat sudah kembali berjalan dengan normal seperti sediakala. Hal-hal yang sekiranya perlu diwaspadai dipastikan sudah tidak ada lagi.

“Dari penjelasan masyarakat sekitar baik pedagang maupun para pembeli yang ada di lokasi pasar ini, mereka menjelaskan bahwa setelah ada perdamaian dari kedua kubu sampai saat ini tidak ada lagi kekacauan yang terjadi baik di pasar maupun di kampung-kampung dekat pasar Wouma,” ujar Danramil.

Baca :  Wujudkan Impian Masyarakat, Satgas TMMD Kodim 0426/TB Bangunkan Jembatan

Piter (30) salah satu pembeli di pasar tersebut mengatakan bahwa saat ini situasi sudah aman dan masyarakat tidak khawatir lagi keluar rumah untuk melaksanakan aktifitas seperti sebelumnya.

“Sekarang sudah damai lagi, mau keluar kemana-mana sudah tidak takut tidak seperti sebelum ada perdamaian, dimana masyarakat tidak berani keluar rumah bahkan sekedar untuk berbelanja keperluan rumah.  Namun setelah adanya perdamaian seluruh masyarakat sudah membaur kembali melaksanakan aktivitasnya masing-masing”, ucap Piter.

Baca :  Peringati HUT Ke-71, Prajurit Yonif 142/KJ Gelar Syukuran dan Doa Bersama

Sementara itu, Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Koramil 1702-01/Wamena tersebut untuk memastikan bahwa segala kesepakatan bersama yang telah diputuskan pada perdamaian beberapa waktu lalu dipatuhi oleh kedua suku yang bertikai.

“Hal ini hanya sebagai antisipasi jika terjadi pelanggaran atas apa yang telah kita sepakati bersama. Kita berterima kasih bahwa kesepakatan kemarin dapat dijalankan dan masyarakat juga sudah merasakan dampak dari perdamaian tersebut. Segala aktifitas dapat berjalan dengan normal,” kata Dandim. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Pastikan Berjalan Lancar, Babinsa Koramil Sebapo Dampingi Penyaluran BLT Dana Desa

Daerah

Mantapkan Strategi Penanggulangan Bencana Alam, KOREM 042/Gapu Gelar FGD

Warta TNI

Panglima TNI Sambut Kedatangan Jenazah Kusuma Bangsa

Warta TNI

Vaksinasi Anak Dihari Ibu, Babinsa Bujuk Anak yang Berlindung Dibalik Punggung Bunda

Warta TNI

Tanggap Bencana, Prajurit Yonzipur 2/SG Terjun Bersihkan Sisa Material Pasca Banjir

Warta TNI

Membanggakan, Babinsa Koramil 1417-03 Lambuya Torehkan Prestasi di Portugal

Warta TNI

Kodam II/Sriwijaya Siap Sukseskan Latma Garuda Shield 2022

Warta TNI

Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Piala Kasad 2023 Resmi Dibuka