DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI Jum’at Bersih, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Bersama Warga Gotong Royong Tempat Ibadah Dandim 0419 Tanjab Bekali Menwa Sultan Thaha Tentang Kepemimpinan Dandim 0416/Bute Serahkan Bantuan Semen dan Al-Quran Ke Ponpes Daarul Hafidz Al- Manshuriyah SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Home / Gema TNI

Rabu, 1 Desember 2021 - 20:57 WIB

Danrem 041/Gamas Lepas Personel Apter Koramil Persiapan Wilayah Kodam XVII/Cendrawasih

Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo M. Tr (Han) memimpin pelepasan 7 personel sebagai Aparat Teritorial (Apter) Koramil Persiapan di Wilayah Kodam XVII/Cendrawasih di Lapangan Apel Makorem 041/Gamas, Padang Harapan, Kota Bengkulu, Rabu (1/12/2021). FOTO : PENREM 041/GAMAS

Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo M. Tr (Han) memimpin pelepasan 7 personel sebagai Aparat Teritorial (Apter) Koramil Persiapan di Wilayah Kodam XVII/Cendrawasih di Lapangan Apel Makorem 041/Gamas, Padang Harapan, Kota Bengkulu, Rabu (1/12/2021). FOTO : PENREM 041/GAMAS

SRIWIJAYADAILY

Komandan Korem (Danrem) 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo M. Tr (Han) memimpin pelepasan 7 personel sebagai Aparat Teritorial (Apter) Koramil Persiapan di Wilayah Kodam XVII/Cendrawasih di Lapangan Apel Makorem 041/Gamas, Padang Harapan, Kota Bengkulu, Rabu (1/12/2021).

Dalam pengarahannya, Danrem menyampaikan, sejak menjadi TNI setiap prajurit  telah dilatih untuk melaksanakan berbagai penugasan termasuk tugas operasi ke Papua, sehingga prajurit harus siap bila diberangkatkan ke daerah operasi.

“Sebagai Prajurit TNI, termasuk saya, harus siap berangkat melaksanakan tugas tersebut, karena itu adalah salah satu jati diri kita sebagai Prajurit TNI,” tegas Danrem.

Kepada personel Apter yang akan berangkat, Danrem berpesan agar memulai penugasan di Papua dengan hati yang bersih dan meyakini rezeki yang dianugerahkan Tuhan.

“Awali tugas kalian dengan hati bersih, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di daerah operasi, tapi yakinlah bahwa Tuhan Yang Maha Esa sudah mencatat rezeki kita masing-masing, termasuk keselamatan kalian,” tegasnya lagi.

Baca :  Kodim 1710/Mimika Salurkan Bansos dari Presiden RI

Selain itu, Pati yang lama berkarier di Baret Merah ini juga berpesan agar selama bertugas di Papua, setiap prajurit selalu menjaga kesehatannya, karena Papua identik dengan penyakit Malaria.

“Jagalah kesehatan kalian dengan cara berolahraga teratur, makan yang bergizi dan istirahat yang seimbang,” pesannya.

Diakhir pengarahannya, Danrem juga berpesan agar setiap prajurit saat bertugas minimal tidak seorang diri, tetapi harus ada rekannya yang melakukan pengawasan terhadap rekannya yang lain (body system), sehingga mencegah terjadinya kerugian personel dan seluruh prajurit dapat kembali dari penugasan dengan selamat.

Baca :  Kasad Tinjau Implementasi Tujuh Perintah Hariannya di Wilayah Kodam V/Brawijaya

“Selalu body system dan jaga faktor keamanan, sebab salah satu tujuan pemberangkan kalian ke Papua adalah kembali dengan selamat, dan bisa berkumpul keluarga kembali, ketemu pacar, apalagi yang mau nikah setelah kembali,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga, didampingi Kasrem dan para Kasi Korem, Danrem memberikan tali asih dan ucapan selamat bertugas kepada personel yang akan berangkat ke Papua.

Adapun ketujuh personel tersebut akan bertugas di Koramil Abenahu Kodam XVII/Cendrawasih selama satu tahun kedepan. Mereka adalah Kapten Inf Budi Syarial Pasilog Kodim 0428/Mukomuko sebagai Danpos, Sertu Hendi Yoga Andani Babinsa Koramil 425-05/UT Kodim 0425/Seluma sebagai Bamin Komsos, Sertu J. Irwandes Simanjuntak Babinsa Kormil 425-03/AP Kodim 0425/Seluma sebagai Bati Tuud, Serda Yuni Nuryanto Bahub Pok Tuud Kodim 0407/Kota Bengkulu sebagai Bamin Wanwil, Serda Sutarno Baurtu Pok Tuud Kodim 0409/Rejang Lebong sebagai Baminlog, Serda Singgih Prasetyo Bapers Sipersdim 0428/Mukomuko sebagai Bamin Bakti TNI, dan Kopda Ade Chandra Ta Provost 3 Simin Kodim 0425/Seluma sebagai Tajurlis/Operator.

Baca :  Kasad Kunjungan Kehormatan ke Pejabat Pertahanan dan Militer Singapura

Sebelumnya, ketujuh personel tersebut telah dibekali kemampuan dalam latihan penyiapan tugas selama sebulan sejak 27 Oktober hingga 16 November 2021 di Rindam II/Swj bersama personel dari seluruh jajaran Kodam II/Swj yang akan diberangkatkan ke Papua. Latihan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan tentang tugas-tugas yang akan dilaksanakan sesuai kondisi wilayah masing-masing.

Selain itu, demi keberhasilan dalam melaksanakan tugas tersebut, setibanya di Papua, para personel itu akan mendapatkan pembekalan atau pelatihan lanjutan selama satu minggu di Rindam setempat. (Puspen TNI)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Liga Santri Piala KASAD Zona Jambi, Ponpes Nurul Jalal dan KH Abdul Satar Saleh ke Final

Gema TNI

Bersama Forkopimda, Dandim 0419/Tanjab Tinjau Gotong Royong Di Kampung Kerukunan Umat Beragama

Gema TNI

Danramil Muarasabak Beri Bantuan Sembako Ke Korban Kebakaran

Gema TNI

Danrem 042/Gapu Hadiri Open Turnamen Gateball Gubernur Jambi Cup 2022

Gema TNI

Pangdam II/Swj Ikuti Vicon Kasad Bahas Program Babinsa Masuk Dapur

Gema TNI

Kapendam Cenderawasih : Prada Enos Aninam Bukan Ditembak Gerombolan KST Melainkan Korban Laka Lalin

Gema TNI

Prajurit Satran Koarmada II Latihan Deteksi Bawah Air

Gema TNI

Danrem 172/PWY Pimpin Pengantaran Jenazah Pratu Anumerta Beryl Ke Kampung Halaman