Sambut Idul Adha, Babinsa Desa Baru Amankan Pawai Obor dan Takbir Keliling Komitmen Alumni AKABRI ’94 dalam Mengatasi Stunting di Kalimantan Barat Prajurit Satgas Yonif 125/SMB Terangi Jembatan dan Dermaga di Kampung Yagatsu, Papua Prajurit TNI Rebut Distrik Bibida dari OPM dengan Tindakan Profesional dan Kemanusiaan TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan Ribuan Baby Lobster di Cilacap

Home / Nasional / Portal Militer

Selasa, 14 Desember 2021 - 16:56 WIB

Danrem 042/Gapu Pimpin Ziarah Rombongan Peringati Hari Juang TNI AD dan HUT Kodam II Sriwijaya ke 76

Sriwijayadaily

Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P., M.M., pimpin Upacara Ziarah rombongan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2021 dan HUT Kodam II Sriwijaya ke 76, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Bhakti Kota Jambi, Selasa (14/12/2021).

Ziarah rombongan yang dilaksanakan dengan tujuan selain untuk mengenang jasa para pejuang Pahlawan yang telah gugur, juga merupakan rangkaian menyambut Hari Juang TNI AD Tahun 2021 dan HUT Kodam II Sriwijaya ke 76 dan mengandung makna yang sangat dalam, karena selain sebagai sarana dan wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa, juga mengajak kepada seluruh Prajurit TNI AD untuk dapat meresapi dan merenungkan setiap perjuangan para Pahlawan yang telah mengharumkan bumi Pertiwi demi perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Baca :  Amankan Kunker Presiden RI, 183 Personel Kodim 0415/Jambi Diberangkatkan ke Wilayah Kabupaten Bungo dan Tebo

Dalam keterangan tertulis Penrem 042/Gapu, dikatakan bahwa pelaksanaan Ziarah Nasional ini diawali dengan penghormatan kepada Arwah para Pahlawan dilanjut mengheningkan Cipta dan peletakan Karangan Bunga oleh Danrem dilanjutkan dengan tabur bunga di atas pusara makam Pahlawan Satria Bhakti Kota Jambi oleh seluruh peserta ziarah.

Usai pelaksanaan upacara Brigjen TNI M. Zulkifli menyampaikan bahwa kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting bagi kita semua sebagai penerus bangsa untuk penghormatan kepada para Pahlawan yang telah mendarma baktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa, selain itu juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para Pahlawan.

Baca :  Babinsa Koramil 03/Muara Tembesi Sosialisasikan Bahaya Karhutla

Kegiatan ziarah ini memiliki makna yang sangat penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang telah mendarma baktikan jiwa raganya bagi Nusa dan Bangsa.

“Bagi prajurit, sejarah adalah kehidupan, karena sebagai prajurit selalu menjalankan tugas yang tidak mudah, meninggalkan keluarga, mengancam jiwa dan bahkan mengorbankan nyawa,” tegas Danrem.

Menurut dia, prajurit harus memiliki semangat dan rela berkorban dalam menghadapi tugas-tugas yang tidak ringan itu, perlu pemahaman tentang sejarah berdirinya Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia yang salah satunya melalui ziarah ke makam para pahlawan kesuma bangsa ini.

Selain prajurit, kata dia, seluruh komponen bangsa juga perlu untuk memahami pengorbanan para pahlawan dan mempelajari sejarah bangsanya.

Baca :  Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan

Dikaitkan dengan peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2021, Danrem mengajak seluruh komponen bangsa untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran tentang sejarah bangsa kepada generasi berikutnya.

Melalui momentum peringatan Hari Juang TNI AD ini semua yang ada saat ini bertanggung jawab untuk menggali nilai-nilai sejarah lebih dalam, dan kemudian mentransformasikannya kepada generasi muda, sehingga sejarah tidak hilang dikikis zaman, tandas Danrem.

Ziarah ini dihadiri oleh Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf M. Yamin Dano, Dandim 0415/Jambi, Para Kasi Korem, Dan/Kasatbalak, Prajurit dan PNS, Mahasiswa Stikes Garuda Putih, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II/Sriwijaya Ny. Dewi Zulkifli beserta pengurus dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.

Autentikasi : Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Koramil 12/Pasar Bantu Amankan Pembukaan Pasar Bedug

Portal Militer

Kasad Sematkan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Pakci Utama kepada Menhan RI

Portal Militer

Dandim 0413/Bangka Apresiasi Prestasi Pelajar SDN 45 Pangkalpinang Di Olimpiade Nasional Tingkat Provinsi

Portal Militer

Dandim Bima Cegah Penyakit DBD Dengan Ciptakan Alat Fogging Dari Barang Bekas

Portal Militer

TNI Commander Checks GWK Venue, Regional Security Task Force Enters Position and Ready to Secure G20

Portal Militer

Di Ujung Timur Indonesia, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 725/Woroagi Berikan Pelatihan Dasar Pramuka Di SMPN 2 Muting

Portal Militer

30 Prajurit Kodim 0416/Bute Naik Pangkat, Ini Pesan Dandim

Portal Militer

Satgas Yonif 144/JY Gelar Karya Bakti Perbaikan Atap Rumah Warga Perbatasan