“Pariwisata Sumatera Utara dan Peranan Pers” Antara Promosi dan Kritik 26 Pejabat Administrator dan Pengawas Di Lingkup Pemkab Tanjab Barat Resmi Dilantik Lestarikan Budaya Lokal, Satgas Yonif 143/TWEJ Gelar Pertandingan Jubi Di Papua Demi Generasi Muda Papua, Satgas Yonif Raider 142/KJ Ajak Siswa Sekolah Minum Susu Gubernur Jambi Lepas Delegasi PWI Provinsi Jambi ke HPN 2023 di Medan

Home / Nasional

Sabtu, 12 November 2022 - 07:07 WIB

Diresmikannya 3 DOB Papua, Kini Indonesia Miliki 37 Provinsi

JAKARTA, sriwijayadaily.co.id – Dengan diresmikannya tiga provinsi Daerah Otonom Baru (DOB) Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan oleh Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian, Jumat (11/11/2022). Maka saat ini Indonesia telah memiliki 37 provinsi, dimana 5 diantaranya adalah di Tanah Papua.

“Ini implikasinya akan luas dan kita tau bahwa nantinya akan lahir Perppu untuk mengakomodir dari adanya provinsi – provinsi baru ini,”kata Mendagri M Tito Karnavian di Jakarta.

Baca :  Shin Tae Yong Panggil 30 Pemain Timnas U-20 Jalani TC untuk Piala Asia 2023

Pasalnya dari DPD saja Papua akan diuntungkan luar biasa, karena satu provinsi undang – undangan menyatakan ada 4 perwakilan DPD. “Berarti 4 x 5 ada 20 orang anggota DPD dan itu suara Papua akan semakin lebih kuat di DPD. Termasuk juga di DPR RI pastinya akan bertambah,”terangnya.

Dengan demikian diharapkan semua aspirasi masyarakat akan bisa masuk dalam mekanisme constitutional di Senayan melalui perwakilan.

Baca :  Korpri TNI AD Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur

Disisi lain dengan pemekaran ini bisa membuat semua proses manajemen pemerintahan, pelayanan public akan lebih mudah. Dari Boven Digul, Asmat tidak perlu lagi ke Jayapura dan cukup ke Merauke ada Pj Gubernur Papua Selatan Apolos Safanpo.

Kemudian juga dari Dogiyai, Intan Jaya tidak perlu lagi ke Jayapura cukup ke Nabire ada Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk.

Baca :  Wujud Toleransi Beragama, Satgas Yonif 143/TWEJ Hadiri Ibadah Bersama Masyarakat

Kemudian juga dari Yalimo, Nduga tidak usah jauh – jauh terbang ke Jayapura. Tetapi cukup ke Wamena saja, karena ada Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolas Kondomo. (**)

Artikel ini telah terbit di BogoPapua.net dengan judul : 3 DOB Papua Diresmikan Kini Indonesia Miliki 37 Provinsi

Share :

Baca Juga

Foto: ANTARA

Nasional

Bawaslu Efisienkan Anggaran Pemilu 2024

Nasional

Kapolri Puji Keberanian La Ode Kritik Polri Dalam “Bhayangkara Mural Festival 2021”

Nasional

Menpora Berharap Tim Renang Indonesia Tampil Maksimal di SEA Games Vietnam

Nasional

Jemaat Gereja Parkir di Masjid, Bentuk Toleransi Warga Batang

Nasional

Kominfo Raih Zona Hijau Pelayanan Publik Terbaik dari Ombudsman RI

Nasional

Berpindah ke TV Digital, Pastikan Beli Perangkat Set Top Box Bersertifikasi

Nasional

Mudik Lebaran 2022 Diizinkan, Reisa Ingatkan Syarat Vaksinasi untuk Perjalanan

Nasional

Jelang Nataru Situasi di Kabupaten Intan Jaya Rawan Terkendali