Wujud Peduli Kemanusiaan, PTBA TBK Tanjung Enim Salurkan Bencana Kabupaten Tanah Datar Dan Agam Pastikan Lahan Tersedia, Dandim Bute Bergerak Cepat Meninjau Lokasi Program Oplah 2024 Di Wilayah Tebo Satgas TMMD Kodim Muara Enim Gelar Penyuluhan Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Minat Baca Dan Perpustakaan Wujud Sinergitas TNI dengan Masyarakat, Satgas TMMD Kodim Muara Enim Gotong Royong Bangun Mushola Pangdam II/Swj : Bangga Boleh, Jangan Sombong

Home / Nasional

Sabtu, 4 Desember 2021 - 07:02 WIB

Ditjen Imigrasi Buka 89 Tempat Pelayanan Keimigrasian di Luar Kantor Imigrasi

Sriwijayadaily

Direktorat Jenderal Imigrasi telah membuka 89 unit sebagai tempat pelayanan keimigrasian di luar kantor imigrasi. Hal ini disampaikan oleh Direktur Kerja Sama Keimigrasian Agus Widjaja dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Perjanjian Kerja Sama antara Direktorat Jenderal Imigrasi dengan Kementerian/Lembaga yang digelar di Pendopo Kantor Imigrasi Kelas I Bogor pada Jumat (3/12/2021), seperti dikutip indonesiadaily.co.id.

Agus merinci bahwa 89 unit pelayanan tersebut merupakan jumlah keseluruhan sejak tahun 2013 hingga saat ini. Agus mengungkapkan tidak semua unit pelayanan dibiayai oleh Ditjen Imigrasi, namun juga berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah setempat.

Baca :  Tiang Listrik Jalan Roboh, Babinsa Kodim Lambar Gercep Evakuasi

” 89 tempat pelayanan ini bermacam-macam bentuknya, ada yang Unit Layanan Paspor (ULP), Unit Kerja Keimigrasian (UKK) dan Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP), ” jelasnya.

Selain bekerja sama dengan Pemda, Ditjen Imigrasi juga bekerja sama dengan pihak swasta untuk penyediaan tempat. Beberapa kerja sama dilakukan dengan pusat perbelanjaan seperti mal yang mudah diakses oleh masyarakat.

Baca :  Panglima TNI Sambut Kedatangan Hercules TNI AU C-130 J Selesai Misi Palestina

Agus berujar pelayanan keimigrasian saat ini menjadi pelayanan publik yang tetap eksis di masa pandemi Covid-19. Pelayanan keimigrasian baik itu paspor maupun izin tinggal tetap dibuka di Mal Pelayanan Publik.

Baca :  Serda Pudja, Kowad Kodam II/Swj Harumkan TNI AD di Kapolri Cup 2024

“Yang terbaru, beberapa hari yang lalu telah dibuka Unit Layanan Paspor di Lippo Mall Indonesia, Cibubur Junction yang berlokasi di Jakarta Timur, ” ujar Agus.

Pada Rakor tersebut, turut hadir Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Kepala Divisi Keimigrasian serta Kepala Unit Pelaksana Teknis Imigrasi di Wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Muhammad Fijar Sulistyo
Editor: Achmad Nur Saleh

Share :

Baca Juga

Nasional

Peran TNI Menuju Swasembada Beras Di Jayawijaya

Nasional

Jelang Zikir Para Penyair 2022, Teater Tonggak Kunjungi Panti Asuhan

Nasional

Situ Bagendit, Riwayatmu Kini

Nasional

KPPPA Siap Kawal RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Nasional

Gencarkan 3T saat Liburan Nataru Cegah COVID-19

Daerah

Kebun Raya Katingan, Satu-satunya Bertema Koleksi Tumbuhan Buah Tropis

Daerah

Dukung Pariwisata Pagar Alam, Kemenhub Kembangkan Bandara Atung Bungsu

Nasional

Jenderal Pilot Jet Tempur M Syauqi Jadi Kapten Timnas AMIN, Ini Daftar Lengkapnya