Kodim Jambi Gelar Komsos Dengan Komponen Bangsa Pasca Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar, Polda Jambi Tingkatkan Pengamanan Satukan Komitmen, TNI AD Gelar Bimtek Penilaian Sistek Info Kotama dan Balakpus Pangdam XVII/Cenderawasih Buka Turnamen Bola Voli Dalam Rangka Hari Juang Kartika TNI-AD Tahun 2022 Lewat Adu Penalti, Maroko Usir Spanyol dari Piala Dunia 2022

Home / Nasional

Sabtu, 4 Desember 2021 - 07:02 WIB

Ditjen Imigrasi Buka 89 Tempat Pelayanan Keimigrasian di Luar Kantor Imigrasi

Sriwijayadaily

Direktorat Jenderal Imigrasi telah membuka 89 unit sebagai tempat pelayanan keimigrasian di luar kantor imigrasi. Hal ini disampaikan oleh Direktur Kerja Sama Keimigrasian Agus Widjaja dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Perjanjian Kerja Sama antara Direktorat Jenderal Imigrasi dengan Kementerian/Lembaga yang digelar di Pendopo Kantor Imigrasi Kelas I Bogor pada Jumat (3/12/2021), seperti dikutip indonesiadaily.co.id.

Agus merinci bahwa 89 unit pelayanan tersebut merupakan jumlah keseluruhan sejak tahun 2013 hingga saat ini. Agus mengungkapkan tidak semua unit pelayanan dibiayai oleh Ditjen Imigrasi, namun juga berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah setempat.

Baca :  Jelang Penutupan, Satgas Kebut Pembangunan Tugu TMMD 115 Hingga Malam

” 89 tempat pelayanan ini bermacam-macam bentuknya, ada yang Unit Layanan Paspor (ULP), Unit Kerja Keimigrasian (UKK) dan Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP), ” jelasnya.

Selain bekerja sama dengan Pemda, Ditjen Imigrasi juga bekerja sama dengan pihak swasta untuk penyediaan tempat. Beberapa kerja sama dilakukan dengan pusat perbelanjaan seperti mal yang mudah diakses oleh masyarakat.

Baca :  Edukasi Menghadapi Bencana, BPBD Tanjab Barat Bekali Pelajar Tentang Simulasi Sekolah Aman Bencana

Agus berujar pelayanan keimigrasian saat ini menjadi pelayanan publik yang tetap eksis di masa pandemi Covid-19. Pelayanan keimigrasian baik itu paspor maupun izin tinggal tetap dibuka di Mal Pelayanan Publik.

Baca :  Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Sertijab Kapaldam dan Dandenzipur 12/OHH

“Yang terbaru, beberapa hari yang lalu telah dibuka Unit Layanan Paspor di Lippo Mall Indonesia, Cibubur Junction yang berlokasi di Jakarta Timur, ” ujar Agus.

Pada Rakor tersebut, turut hadir Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Kepala Divisi Keimigrasian serta Kepala Unit Pelaksana Teknis Imigrasi di Wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Muhammad Fijar Sulistyo
Editor: Achmad Nur Saleh

Share :

Baca Juga

Nasional

Warga Rusia Turun ke Jalan Mengecam Invasi ke Ukraina

Ekonomi

Jaksa Agung Perintahkan Jajaran Awasi Barang Impor Dilabeli Produk Lokal
Foto: ANTARA

Nasional

Bawaslu Efisienkan Anggaran Pemilu 2024

Nasional

Belasan Ribu Penonton Saksikan Balap Formula E

Gema TNI

Pemerintah dan PBB Teken Kerja Sama Pengamanan GPDRR 2022

Nasional

Jelajah Arsitektur Unik Masjid Tuo Kayu Jao

Nasional

Kembangkan Potensi Wilayah, Aparat TNI Di Kuala Kencana Bersama Warga Tanam Pohon Kelapa

Nasional

For what reason Asian Women Are the Best Decision For Addicts