“Pariwisata Sumatera Utara dan Peranan Pers” Antara Promosi dan Kritik 26 Pejabat Administrator dan Pengawas Di Lingkup Pemkab Tanjab Barat Resmi Dilantik Lestarikan Budaya Lokal, Satgas Yonif 143/TWEJ Gelar Pertandingan Jubi Di Papua Demi Generasi Muda Papua, Satgas Yonif Raider 142/KJ Ajak Siswa Sekolah Minum Susu Gubernur Jambi Lepas Delegasi PWI Provinsi Jambi ke HPN 2023 di Medan

Home / Gema TNI

Sabtu, 3 Desember 2022 - 10:17 WIB

DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

KSAL Laksamana Yudo Margono saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa di Komisi I DPR, Jakarta, Jumat (2/12). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

KSAL Laksamana Yudo Margono saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa di Komisi I DPR, Jakarta, Jumat (2/12). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, SRIWIJAYADAILY — Komisi I DPR secara resmi telah menyetujui KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa.

Keputusan itu diambil setelah Komisi I menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Yudo selama tiga jam di kompleks parlemen, Jumat (2/12) kemarin.

“Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon panglima TNI,” kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid.

Komisi I menganggap Yudo layak menggantikan Jenderal Andika yang akan memasuki pensiun pada 21 Desember mendatang.

Baca :  Senam Pagi Bersama Pamen Dan Istri, Pangdam Cenderawasih Ingatkan Untuk Selalu Bersyukurlah Atas Nimat yang Diberi

Dengan keputusan itu, DPR sekaligus menyetujui pemberhentian Jenderal Andika sebagai Panglima TNI.

Setelah disetujui di Komisi I, nama Yudo selanjutnya akan dibawa ke Paripurna DPR terdekat sebelum masa reses anggota dewan 16 Desember mendatang. Yudo akan resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebelum habis masa pensiun Andika pada akhir 2022.

Yudo mengucapkan terima kasih usai dirinya disetujui DPR sebagai panglima TNI berikutnya. Dia berjanji akan mengemban tugas dengan baik.

Baca :  Pangdam XVII/Cenderawasih Dampingi Kunker Wapres RI Resmikan Pusat Layanan Usaha Terpadu Di Biak Numfor

“Terima kasih mudah-mudahan kami dapat melaksanakan tugas ke depan dengan mitra Komisi I, dengan baik aman dan lancar,” kata Yudo.

Nama Yudo sebelumnya diusulkan Presiden Jokowi sebagai Panglima TNI. Surat Presiden usulan Yudo diserahkan Mensesneg Pratikno dan diterima Ketua DPR Puan Maharani pada Senin (28/11).

Presiden Jokowi mengungkap alasannya memilih Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Jokowi mengatakan pemilihan perwira bintang empat TNI AL itu karena ingin memastikan rotasi matra di pucuk kepemimpinan TNI.

Baca :  Cegah Stunting, Satgas Yonif Raider 142/KJ Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Anak Papua

Sebagai informasi, sepanjang kepresidenan Jokowi hingga saat ini tongkat komando Panglima TNI pernah dipegang satu perwira bintang empat dari TNI AU dan tiga bintang empat dari TNI AD. (Red/**)

Artikel ini di kutip dari laman CNN Indonesia “DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI”

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Saksikanlah Laga Final Liga Santri PSSI Piala Kasad 2022 Zona Kota Jambi di Stadion Persijam

Gema TNI

Sambut HUT Ke-53 Kab. Yawa, Dandim Yawa Bersama Forkopimda “Jumpa Berlian”

Gema TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih dan Ketua Umum PPAD Ramah Tamah Bersama Forkopimda Di Kediaman Bupati Puncak Jaya

Gema TNI

Pjs Danramil Jambi Timur Gelar Coffe Morning Bersama Aparat Polri Dan Pemerintah Kecamatan

Gema TNI

Kasdam II/Sriwijaya Dampingi Gubernur Sumsel Penyerahan 100 Ribu Vaksin Covid-19

Gema TNI

Babinsa Ajak Tokoh Masyarakat Di Kampung Kalifam Menghimbau Warga Patuhi Prokes

Gema TNI

Tiba Di Biak Numfor, Danrem 173/PVB Disambut Tradisi Mansorandak

Gema TNI

Satgas Yonif 405/SK Gelorakan Cinta Tanah Air, Merah Putih Berkibar Di Desa Waa Banti Tembagapura