DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI Jum’at Bersih, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Bersama Warga Gotong Royong Tempat Ibadah Dandim 0419 Tanjab Bekali Menwa Sultan Thaha Tentang Kepemimpinan Dandim 0416/Bute Serahkan Bantuan Semen dan Al-Quran Ke Ponpes Daarul Hafidz Al- Manshuriyah SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Home / Ekonomi / Regional

Senin, 8 November 2021 - 13:14 WIB

Ekonomi Sumatera Tumbuh 3,78 Persen, Sumut dan Riau Paling Berkontribusi

SRIWIJAYADAILY

Pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatera triwulan IlI-2021, secara agregat tumbuh sebesar 3,78 persen.

“Triwulan ketiga ini, perekonomian seluruh provinsi di Sumatra mengalami pertumbuhan. Kepulauan Bangka Belitung merupakan provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi sebesar 6,11 persen, sedangkan Provinsi Bengkulu mengalami pertumbuhan ekonomi terendah sebesar 2,47 persen,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Misfaruddin di Pekanbaru, Minggu (7/11/2021).

Baca :  Dukung UMKM Warga Binaan, Babinsa Koramil Muarabungo Sambangi Pembuat Tahu

Jida ditinjau berdasarkan kontribusi PDRB dari tiap provinsi regional Sumatera, tercatat Sumatera Utara dan Riau memiliki kontribusi tertinggi.

“Sumut berkontribusi sebesar 23,21 persen dan Riau berkontribusi 23,00 persen. Sedangkan Provinsi Bengkulu merupakan provinsi dengan kontribusi terendah terhadap perekonomian Sumatra yaitu sebesar 2,11 persen,” jelasnya.

Baca :  Pengurus SMSI Provinsi Jambi Periode 2022 -2027 Resmi Dilantik

Untuk diketahui, pertumbuhan ekonomi Riau triwulan III-2021 terhadap triwulan III-2020 (y-on-y) mengalami pertumbuhan sebesar 4,10 persen.

Pertumbuhan terjadi pada sebagian besar lapangan usaha. Lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan signifikan adalah Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial sebesar 16,06 persen dan Perdagangan Bear dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 10,09 persen.

Baca :  Basarnas Jambi Gelar Rakor SAR Daerah

Sementara itu, Industri Pengolahan dan Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan yang memiliki peran dominan juga mengalami pertumbuhan masing-masing sebesar 3,39 persen dan 5.70 persen.

Share :

Baca Juga

Regional

Pemprov Jambi Segera Bangun Command Center

Regional

Rakor Bidang Sosial Tingkat Kabupaten Muara Enim 2021 Fokus Bahas PMKS

Ekonomi

Pertamina Pastikan Harga Pertalite Tidak Naik

Regional

Dampak Gempa Bumi M 4,8 di Bali, Tiga Warga Meninggal Dunia

Ekonomi

Stasiun Kendaraan Listrik Pertama Sudah Ada di Riau, Ini Keuntungannya

Ekonomi

Minggu Ini Harga Pinang Kering di Riau Tetap Rp12.800 per Kg

Nasional

BLT Minyak Goreng Rp300 Ribu Diberikan ke 20,5 Juta Keluarga dan 2,5 Juta PKL

Gema TNI

Kodim 0419/Tanjab Gelar Perjusami Pramuka SWK