Jumlah Masyarakat Kembali ke Yigi Semakin Bertambah, Ini Pesan Danrem 172/PWY Pengesahan RKUHP Meresahkan Kalangan Pers, SMSI akan Menggugat Melalui MK Kodam Cenderawasih Raih Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik TNI AD Selalu Ada untuk Rakyat : Bantuan Kasad Sampai ke Tenda Pengungsi Korban Gempa Bumi Cianjur Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei

Home / Entertainment / Regional

Kamis, 3 Februari 2022 - 15:10 WIB

Ilomata River Camp Surga Tersembunyi di Tengah Hutan TNBNW

Sriwijayadaily

Ilomata river camp yang berada di Desa Ilomata, Kecamatan Bulango Ulu, layaknya surga tersembunyi sekaligus tempat wisata terbaru bagi masyarakat Bone Bolango dan Provinsi Gorontalo.

Berada di bagian penghujung Kabupaten Bone Bolango, Ilomata River Camp ini menyuguhkan keindahan alam terbuka yang berada di tengah hutan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) yang tentunya juga memiliki suasana ketenangan tersendiri.

Menempuh jarak kurang lebih 23,5 KM dari ibu kota Provinsi Gorontalo, para wisatawan nantinya akan melewati beberapa perkampungan yang penduduknya banyak memilih pekerjaan sebagai petani jagung. Selain itu, pengunjung juga akan melewati beberapa anak sungai yang memiliki air yang jernih dari sumber mata air langsung.

Baca :  Bupati Tanjab Barat Lantik 43 Kades Hasil Pilkades Serentak 2022

Di Ilomata River Camp ini, para wisatawan bisa memilih paket wisata seharga 300 ribu rupiah yang di dalamnya sudah termasuk biaya menginap menggunakan tenda dengan kapasitas 4 orang, perahu karet untuk menikmati arung jeram, dan juga makanan. Wisatawan juga bisa membawa tenda sendiri untuk didirikan di lokasi wisata tersebut.

Di tempat ini juga kebersihan lingkungan sangat terjaga dan didukung oleh fasilitas seperti tempat sampah yang disedikan oleh Pemerintah Desa Ilomata berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten serta Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (BTNBNW).

Baca :  Basarnas Jambi Gelar Rakor SAR Daerah

Kepala Desa Ilomata, Abd Rahman Usman mengatakan, tempat wisata tersebut sudah mulai dirintis sejak akhir Desember 2021 dengan anggaran bersumber dari Dana Desa yang dikolaborasikan dengan Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

“Anggaran yang diperlukan untuk membangun ini ada sekitar Rp100 juta yang dibagi dua dengan Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone,” kata Abd Rahman.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, yang meresmikan langsung tempat wisata ini, Selasa (1/2/2022), mengaku senang dengan hadirnya lagi tempat wisata baru di Bone Bolango.

Baca :  Bupati Tanjab Barat Lantik 11 Pejabat Struktural

Menurut Bupati Hamim tempat wisata tersebut merupakan surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Bone Bolango.

“Ini konsep yang sangat luar biasa lahir dari kolaborasi antara Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dan Pemerintah Desa yang menghasilkan manfaat yang luar biasa,” ujar Hamim.

Bupati Hamim berharap tempat wisata ini bisa berdampak untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yang ada di Desa Ilomata dan Bone Bolango. (Indra/AKP)

Share :

Baca Juga

Nasional

Warga Mengungsi Akibat Letusan Gunung Semeru Sebanyak 3.697 Jiwa

Regional

Jelang Ramadan, TPU Tegal Alur Dipadati Peziarah

Regional

Ruko Semi Permanen di Pasar KM 2,5 Kelurahan Tebing Tinggi Terbakar

Kesehatan

Begini Cara Aman Konsumsi Daging Agar Terbebas Dari Virus PMK

Regional

Ini Kades Terpilih pada Pilkades Serentak 43 Desa di Tanjab Barat

Opini

Pengamat Ungkap Sosok Budi Setiawan yang Humble Serta Punya Daya Juang Tinggi

Gema TNI

Kodam II/Sriwijaya Tertibkan Rudin di Komplek Benteng Kuto Besak

Politik

Budi Setiawan Sambangi Sesepuh Golkar Kota Jambi