Babinsa Kodim 0415/Jambi Jalin Silaturahmi dengan Warga Binaan Melalui Komsos Dandim 0416/Bute Ingatkan Bahaya Judi Online dan Lakukan Pemeriksaan Handphone Upacara Peringatan 17an Kodim 0416/Bute, Dandim Sampaikan Amanat Pangdam II/Swj Cegah Polio, Satgas Yonif 753/AVT Berikan Imunisasi Gratis di Puncak Jaya Prajurit Satgas Mobile Yonif 323 Buaya Putih Dukung Peningkatan Ekonomi Lokal di Puncak Papua

Home / Portal Militer

Senin, 3 Januari 2022 - 10:32 WIB

“Ing Ngarso Sung Tulodo” Prinsip Babinsa Telanaipura Saat Goro Bersama Warga

SRIWIJAYADAILY

Semboyan “Ing Ngarso Sung Tulodo” merupakan salah satu semboyan hasil buah pemikiran dari bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara yakni “Selalu memberi contoh” telah banyak diadopsi sebagai fondasi pendidikan di Indonesia.

Dalam konteks membangun kepemimpinan, semboyan tersebut sangat relevan untuk diterapkan. Terlebih dalam konteks Pembinaan Teritorial (Binter) oleh aparat kewilayahan (Babinsa).

Terhadap warga di wilayah binaan semboyan tersebut menjadi prioritas Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura dalam membangun kedekatan dan komunikasi kreatif dengan warga.

Baca :  Danrindam II/Swj Tinjau Latihan Berganda Siswa Calon Bintara TNI AD TA. 2024

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Pematang Sulur Kec. Telanaipura, Sertu Herlan Kurniawan dan Lurah Pematang Sulur.

Saat libur akhir pekan, bukannya ia gunakan kumpul bersama dengan keluarganya, namun malah digunakan kumpul bersama dengan warga melakukan gotong royong bersama membersihkan drainase yang ada dilingkungan tersebut.

Tidak hanya memberi perintah dan bertindak sebagai pengawas saja saat gotong royong, namun Herlan juga turun memegang cangkul membantu membersihkan drainase layaknya warga lain.

Baca :  CE Via Budi Setiawan, "Kuda Hitam" di Pilwako Jambi

“Warga butuh dorongan dan pendampingan dari Babinsa saat melakukan gotong royong. Mereka selalu menghormati Babinsa sebagai aparat yang bisa diajak kerjasama. Untuk meresponnya, saya juga turun ikut apa yang mereka kerjakan.” jelas Herlan.

Ditemui disela-sela kesibukannya, Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, SE membenarkan aksi nyata Babinsanya. Menurutnya tidak setiap hari libur dapat dimanfaatkan untuk keluarganya. Namun sering digunakan untuk melakukan pendekatan dengan warga di wilayah binaannya.

Dalam setiap pemberian Jam Komandan, Mayor Widi selalu menekankan kepada semua Babinsanya untuk terus bertindak sebagai penggerak warga untuk melakukan gotong royong bersama peduli terhadap lingkungannya.

Baca :  Tanpa Kenal Lelah, TNI dan Warga Bersihkan Material Longsor di Badan Jalan Merangin-Kerinci

Gotong royong merupakan ciri khas dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan sudah mendarah daging, bahkan menjadi kepribadian bangsa dan merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat.

Oleh sebab itu, seorang Babinsa harus piawai memanfaatkan moment gotong royong sebagai sarana untuk melakukan pendekatan dan komunikasi dengan masyarakat, tutupnya.(**)

Share :

Baca Juga

Portal Militer

KSTP Berulah Bakar Perumahan di Ilaga, Tewas Ditindak Aparat

Portal Militer

Meriahkan HUT TNI, Prajurit Korem Garuda Putih Gelar Bakti Kesehatan

Portal Militer

Meriahkan HUT TNI Ke 77, Kodim 0419/Tanjab Gelar Berbagai Pertandingan Olahraga

Portal Militer

Pasiterdim 0419/Tanjab Hadiri Balap Becak Sambut HUT Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Kabupaten Tanjab Barat

Portal Militer

Kunjungi Nabire, Pangdam XVII/Cenderawasih Minta Prajurit Jalin Komunikasi Dengan Seluruh Komponen Masyarakat

Portal Militer

Dibuka Ketua STHM, Kompetisi Moot Court Peradilan Militer Resmi Dimulai

Portal Militer

Pulihkan Ekonomi Masyarakat Paska Pandemi, Dandim 0415/Jambi Lakukan Penjajakan Dengan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Di Sungai Gelam

Portal Militer

Babinsa Koramil 06/Pijoan Hadiri Pelantikan Perangkat Desa Parit Kec. Sungai Gelam