DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI Jum’at Bersih, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Bersama Warga Gotong Royong Tempat Ibadah Dandim 0419 Tanjab Bekali Menwa Sultan Thaha Tentang Kepemimpinan Dandim 0416/Bute Serahkan Bantuan Semen dan Al-Quran Ke Ponpes Daarul Hafidz Al- Manshuriyah SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Home / Kesehatan / Regional

Senin, 3 Januari 2022 - 08:33 WIB

Ini Kisah Bripka Ripal Bopong Remaja Lumpuh Berobat ke Rumah Sakit

Sriwijayadaily

Baik Budi seperti itulah gambaran yang patut disematkan kepada Bripka Ripal Indrawarta. Karena rela menyisihkan waktu dan tenaga serta biaya membantu remaja 16 tahun mengobati kelumpuhannya.

Meski sudah sering meraih Pin emas Kapolri, Polisi yang dikenal berjiwa besar ini terus melakukan kegiatan sosial ditengah-tengah masyarakat.

Bantuan Bripka Ripal dilakukan terhadap Candra penderita lumpuh hampir 6 tahun, membawanya berobat ke RSUD Indrasari Pematang Reba, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Kamis (30/12/2021) kemarin.

Di bilang baik budi, untuk membantu Candra, Bripka Ripal rela berkorban waktu dan menyisihkan gajinya membantu warganya tersebut.

Atas dedikasinya itu, nama Bripka Ripal menjadi tenar dikalangan masyarakat Pasir Penyu, Desa Batu Gajah dan Desa Pasir Keranji, Kabupaten Inhu ini.

Baca :  MTQ Ke 51 Tingkat Provinsi Tahun 2022 Resmi Berakhir, Tanjab Barat Raih Peringkat Kedua

Simpati masyarakat didapat Polisi yang bertugas sebagai Bhabinkamtimas Polsek Pasir Penyu, di Desa Batu Gajah dan Desa Pasir Keranji ini, karena dirinya selalu memperhatikan dan ringan tangan menolong semua kalangan, terkhusus warga tidak mampu maupun organisasi kepemudaan di Desa binaan nya.

Saat membantu Candra, Bripka Riqal tanpa sungkan-sungkan membopong sendiri Candra yang kurang mampu dan mengalami kelumpuhan layu berobat ke RSUD Indrasari Pematang Reba.

Riqal mengaku terpanggil, karena mengetahui Candra (16) sudah mengalami kelumpuhan sekitar 6 tahun dan sudah 2 tahun kebelakangan tidak bisa berjalan. Sedangkan, untuk berobat ke rumah sakit orang tua dari Candra tidak memiliki biaya.

Riqal mengatakan, orang tua Candra mencukupi biaya hidup sehari-hari keluarganya dari upah sebagai buruh. Karena itulah melihat kondisi Sugeng (45) dan keluarga merasa terpanggil untuk menolong.

Baca :  Prihatin Dampak Batubara, SAH Usulkan Pengurangan Kuota Produksi dan Pembatasan Jumlah Angkutan

“Melihat kondisi seperti itu, saya langsung membopongnya ke RSUD Indrasari Rengat untuk berobat. Kemudian membuatkan BPJS Kesehatan secara gratis,” terang Bripka Ripal.

Menurut cerita keluarganya, sebab Candra dibiarkan sakit hingga semakin parah. Karena orangtuanya tidak memiliki biaya, padahal remaja tersebut merupakan siswa pinter SMK Muhammadiyah Air Molek serta Hapiz Al’Quran.

Riqal mengaku mengetahui kondisi Candra, karena saat menyambangi warga dan mendengar langsung keluhan bapak Sugeng.

“Karena itu saya langsung bawa berobat serta memfasilitasi apapun keperluannya tanpa ada basa basi serta mengurus semua administrasinya,” ujarnya.

Sementara itu, Sugeng sendiri memiliki BPJS Kesehatan, namun jalur mandiri.

“Maka untuk memudahkan semua urusannya, BPJS mandiri tadi langsung saya minta rubah oleh kantor BPJS menjadi BPJS Kesehatan yang gratis supaya dikemudian hari bisa berobat gratis,” tutur Riqal.

Baca :  Mahasiswa Posko 7 KKN Tematik UNJA Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Produk Turunan Pinang di Bram Itam Kiri

Setelah diurus, dengan mengucapkan Alhamdulilah akhirnya Candra dapat berobat di RSUD Indrasari dan mendapat pelayanan dengan baik oleh Rumah Sakit.

“Setelah di rumah sakit Candra diberikan obat dan disarankan cek kontrol untuk melihat perkembangan kesehatannya,” kata Ripal bahagia.

Selanjutnya, Riqal juga membantu Candra kursi roda untuk mempermudah kegiatan sehari-harinya dengan memberikan kursi roda dari hasil gaji pribadinya.

“Kursi roda itu memang dibeli menggunakan gaji pribadi, agar Candra dapat melakukan kegiatan sehari-hari dan mudah-mudahan Allah menyembuhkan Candra dari sakit lumpuh yang ia derita,” tutup Bripka Ripal.

Share :

Baca Juga

Nasional

Gandeng Astra, Kemendesa Pdtt Perluas Ekspor Produk Desa

Nasional

Inilah 3 Hal Krusial yang Diantisipasi dalam Angkutan Lebaran 2022

Hukum dan Kriminal

KKP Periksa Usaha Pemanfaatan Ruang Laut di Kepulauan Riau

Hukum dan Kriminal

Usut Kaburnya Narapidana, Kemenkumham Sumsel Turunkan Tim

Regional

Budi Setiawan Terima Kunjungan Silaturahmi Ibu-Ibu Pengajian Al Hidayah

Regional

Gandeng Pemkab Tanjab Barat dan Muhammadiyah, Koran RADAR TANJAB Gelar Aksi Sosial 

Gema TNI

Kodam II/Sriwijaya Tertibkan Rudin di Komplek Benteng Kuto Besak

Regional

163 CPNS Tanjab Barat Terima SK Pengangkatan PNS