Pembangunan Batalyon Penyangga, Wujud Komitmen TNI AD dalam Percepatan Pembangunan di Papua Wujudkan Situasi Keamanan Wilayah yang Kondusif, Aparat Gabungan Berhasil Amankan Homeyo Kodam I/BB Segera Bangun 5 Jembatan Bailey di Kabupaten Agam Progres Pembangunan Musholla Desa Fajar Indah Sudah Tahapan Pengecatan Usung Nuansa Dan Konsep Minimalis, Ini Penampakan RTLH TMMD Kodim 0404/Muara Enim

Home / Warta TNI

Senin, 15 April 2024 - 06:59 WIB

Jenazah Danramil Oktavianus Sogalrey Korban Penembakan Gerombolan OPM Dimakamkan Secara Militer

SRIWIJAYADAILY PAPUA TENGAH – Bertempat di Rumah Duka Kelurahan Kaliharapan, Distrik Nabire, Kab. Nabire, Provinsi Papua Tengah, Minggu (14/4) Pukul 13.00 Wit telah dilaksanakan prosesi persemayaman dan pemakaman Jenazah Lettu Inf (Anumerta) Oktavianus Sogalrey (Danramil 1703-04/Aradide) dipimpin oleh Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M. (Danrem 173/PVB)

Dikutip dari keterangan tertulis Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E.,M.M bahwa kegiatan ini dihadiri sekitar 300 orang,

Turut hadir Pj. Sekda Prov. Papua Tengah, Kapolres Nabire, Dandim 1703/Deiyai, Dankima Yonif 753/AVT, Kajari Kab. Nabire, Ketua Pengadilan Negeri Nabire, para Perwira TNI-POLRI garnisun Nabire dan pihak Keluarga serta kerabat almarhum

Kegiatan ini diawali dengan upacara pelepasan dan penyerahan Jenazah Lettu Inf (Anm) Oktavianus Sogalrey.

Lebih lanjut, Jenazah Alm dibawa menuju Taman Makam Pahlawan (TMP), Jln. Kusuma Bangsa, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah dengan menggunakan mobil Jenazah milik Kodim 1705/Nbr.

Baca :  Babinsa Koramil Pasar Laksanakan Komsos Kreatif Bangun Keakraban

Setibanya di TMP seluruh rangkaian Pemakaman Jenazah Alm. Lettu Inf (Anumerta) Oktovianus Sogalrey berlangsung khidmat dan lancar diawali dengan Penaburan Bunga dan penimbunan liang lahat secara Simbolis oleh Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M (Danrem 173/PVB) dan keluarga.

Usai meletakan karangan bunga, Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M (Danrem 173/PVB) dalam sambutannya menyampaikan bahwa Almarhum Letda Inf Oktovianus Sogalrey semasa hidupnya telah menunjukkan Dharma Bhaktinya dengan baik dan bertanggung jawab kepada bangsa dan negara dengan menunjukkan kesetiaannya kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Selaku Komandan Korem 173/PVB, atas nama bangsa dan negara serta TNI, menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada Alm atas Dharma Bhaktinya kepada masyarakat, bangsa dan negara. Semoga amal ibadahnya diterima oleh Tuhan YME dan almarhum mendapat tempat yang layak disisinya,” ungkap Danrem.

Baca :  Berkat Binter, Babinsa Kodim Lubuk Linggau Berhasil Kumpulkan Senjata Api Rakitan Dari Warga

“Kepada seluruh pihak yang membantu dalam evakuasi jenazah hingga pada pemakaman maupun kegiatan – kegiatan keagamaan yang dilaksanakan, saya Komandan Korem 173/PVB, atas nama bangsa dan negara beserta pihak keluarga menyampaikan ucapan terima kasih, dan disertai dengan do’a agar bantuan yang telah diberikan baik moril maupun materiil semoga mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan YME,” tutup Brigjen TNI Franz Yohanes Purba, S.I.P., M.M.

Sebelumnya, Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, menjelaskan bahwa Oktovianus ditemukan tewas di ruas Jalan Trans Enarotali-Aradide, Kampung Pasir Putih, Distrik Eladide, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, Kamis (11/4/2024) siang.

Baca :  Tingkatkan Sinergi dan Soliditas, TNI - Polri di Kerinci Gelar Buka Puasa Bersama Dan Bagi-Bagi Takjil

Almarhum diserang dan ditembak oleh gerombolan OPM. “Para pelaku penyerangan dan penembakan ini adalah gerombolan OPM,” kata Candra ketika dikonfirmasi awak media.

Kejadian ini bermula saat Oktovianus keluar dari Markas Koramil 1703-4/Aradide sore hari Rabu (10/4/2024), namun ditunggu sampai Kamis pagi, dia tidak kembali. Kemudian, dilakukan pencarian, dan akhirnya Oktovianus ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Sebelumnya, pada Kamis pukul 09.00 WIT, masyarakat menemukan jenazah Oktovianus di ruas jalan Trans Enarotali-Aradide. Pada jasadnya ditemukan luka robek akibat senjata tajam pada bagian belakang kepala. Sepeda motor yang digunakan korban pun tidak ditemukan di lokasi kejadian.**

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Cetak Generasi Muda Pancasilais, TNI AD Jangkau Gen Z Lewat Bootcamp

Olahraga

Resmi Ditutup, Inilah Pemenang Kejuaraan Tenis Lapangan Dandim 0416 Bute Cup 2022

Warta TNI

Jaga Tumbuh Kembang Anak, Satgas Yonif Raider 200/BN Adakan Posyandu di Kampung Assoyelipele

Warta TNI

Tim Wasev Mabesad Tinjau TMMD Ke-115 Kodim 0415/Jambi Di Desa Kembang Seri Baru

Warta TNI

Amphibious Poonton Bantu Gerak Maju Pasukan Latancab Kartika Yudha 2021

Warta TNI

Pastikan Berjalan Lancar, Babinsa Dampingi Penyaluran BLT Dana Desa

Warta TNI

Penggilingan Padi Milik Prajurit TNI Mendapat Kunjungan Dari Pangdam XVII/Cenderawasih

Warta TNI

Kepedulian Satgas Yonif Raider 200/BN Bantu Warga Yang Berduka