TMMD Ke-119 Kodim 0432/Basel Resmi Dibuka Kodim 0416/Bute Aktif Bantu Korban Banjir di Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo Perkuat Kapasitas Indonesia Hadapi Bencana, TNI AD Kolaborasi Dengan BNPB Terima Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Australia, Ini Komitmen Panglima TNI Prajurit Kodim 0419/Tanjab Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir

Home / Daerah

Senin, 3 Januari 2022 - 08:37 WIB

Kapolda Riau Ziarah Makam Marhum Pekan Pendiri Kota Pekanbaru

Sriwijayadaily

Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal, didampingi beberapa Pejabat Utama dan Kapolresta Pekanbaru melakukan ziarah di Makam Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau Marhum Pekan. Sultan kelima dari Kerajaan berjasa sebagai pendiri Kota Pekanbaru.

Lokasi komplek Makam Marhum Pekan bersebelahan dengan Masjid Raya Nur Alam, jalan Senapelan Kelurahan Kampung Bandar Senapelan Kota Pekanbaru. Merupakan komplek pemakaman dari pendiri Kota Pekanbaru bersama keluarga dan kerabat dekatnya. Mereka yang dimakamkan di kawasan ini berasal dari keluarga Kerajaan Siak Sri Indrapura yang memerintah di Pekanbaru pada abad ke-18.

Baca :  Ini Harapan Budi Setiawan Pada Rakerkab KONI Tanjabtim

Ziarah dilakukan Kapolda Riau sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa almarhum serta mengenal kembali sejarah perjalanan para pendiri kota Pekanbaru yang telah berjasa terhadap berdirinya kota Pekanbaru yang telah berkembang pesat hingga saat ini.

Penjaga Makam Marhum Pekan, Dadang Irham memberikan penjelasan sejarah panjang tentang makam Marhum Pekan kepada Kapolda Riau, yang selanjutnya melakukan tabur bunga dan doa bersama di Makam Marhum Pekan (Pendiri Kota Pekanbaru).

Baca :  Kepanitiaan Outbound Senkom Mitra Polri Kota Jambi Resmi Dibubarkan

Irjen M Iqbal mengatakan tujuannya mendoakan almarhum yang telah berjasa dan menyambung bersilaturahmi untuk mendapatkan berkah dari yang Maha Kuasa.

“Terimakasih banyak sudah merepotkan, niat saya ziarah tentunya mendoakan almarhum dan almarhumah yang telah berjasa dan mensiarkan agama Islam khusunya dikota Pekanbaru dan provinsi Riau pada umumnya, dengan silautrahmi insyallah kita akan mendapatkan berkah Allah SWT,” ujar Iqbal, Minggu (2/1/2021).

Baca :  Bencana Banjir Awal Tahun di Kerinci dan Sungai Penuh, Ribuan Rumah di 9 Kecamatan Terendam

“Saya tahun 2000 disini, 2005 saya pendidikan, putra ke 2 saya lahir di (Pekanbaru) sini dengan nama Muhammad Sultan. Allah SWT membawa saya kesini mungkin saja atas doa-doa orang tua kita,” sambungnya.

Usai ziarah, Kapolda Riau beserta rombongan melaksanakan sholat Dhuha di Mesjid Raya Pekanbaru dan bersilaturahmi dengan Camat Senapelan, Lurah Kampung Bandar, tokoh masyarakat dan segenap pengurus masjid.

Share :

Baca Juga

Daerah

Jamal Darmawan Berharap Atlet Taekwondo Tanjab Barat Lolos Seleksi SEA Games 2023

Daerah

Ulu Kasok Tetap Jadi Primadona di Riau

Daerah

Meriahnya Tradisi Arakan Sahur di Kuala Tungkal

Daerah

Alhamdulillah, Harga Bokar di Riau Naik Rp200 per kg

Daerah

Besok, Saksikan Lesung Luci Pergelaran Teater Tonggak Gratis di Taman Budaya Jambi

Daerah

Jambidaily.com Raih Peringkat Pertama Yang Mendapatkan Penghargaan Dari SKK Migas

Daerah

Satu Warga Meninggal dan Satu Lainnya Hilangnya Saat Banjir Jember

Daerah

Ketua BEM AKPER YBIS, Uun Ikhtiar Bertekad Tingkatkan Kreativitas di Kampus