Pasiter Kodim Jambi Beri Pembekalan Wasbang Kepada Mahasiswa Pengamat Ungkap Sosok Budi Setiawan yang Humble Serta Punya Daya Juang Tinggi Danrem 042/Gapu Berharap Rumkit Bratanata Jambi Semakin Maju dan Berkembang Mayor Widi : Bahaya Radikalisme Harus Dipahami Generasi Muda Kodim 0402/OKI Raih Juara I Lomba Karya Jurnalistik TMMD Ke-115

Home / Regional

Senin, 3 Januari 2022 - 08:37 WIB

Kapolda Riau Ziarah Makam Marhum Pekan Pendiri Kota Pekanbaru

Sriwijayadaily

Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal, didampingi beberapa Pejabat Utama dan Kapolresta Pekanbaru melakukan ziarah di Makam Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau Marhum Pekan. Sultan kelima dari Kerajaan berjasa sebagai pendiri Kota Pekanbaru.

Lokasi komplek Makam Marhum Pekan bersebelahan dengan Masjid Raya Nur Alam, jalan Senapelan Kelurahan Kampung Bandar Senapelan Kota Pekanbaru. Merupakan komplek pemakaman dari pendiri Kota Pekanbaru bersama keluarga dan kerabat dekatnya. Mereka yang dimakamkan di kawasan ini berasal dari keluarga Kerajaan Siak Sri Indrapura yang memerintah di Pekanbaru pada abad ke-18.

Baca :  Pererat Silaturahmi, Pengurus PWI Provinsi Jambi Audiensi ke Pengadilan Agama

Ziarah dilakukan Kapolda Riau sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa almarhum serta mengenal kembali sejarah perjalanan para pendiri kota Pekanbaru yang telah berjasa terhadap berdirinya kota Pekanbaru yang telah berkembang pesat hingga saat ini.

Penjaga Makam Marhum Pekan, Dadang Irham memberikan penjelasan sejarah panjang tentang makam Marhum Pekan kepada Kapolda Riau, yang selanjutnya melakukan tabur bunga dan doa bersama di Makam Marhum Pekan (Pendiri Kota Pekanbaru).

Baca :  Bupati Tanjab Barat Lantik 43 Kades Hasil Pilkades Serentak 2022

Irjen M Iqbal mengatakan tujuannya mendoakan almarhum yang telah berjasa dan menyambung bersilaturahmi untuk mendapatkan berkah dari yang Maha Kuasa.

“Terimakasih banyak sudah merepotkan, niat saya ziarah tentunya mendoakan almarhum dan almarhumah yang telah berjasa dan mensiarkan agama Islam khusunya dikota Pekanbaru dan provinsi Riau pada umumnya, dengan silautrahmi insyallah kita akan mendapatkan berkah Allah SWT,” ujar Iqbal, Minggu (2/1/2021).

Baca :  Pengamat Ungkap Sosok Budi Setiawan yang Humble Serta Punya Daya Juang Tinggi

“Saya tahun 2000 disini, 2005 saya pendidikan, putra ke 2 saya lahir di (Pekanbaru) sini dengan nama Muhammad Sultan. Allah SWT membawa saya kesini mungkin saja atas doa-doa orang tua kita,” sambungnya.

Usai ziarah, Kapolda Riau beserta rombongan melaksanakan sholat Dhuha di Mesjid Raya Pekanbaru dan bersilaturahmi dengan Camat Senapelan, Lurah Kampung Bandar, tokoh masyarakat dan segenap pengurus masjid.

Share :

Baca Juga

Nasional

Kebun Raya Katingan, Satu-satunya Bertema Koleksi Tumbuhan Buah Tropis

Regional

Antisipasi Arak-arakan Malam Tahun Baru, Sejumlah Jalan di Pekanbaru Dialihkan

Regional

Bupati Tanjab Barat Dukung Pelantikan Pengurus PWI Tanjab Barat

Nasional

Mudik 2022, Pengendara Dihimbau tidak Berhenti di Bahu Jalan Tol

Regional

Ruko Semi Permanen di Pasar KM 2,5 Kelurahan Tebing Tinggi Terbakar

Regional

Edukasi Menghadapi Bencana, BPBD Tanjab Barat Bekali Pelajar Tentang Simulasi Sekolah Aman Bencana

Regional

Sapi Bantuan Pemprov Riau Ditahan Karantina Bangkalan, 5 Ekor Mati

Nasional

Tidak Mudik Libur Nataru, Jasa Raharja Luncurkan Program Silaturahmi Online