Lepas Sertijab, Pangdam II/Swj Silaturahmi ke PJ Gubernur dan Kapolda Sumsel Jadi Pendaftar Pertama ke PKB, Budi Setiawan Harap PKB Bisa Koalisi dengan Golkar PJ. Gubernur Sumsel Apresiasi Kinerja Kodam II/Swj Telah Mensukseskan Program Pemerintah dengan Kerja Cepat dan Cerdas Agar Dikenang dan Dicintai Anggota, Mayjen TNI Yanuar Adil: Selalu Berusaha Terbaik Terima Kunjungan Kehormatan Danjen USARPAC, Kasad Sepakat Perkuat Kerja Sama

Home / Warta TNI

Kamis, 22 Februari 2024 - 08:51 WIB

Kasad Yakinkan Penyiapan Infrastruktur TNI AD di IKN Berjalan Sesuai Rencana

SRIWIJAYADAILY. CO.ID – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. melakukan peninjauan ke lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (21/2/2024), guna meyakinkan penyiapan infrastruktur TNI AD serta persiapan lainnya terkait pemindahan Ibu Kota Negara berjalan sesuai rencana.

Hari ini saya melihat langsung, walaupun sebelumnya dulu pernah ke sini juga. Tapi saya harus meyakinkan apa yang sudah direncanakan, sampai dengan kondisi terakhir.

Jadi kami sudah melihat, kita sudah rencana, (dan) sudah dibangun Kodim. Rencana nanti akan dibangun Korem lagi, serta Koramil-Koramil, termasuk ada 18 satuan ditempatkan di IKN.

Baca :  Dibandrol 25 Ribu, Satu Jam Ayam Potong Ludes di Bazar Kodam II/Swj

“Nanti kami yakinkan rencana untuk mengirimkan alutsista dan personelnya. Kita berharap nanti tanggal 17 Agustus 2024, Angkatan Darat khususnya, kami siap mendukung kegiatan di IKN,“ ujar Kasad.

Dalam rangkaian peninjauannya, Kasad didampingi sejumlah pejabat TNI AD, serta Forkopimda Kaltim, meninjau Titik Nol Nusantara, Sub Detasemen TNI Markas Besar Angkatan Darat (Sub Denmabesad), lokasi pembangunan Istana Negara, Kodim IKN, lokasi wisata alam Glamping IKN, serta Pelabuhan PT. IHM.

Kasad pun mengapresiasi progres pembangunan infrastruktur IKN yang diprediksi akan berkembang pesat ke depannya.

Kasad juga menegaskan pentingnya kesiapan pemindahan ibu kota sebagai langkah strategis untuk mendukung pembangunan serta pertumbuhan ekonomi yang merata di seluruh wilayah Indonesia.

Baca :  Terima Kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata Australia, Ini Komitmen Panglima TNI

Untuk itu, aspek keamanan dan pertahanan sangat penting dalam perencanaan pembangunan ibu kota baru.

Selain itu, pemindahan ibu kota merupakan bagian dari visi pemerintah untuk menciptakan pusat pemerintahan yang lebih efisien dan efektif.

Disamping untuk mengurangi tekanan pada ibu kota saat ini, Jakarta, yang didera beragam masalah, diantaranya kemacetan, banjir, dan tingkat polusi yang tinggi.

Sementara itu, terkait rencana pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-79 di IKN, Kasad mengungkap bahwa TNI AD akan mengerahkan 1.500 hingga 2.000 personelnya dalam kegiatan tersebut.

Baca :  Bantu Pemda Menurunkan Angka Stunting, Bekangdam II/Swj Gelar Dapur Lapangan

Ada hal yang menarik dalam kunjungan Kasad ke IKN. Jenderal bintang empat ini juga menerima gelar “Kaka Agung Demang Negara” dari Kesultanan Paser YM. Aji Muhammad Jarnawi yang bergelar YM. Sultan Ibrahim Alamsyah 3, dimana penganugerahan gelar tersebut ditandai dengan penyematan peci hitam dan syal berwarna merah.

Selain meninjau IKN, Kasad yang didampingi Ketua Umum Persit KCK Ny. Uli Simanjuntak, juga melakukan olah raga bersama dengan keluarga besar Kodam VI/Mulawarman, serta mengunjungi Batalyon Infanteri 600/Modang, dan memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit disana. (Dispenad)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Tujuh Satuan Kerja TNI AD Raih Penghargaan Predikat ZI Tingkat Nasional

Warta TNI

Harumkan Indonesia, Serda Adam Yazid Raih Medali Emas pada 6TH Asean Taekwondo Championship di Filipina

Warta TNI

Satgas Pamtas RI-Mly Yon Arhanud 12/Sbp Ajak Siswa SMA Senam SKJ

Warta TNI

Kunker ke Brigif 18/Trisula Kostrad, Kasad Janji Perhatikan Perumahan Prajurit

Warta TNI

Tiga Unsur Laut Dikerahkan Dalam Pengamanan Arus Mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H Di Perairan Selat Bali

Warta TNI

Kodim 0309/Solok Gelar Latihan Teknis Teritorial Tahun 2023

Warta TNI

Aparat Gabungan Berhasil Evakuasi Delapan Jenazah Karyawan PT. PTT Korban Kebiadaban KST Di Beoga

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Lepas Anggota Satgas Apter ke Wilayah Papua Barat