Bakamla RI Gelar Operasi Udara Maritim dengan Target Kapal Perilaku Anomali Panglima TNI Lepas Keberangkatan 850 Prajurit Satgas Operasi Pengamanan Papua Panglima TNI Kembali Memberangkatkan 950 Prajurit TNI ke Papua Ciptakan Rasa Aman dan Kondusif, Babinsa Patroli Pos Kamling di Wilayah Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 07/Pelayangan Bantu Petani Penyemaian Bibit Padi

Home / Nasional / Warta TNI

Kamis, 6 Januari 2022 - 09:17 WIB

Kasal: Tidak Ada Prajurit Bersalah yang Lolos dari Hukum

Sriwijayadaily

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan tidak akan ada prajurit yang lolos dari hukum.

“Hal ini sudah menjadi komitmen dari Institusi TNI mulai dari Panglima TNI dan jajaran dibawahnya, prajurit yang salah akan diproses secara hukum,” kata Kasal usai bertindak selaku Inspektur Upacara pada HUT ke-59 Kowal di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/1/2022).

Menanggapi pertanyaan media massa terkait adanya dugaan keterlibatan prajurit TNI AL pada pengiriman migran ilegal ke Malaysia beberapa waktu lalu seperti yang dituduh Ketua Badan Pelindungan Migran Indonesia (BP2MI). Kapal yang ditumpangi PMI ini tengelam yang menyebabkan puluhan meninggal dunia dan beberapa tidak ditemukan.

Baca :  Babinsa Kelurahan Simpang Terusan Hadiri Tasyakuran Satu Abad Nahdatul Ulama

Kasal kembali menegaskan, TNI AL sudah melaksanakan penyelidikan dengan mengirimkan staf intelijen ke lokasi untuk mengetahui kebenaran dari tuduhan BP2MI.

‚ÄúSampai saat ini kita baru menemukan anggota TNI AL yang menyewakan rumahnya namun tidak diketahui kalau rumah yang dikontrakkan itu digunakan untuk menampung imigran tersebut. Karena kelalaiannya itu akhirnya dia tetap kita periksa di Pomal untuk pendalaman,” ujar Kasal.

Baca :  Wujud Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat, Babinsa Bantu Warga Bangun Rumah

Ia menambahkan jika ada anggota TNI AL yang terbukti bersalah, akan ditindak tegas, dan diproses hukum.

“Tidak ada prajurit yang terbukti bersalah yang lolos dari sangsi hukum. Kalau salah pasti kita hukum. Ada reward dan punishmentnya. Silahkan laporkan dan sebutkan namanya, tidak usah takut karena kita punya Lembaga Puspomal dan Diskum AL yang akan menangani,” tambahnya.

Baca :  Babinsa Koramil Pelayangan Bantu Warga Bangun Tempat Pendidikan Al-Qur'an

Di hadapan awak media, Kasal menyampaikan harapannya agar kedepan koordinasi antar instansi pemerintah dapat lebih baik lagi sehingga informasi yang disampaikan bisa ditindaklanjuti terlebih dahulu sekaligus bisa menjadi evaluasi agar kejadian-kejadian buruk tidak terulang kembali dan tidak saling menyalahkan.

 

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Danjen Akademi TNI Buka Pendidikan Integrasi Taruna Akademi TNI/Polri di Magelang

Warta TNI

Pastikan Berjalan Lancar, Babinsa Koramil Sebapo Dampingi Penyaluran BLT Dana Desa

Warta TNI

Satgas 711/Raksatama Berbagi Tali Asih Ke Warga Perbatasan

Warta TNI

Resmikan Pastoran Gereja Katolik Stasi Santa Maria Koya Koso, Ini Pesan Pangdam XVII/Cenderawasih

Warta TNI

Isak Tangis Warnai Santunan Pangdam XVII/Cenderawasih Kepada Ibu Alm Praka Lukas A. Woremba Korban Kekejaman KST Di Yahukimo

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Terima Kunker Kepala Wilayah Bank Mandiri

Warta TNI

TNI Gelar Karya Bakti Pembersihan Gereja Bersama Masyarakat

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Rapat Evaluasi Program Kerja Dan Anggaran Semester I TA 2022