Jenazah Danramil Oktavianus Sogalrey Korban Penembakan Gerombolan OPM Dimakamkan Secara Militer Danyon Armed 15/Cailendra Pimpin Upacara Tradisi Pelepasan Anggota Pindah Satuan Dan Sertijab Danrai Budi Setiawan, Anak Pensiunan TNI Menapaki Perjalanan Hidup Menuju Kota Jambi BerBUDI Keluarga Besar Yonif 142/KJ Rayakan Hari Raya Idul Fitri Dan Halal Bihalal Korem 081/DSJ Terjunkan Ratusan Personel Amankan Arus Balik Lebaran

Home / Daerah / Nasional

Senin, 17 Januari 2022 - 10:18 WIB

Kebun Raya Katingan, Satu-satunya Bertema Koleksi Tumbuhan Buah Tropis

Sriwijayadaily

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan, Hap Baperdo, mengatakan dari puluhan kebun raya yang ada di Indonesia, Kebun Raya Katingan menjadi satu-satunya kebun raya dengan tema koleksi tumbuhan buah tropis.

Hap Baperdo menjelaskan sampai saat ini kebun raya yang diresmikan pada 6 Desember 2016 telah memiliki koleksi lebih dari 500 jenis buah

“Ini merupakan upaya pelestarian dan konservasi untuk tumbuhan atau buah-buahan tropis Indonesia dan khususnya Katingan seperti buah durian,” kata Hap Baperdo dikutip dari Antara, Minggu (16/1/2022).

Kebun Raya Katingan merupakan kebun raya pertama yang berada di Kalimantan Tengah, sekaligus yang kelima di Pulau Kalimantan. Kebun raya ini memiliki luas sekitar 127 hektare, terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 13 Kasongan dan berdampingan dengan tempat wisata Bukit Batu Kasongan.

Baca :  Partai Golkar Kota Jambi Gelar Doa Bersama, Ini Harapan Budi Setiawan

“Pembangunan Kebun Raya Katingan merupakan hasil kerja sama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Pemerintah Kabupaten Katingan,” ucap Hap Baperdo yang juga pernah menjabat Kadishut Katingan itu.

Kebun Raya Katingan mulai dibangun setahun setelah penandatanganan MoU antara LIPI dan Pemda pada 2005 mengenai pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, serta teknologi untuk pendayagunaan sumber daya di Katingan.

Baca :  Wujudkan Provinsi Jambi yang Berprestasi, Budi Setiawan Ajak Seluruh Pengurus KONI Selalu Jaga Kekompakan

Kebun Raya Katingan dikembangkan untuk penelitian, konservasi dan pendidikan bagi generasi muda untuk mengenal buah dan hayati lokal khas Kalteng di satu area kawasan. Selain itu kebun raya bisa menjadi sarana wisata.

“Silakan para wisatawan berkunjung menikmati suasana alam dan mengenal berbagai jenis buah tropis. Kebun Raya Katingan dibuka setiap hari mulai pukul 07.00-16.00 WIB dengan biaya masuk terjangkau hanya Rp5 ribu per orang,” ucapnya.

Untuk penanaman berbagai jenis tanaman di Kebun Raya Katingan memiliki tata aturan tersendiri, terang Hap Baperdo.

Setiap orang, organisasi dan institusi yang menanam akan tercatat diantaranya nama, jabatan, jam saat menanam, titik koordinat lokasi dan jenis tumbuhan yang ditanam.

Baca :  Ramadhan Peduli, Keluarga Besar Senkom Mitra Polri Kota Jambi Berbagi Takjil Berbuka Puasa

Selain itu, masing-masing jenis tanaman yang ada memiliki lokasi tersendiri atau khusus. Dibedakan menurut jenisnya seperti tanaman hutan, tanaman obat-obatan, tanaman buah khas Katingan, khas Kalimantan dan khas daerah lain di Indonesia, maupun jenis tanaman lain.

“Terbaru telah dibangun kebun buah lokal asli Katingan seluas 4 hektare dengan jumlah lebih dari 1.600 pohon. Juga telah dikembangkan madu kelulut dan terdapat trek khusus untuk bersepeda yang cukup menantang dan memacu adrenalin,” kata Hap Baperdo.

Share :

Baca Juga

Daerah

Ini Solusi Disbun untuk Pekebun Swadaya Sawit di Riau

Daerah

Presiden Apresiasi Peran Desa Dalam Penanganan Pandemi

Daerah

Izin Perhutanan Sosial Efektif Tekan Karhutla di Sumsel

Daerah

Al Haris Lantik Tiga Penjabat Bupati

Nasional

Anggota DPR Desak Pemerintah Segera Cabut Wajib Tes PCR Pelaku Transportasi Darat

Daerah

Gunung Kemukus, Ikon Baru Wisata Religi dan Keluarga di Sragen

Daerah

Sekda Tanjab Barat Lantik 26 Pejabat Struktural dan Fungsional

Nasional

Bakti Sosial Jumat Berkah, Keluarga Besar HWSB Provinsi Jambi bagikan Nasi Bungkus Gratis