Lepas Sertijab, Pangdam II/Swj Silaturahmi ke PJ Gubernur dan Kapolda Sumsel Jadi Pendaftar Pertama ke PKB, Budi Setiawan Harap PKB Bisa Koalisi dengan Golkar PJ. Gubernur Sumsel Apresiasi Kinerja Kodam II/Swj Telah Mensukseskan Program Pemerintah dengan Kerja Cepat dan Cerdas Agar Dikenang dan Dicintai Anggota, Mayjen TNI Yanuar Adil: Selalu Berusaha Terbaik Terima Kunjungan Kehormatan Danjen USARPAC, Kasad Sepakat Perkuat Kerja Sama

Home / Daerah / Nasional

Minggu, 19 Desember 2021 - 13:48 WIB

Kemenhub Uji Coba Pemanduan Elektronik Pertama di Perairan Sungai Musi

Sriwijayadaily

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) melalui Direktorat Kenavigasian kembali menggelar Test Bed/Uji Coba Pemanduan Secara Elektronik atau E-Pilotage.

Uji coba kali ini dilaksanakan di Pelabuhan Palembang oleh Kantor Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Palembang.

Direktur Kenavigasian, Hengki Angkasawan berharap acara uji coba E-Pilotage dapat menjadi acuan untuk dapat meningkatkan pelayanan terkait keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim di Indonesia khususnya di Palembang.

“Kegiatan Test Bed E-Pilotage VTS Palembang pada alur pelayaran Sungai Musi merupakan implementasi program percepatan atau quick wins di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebagai langkah untuk optimalisasi sarana dan prasarana di lingkungan Distrik Navigasi,” ujar Hengki, Sabtu (18/12/2021).

Baca :  Koperasi Primkoppabri Kota Jambi Gelar RAT, Ini Pesan Ketua DPD Pepabri Propinsi Jambi

Test Bed mengacu pada ketentuan International Maritime Organization (IMO). Dimana tetap ada pembagian tanggung jawab antara pandu on board dan pandu on VTS.

“Pelaksanaan Test Bed E-Pilotage pada VTS Palembang hari ini adalah yang ke 8 (delapan) setelah sebelumnya dilaksanakan di 7 (tujuh) stasiun VTS. Namun yang menjadi perhatian adalah Test Bed kali ini merupakan yang pertama di perairan sungai sehingga sangat perlu untuk diapresiasi,” ujar Hengki.

Baca :  Ramadhan Peduli, Keluarga Besar Senkom Mitra Polri Kota Jambi Berbagi Takjil Berbuka Puasa

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Distrik Navigasi Kelas I Palembang Muh. Anto Julianto mengatakan, tujuan Test Bed di Palembang alur pelayaran Sungai Musi untuk mendapat gambaran tentang pelaksanaan, kendala, sarana dan prasarana yang dibutuhkan, waktu pelaksanaan E-Pilotage, skenario dan regulasi yang dibutuhkan.

Disnav Kelas I Palembang pada tahun 2021 telah melaksanakan kegiatan Test Bed E-Pilotage VTS pada alur pelayaran Sungai Musi level I dengan beberapa tahapan baik tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan pelaporan. Metodologi yang digunakan yaitu recording dan live dengan 3 kapal yang berbeda.

Baca :  Wujudkan Provinsi Jambi yang Berprestasi, Budi Setiawan Ajak Seluruh Pengurus KONI Selalu Jaga Kekompakan

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyusun program quick wins untuk implementasi dan test bed E-Pilotage dalam rangka optimalisasi pemanfaatan Vessel Traffic Services (VTS) pada Disnav.

Uji coba/Test Bed tersebut akan dilaksanakan di 23 stasiun VTS. Adapun Test Bed ini bertujuan untuk mendapatkan input serta evaluasi dalam rangka menyiapkan sarana dan prasarana serta regulasi dalam melaksanakan pemanduan secara elektronik (E-Pilotage) berdasarkan berbagai karakteristik traffic dan alur pelayaran serta untuk mengimplementasi peran dari VTS tersebut.

Share :

Baca Juga

Nasional

Pandailah Memilih Pendamping Hidup : Ibu berpesan

Daerah

DPD IPBI Provinsi Jambi Gelar Lomba Seni Perangkai Bunga

Nasional

How to Flirt Which has a Ukrainian Woman

Nasional

Harry Kane Gagal Penalti, Prancis Pulangkan Inggris dan Tantang Maroko di Semifinal Piala Dunia 2022

Nasional

Penguatan Pintu Masuk dan Pengendalian Transimisi Lokal Mencegah Lonjakan Omicron

Nasional

The advantages of Free Sexual intercourse Chat Sites

Nasional

Pemerintah Diimbau Terbitkan SE Penghapusan PCR Bagi Penumpang Pesawat

Nasional

Sumsel dan Sumbar Belajar ke Riau soal Tata Niaga TBS