Kasrem 043/Gatam: Dukungan Orang Tua Kunci Sukses Pekan Imunisasi Nasional Polio Dandim 0411/KM Berikan Apresiasi atas Prestasi Anggota di Lomba Video Pendek HUT Bhayangkara ke-78 Babinsa Kodim 0402/OKI Sigap Bantu Padamkan Api Karhutla di Desa Lorok Dandim 0420/Sarko Hadiri Peluncuran Inovasi Stunting dan PIN Polio di Sarolangun Persiapan Pembukaan TMMD ke-121 TA 2024 di Jambi Hampir Final

Home / Daerah / Nasional

Minggu, 19 Desember 2021 - 13:48 WIB

Kemenhub Uji Coba Pemanduan Elektronik Pertama di Perairan Sungai Musi

Sriwijayadaily

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) melalui Direktorat Kenavigasian kembali menggelar Test Bed/Uji Coba Pemanduan Secara Elektronik atau E-Pilotage.

Uji coba kali ini dilaksanakan di Pelabuhan Palembang oleh Kantor Distrik Navigasi (Disnav) Kelas I Palembang.

Direktur Kenavigasian, Hengki Angkasawan berharap acara uji coba E-Pilotage dapat menjadi acuan untuk dapat meningkatkan pelayanan terkait keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim di Indonesia khususnya di Palembang.

“Kegiatan Test Bed E-Pilotage VTS Palembang pada alur pelayaran Sungai Musi merupakan implementasi program percepatan atau quick wins di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebagai langkah untuk optimalisasi sarana dan prasarana di lingkungan Distrik Navigasi,” ujar Hengki, Sabtu (18/12/2021).

Baca :  Peduli Masyarakat Sekitar, PT Bukit Asam Tbk Salurkan Hewan Kurban

Test Bed mengacu pada ketentuan International Maritime Organization (IMO). Dimana tetap ada pembagian tanggung jawab antara pandu on board dan pandu on VTS.

“Pelaksanaan Test Bed E-Pilotage pada VTS Palembang hari ini adalah yang ke 8 (delapan) setelah sebelumnya dilaksanakan di 7 (tujuh) stasiun VTS. Namun yang menjadi perhatian adalah Test Bed kali ini merupakan yang pertama di perairan sungai sehingga sangat perlu untuk diapresiasi,” ujar Hengki.

Baca :  Ketua DPD Pepabri Provinsi Jambi Hadiri Pelantikan Ketua PPM Jambi

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Distrik Navigasi Kelas I Palembang Muh. Anto Julianto mengatakan, tujuan Test Bed di Palembang alur pelayaran Sungai Musi untuk mendapat gambaran tentang pelaksanaan, kendala, sarana dan prasarana yang dibutuhkan, waktu pelaksanaan E-Pilotage, skenario dan regulasi yang dibutuhkan.

Disnav Kelas I Palembang pada tahun 2021 telah melaksanakan kegiatan Test Bed E-Pilotage VTS pada alur pelayaran Sungai Musi level I dengan beberapa tahapan baik tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan pelaporan. Metodologi yang digunakan yaitu recording dan live dengan 3 kapal yang berbeda.

Baca :  Gerak Cepat Babinsa Bersama Masyarakat Padamkan Kebakaran Lahan di Desa Lagan Tengah

Sebagai informasi, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyusun program quick wins untuk implementasi dan test bed E-Pilotage dalam rangka optimalisasi pemanfaatan Vessel Traffic Services (VTS) pada Disnav.

Uji coba/Test Bed tersebut akan dilaksanakan di 23 stasiun VTS. Adapun Test Bed ini bertujuan untuk mendapatkan input serta evaluasi dalam rangka menyiapkan sarana dan prasarana serta regulasi dalam melaksanakan pemanduan secara elektronik (E-Pilotage) berdasarkan berbagai karakteristik traffic dan alur pelayaran serta untuk mengimplementasi peran dari VTS tersebut.

Share :

Baca Juga

Nasional

KKP Tindak Tegas Kapal Cantrang yang Melanggar Aturan

Daerah

Cegah Karhutla, Gubri Tawarkan Bantuan Ekskavator untuk Masyarakat

Daerah

Sekda Tanjab Barat Lantik 26 Pejabat Struktural dan Fungsional

Nasional

Puluhan Jenderal Purnawirawan TNI-Polri Usulkan Anies-AHY Untuk Pasangan Sipil-Militer

Nasional

PON Papua Ditutup, Sampai Jumpa Lagi di Ufuk Barat

Nasional

Methods to Write a Great Profile for Dating Internet site

Daerah

Ini Solusi Disbun untuk Pekebun Swadaya Sawit di Riau

Nasional

Presiden Jokowi Usul Tiga Upaya Bersama Pencapaian SDGs