“Pariwisata Sumatera Utara dan Peranan Pers” Antara Promosi dan Kritik 26 Pejabat Administrator dan Pengawas Di Lingkup Pemkab Tanjab Barat Resmi Dilantik Lestarikan Budaya Lokal, Satgas Yonif 143/TWEJ Gelar Pertandingan Jubi Di Papua Demi Generasi Muda Papua, Satgas Yonif Raider 142/KJ Ajak Siswa Sekolah Minum Susu Gubernur Jambi Lepas Delegasi PWI Provinsi Jambi ke HPN 2023 di Medan

Home / Gema TNI

Rabu, 7 Desember 2022 - 14:49 WIB

Kodim Jambi Gelar Komsos Dengan Komponen Bangsa

Kodim Jambi Gelar Komsos Dengan Komponen Bangsa/ FOTO : IST

Kodim Jambi Gelar Komsos Dengan Komponen Bangsa/ FOTO : IST

Jambi, SRIWIJAYADAILY – Komunikasi sosial (Komsos) adalah salah satu metode pembinaan teritorial (Binter) yang diselenggarakan dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan kepada segenap komponen bangsa.

Diharapkan pada akhirnya akan menumbuhkan kesadaran dan pemahaman segenap komponen bangsa secara ikhlas untuk mendukung tugas-tugas TNI AD khususnya tugas Komando kewilayahan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka Kodim 0415/Jambi menyelenggarakan Pembinaan Komsos dengan komponen bangsa lainnya yang diikuti oleh berbagai komunitas masyarakat di wilayah Kota Jambi.

Kegiatan Komsos dengan Komponen Bangsa lainnya (Pembinaan Komunitas) di Wilayah Kodim 0415/Jambi TA.2022 mengambil tema “Bersatu membangun bangsa dalam bingkai NKRI”, dilaksanakan pada hari Rabu, 07 Desember 2022 pukul 08.00 Wib bertempat di Aula Sultan Thaha Kodim 0415/Jambi Jln. Untung Suropati, Jelutung, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi.

Hadir dalam acara tersebut, Dandim 0415/Jambi Kolonel Inf Marsal Denny, Ketua Masjid Alfalah Kota Jambi, Dr. H. M. Umar, M.Hi., Perwira Kodim 0415/Jambi, para Komunitas, FKPPI, Perwakilan Guru, PNS, Pramuka serta Para Tokoh dan petugas kesehatan serta ojek online dan Satpam.

Baca :  Jum'at Bersih, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Bersama Warga Gotong Royong Tempat Ibadah

Dandim 0415/Jambi Kolone Inf Marsal Denny mengucapkan selamat datang, terimakasih dan apresiasi atas kerja sama dengan kehadiran bapak/Ibu di Aula Makodim, karena di tengah kesibukan bapak/ibu, masih dapat meluangkan waktu untuk memenuhi undangan dari Kodim 0415/Jambi.

“Dengan kehadiran bapak/Ibu di Aula Makodim ini sehingga kegiatan ini berjalan dengan sukses”, ungkap Dandim.

Maksud kegiatan ini untuk meningkatkan kebersamaan, keselarasan dan membangun antara TNI dengan segenap komponen bangsa sehingga diharapkan akan terwujud kesamaan pandang dalam menyikapi berbagai permasalahan yang terjadi di wilayah Kodim 0415/Jambi dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, juga merupakan bentuk Komsos TNI dengan Masyarakat khususnya diwilayah Teritorial Kodim 0415/Jambi.

Diharapkan pada akhirnya akan menumbuhkan kesadaran dan pemahaman segenap komponen bangsa secara ikhlas untuk mendukung tugas-tugas TNI AD khususnya tugas Komando kewilayahan dengan melakukan pembinaan territorial.

Baca :  Yonif Raider 300 Bantu BNPB Dirikan Tenda di Puluhan Sekolah Pasca Gempa Cianjur

Oleh karena itu kemanunggalan TNI dan rakyat tidak dapat dipisahkan, peran besar yang sudah terjalin selama ini antara Kodim melalui Babinsa dengan masyarakat khususnya komunitas, Tomas, Toga, dalam kegiatan kewilayahan, imbuh Kolonel Marsal.

Sesuai tema Komsos kita “Bersatu membangun bangsa dalam bingkai NKRI”. TNI AD adalah anak kandung dari rakyat, kami bekerja untuk rakyat karena kekuatan utama dari Negara Indonesia adalah manunggalnya TNI bersama Rakyat.

Walaupun sebenarnya tugas utama pertahanan keamanan di Indonesia oleh TNI, namun kekuatan kebersamaan bangsa ini juga harus dimiliki oleh semua lapisan masyarakat terutama keluarga besar TNI, tandasnya.

Hal senada disampaikan Pasiter Kodim 0415/Jambi, Mayor Inf Beni selaku koordinator kegiatan menyampaikan bahwa disini kami mengajak semua peserta untuk mengikuti kegiatan ini sampai selesai, dan diharapkan agar dapat menjadi motivator juga menjadi pelopor dalam memelihara keamanan dan kerukunan dalam keberagaman ras, suku, etnik dan budaya demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya diwilayah teritorial Kodim 0415/Jambi.

Baca :  Terima Kasih Warga Manggalapi Palolo Sulteng kepada Mayjen Farid Makruf atas Kehadiran Pembangkit Listrik Tenaga Air

Ketua Masjid Alfalah Kota Jambi, Dr. H. M. Umar, M.Hi., selaku tokoh agama sangat mengapreasiasi dengan kegiatan ini dan beliau juga mengingatkan kepada setiap anak bangsa harus memiliki kemampuan inovasi dan karakter yang kuat dilandasi nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus kebangsaan, dan beliau juga mengingatkan kepada seluruh komponen bangsa untuk menjaga keutuhan NKRI, karena Kemerdekaan milik Kita Harga Mati, pejuang Kita dulu berjuang mengorbankan harta, benda dan nyawa, tanpa mengharapkan pamrih apa-apa, tanpa minta jabatan, ujanya.

Sementara itu, salah seorang Perwakilan Komponen Bangsa lainnya oleh sdr. Iwan mengucapkan terimakasih atas undangannya sehingga kami dapat berkumpul sekaligus bersilaturahmi di Kodim 0415/Jambi ini, mungkin kedepannya untuk kita tingkatkan lagi demi menjaga hubungan silaturahmi dengan komponen bangsa lainnya (Pembinaan komunitas),” sebutnya.(Red/**)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Kodam II/Sriwijaya Kembali Tertibkan Rumdis di Palembang Sesuai Prosedur

Gema TNI

Serbuan Vaksin Kodim 0304/OKU Sasar Warga Sosoh Buay Rayap

Gema TNI

Pangdam Cenderawasih Pantau Penyaluran BTPKLWN TNI Di Kodim 1701/Jayapura

Gema TNI

Jelang Ramadhan, Kabintaljarahdam XVII/Cenderawasih Gelar Silaturahmi Bersama Pengurus Masjid Di Jayapura

Gema TNI

Dilokasi TMMD Bukit Indah, Satgas Kodim Tanjab Gelar Kegiatan Penyuluhan

Gema TNI

Wujudkan Kemanunggalan TNI Rakyat, Koramil Skanto Gelar Karbak Pembangunan Ponpes Bersama Warga

Gema TNI

TNI AL Terus Laksanakan Vaksinasi Covid-19

Gema TNI

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Kodim 0415/Jambi Lakukan Inovasi Dibidang Pertanian