Kodim Jambi Gelar Komsos Dengan Komponen Bangsa Pasca Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar, Polda Jambi Tingkatkan Pengamanan Satukan Komitmen, TNI AD Gelar Bimtek Penilaian Sistek Info Kotama dan Balakpus Pangdam XVII/Cenderawasih Buka Turnamen Bola Voli Dalam Rangka Hari Juang Kartika TNI-AD Tahun 2022 Lewat Adu Penalti, Maroko Usir Spanyol dari Piala Dunia 2022

Home / Gema TNI

Senin, 1 November 2021 - 20:42 WIB

Kodim Tanjab Gelar Rakor Kesiapan Jelang TMMD Ke-113 TA 2022

SRIWIJAYADAILY

Program yang telah menjadi agenda tahunan baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah melalui TNI yang dirangkum dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) terus diselenggarakan dalam rangka membantu meningkatkan pembangunan di wilayah pedesaan, salah satunya di Kabupaten Tanjab Barat, Jambi.

Guna mempersiapkan kegiatan TMMD Ke-113 TA. 2022 yang rencananya akan digelar di Desa Bukit Indah Kec. Muara Papalik Kab. Tanjab Barat, Kodim 0419 Tanjab bersama Pemda Tanjab Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) kesiapan di Ruang Data Makodim 0419/Tanjab, Jl. Beringin, Kel. Patunas, Tungkal Ilir, Kab. Tanjab Barat, Jambi, Senin (1/11/2021).

Rakor dipimpin Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0419 Tanjab Kapten Inf Adil Tarigan serta diikuti oleh Dinas P3AP2KB, Dinas Kopperindag, Baznas, BPN / ATR, Dinkes, Kabagops Polres,
Diskominfo, DTPH, Dinas Dikbud, Dinas Sosial, Kemenag, Dinas Parpora, BPBD serta Dinas Bunnak Tanjab Barat.

Tujuan digelarnya rapat ini yaitu untuk menginformasikan secara umum kegiatan TMMD Ke-113 TA 2022 sekaligus mempersiapkan pelaksanaan TMMD di Desa Bukit Indah Kec. Muara Papalik yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Maret 2022 mendatang, dalam Rakor tersebut juga meminta informasi Program, Kegiatan SKPD, BUMN, BUMD, SWASTA yang dapat disinkronkan dalam mendukung pelaksanaan TMMD serta menginformasikan rencana kegiatan baik sasaran fisik maupun non fisik.

Baca :  Dandim 0415/Jambi Paparkan Rencana TMMD 115 kepada Pangdam II/Sriwijaya

Dalam sambutan Dandim 0419 Tanjab yang disampaikan Pasiter Kapten Inf Adil Tarigan mengemukakan bahwa kegiatan TMMD ini merupakan suatu kegiatan yang mengikutsertakan semua instansi baik BUMN, BUMD maupun Stakeholder yang ada di wilayah Kabupaten Tanjab Barat. Dihadapkan situasi pandemi Covid-19, Tanjab Barat saat ini masuk dalam level 2, sehingga hal tersebut tidaklah harus menurunkan semangat dalam membangun wilayah di Kabupaten Tanjab Barat.

“Kami harapkan kepada semua dinas dan stakeholder yang terkait bisa memaksimalkan bantuan yang diminta oleh desa sehingga secara perlahan dan pasti akan terwujud dengan baik dan pada akhirnya masyarakat di Kabupaten Tanjab Barat bisa menikmati pembangunan menyeluruh sampai ke pelosok,” jelas Kapten Inf Tarigan seperti disampaikannya kepada awak media.

Baca :  Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 Dampingi Kunker Ibu Negara Iriana Joko Widodo Di Jambi

Pasiter juga memaparkan sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan TMMD di Desa Bukit Indah ini yaitu meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik meliputi Peningkatan Jalan dari Desa Bukit Indah menuju Desa Intan Jaya Kec. Muara Papalik Kab. Tanjab Barat sepanjang 2.500 Meter dengan Lebar 5 Meter.

Sedangkan untuk sasaran kegiatan Non Fisik TMMD, sesuai hasil koordinasi dengan instansi terkait hari ini diharapkan kepada semua pihak bisa mengalokasikan anggaran khusus dalam rangka membantu meningkatkan kegiatan pembangunan di wilayah Kabupaten Tanjab Barat yang dirangkum dalam kegiatan TMMD sehingga dampak dari kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

”Kita membuka adanya masukan ataupun program dan juga bantuan-bantuan dari seluruh instansi maupun stakeholder yang ada di Kabupaten Tanjab Barat untuk nantinya bisa disinergiskan dengan kegiatan TMMD di Desa Bukit Indah,” kata Tarigan.

Baca :  Panglima TNI Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kesiapan Presidensi G20 Di Bali

Dari hasil rapat koordinasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa selain kegiatan fisik, juga dilaksanakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan tentang cegah covid-19, penyuluhan posyandu, penyuluhan pertanian, penyuluhan surat tanda daftar perkebunan, penyuluhan budidaya ikan air tawar, penyuluhan wasbang, penyuluhan karhutla, penyuluhan narkoba, penyuluhan kb, penyuluhan uu ite, penyuluhan umkm, pelatihan pengembangan produk berbahan ikan, pelatihan dan alat untuk membatik, penyuluhan sertifikat lahan / tanah, penyuluhan paket C.

Serta pemberian bantuan bacaan pustaka, bantuan kitab suci al-qur’an, pemberian bantuan ikan lele, pemberian bantuan peralatan sekolah, pemberian bantuan buku paket pelajaran madrasah, pemberian masker dan handsanitizer, pemberian bantuan bibit sayur dan pemberian bantuan beras, baksos pengobatan massal dan sunatan massal dan pemberian sembako sebanyak 100 paket, paparnya. (**/red)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Kodim 0416 Bute Bagikan Susu Serdadu Bingkisan Lebaran Dari Kasad

Gema TNI

Sambut Libur Nataru, Dandim Sarko Ajak Masyarakat Disiplin Prokes

Gema TNI

Ringankan Beban Hidup, Satgas TNI 113/JS Bagikan Sembako

Gema TNI

Sambut HUT RI Ke-77, Kodim 1708/BN Gelar Baksos

Gema TNI

Kasad Dampingi Presiden Tinjau Lokasi Gempa Cianjur

Gema TNI

Babinsa Kodim Sarmi Bantu Masyarakat Olah Pohon Sagu

Gema TNI

Kasad Bersilaturahmi Dengan Keluarga Alm. Jenderal TNI Purn Ahmad Yani

Gema TNI

Kasad : Prajurit TNI AD Senantiasa Menjadi Contoh Dalam Sikap dan Kesederhanaannya