Kodim Jambi Gelar Komsos Dengan Komponen Bangsa Pasca Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar, Polda Jambi Tingkatkan Pengamanan Satukan Komitmen, TNI AD Gelar Bimtek Penilaian Sistek Info Kotama dan Balakpus Pangdam XVII/Cenderawasih Buka Turnamen Bola Voli Dalam Rangka Hari Juang Kartika TNI-AD Tahun 2022 Lewat Adu Penalti, Maroko Usir Spanyol dari Piala Dunia 2022

Home / Gema TNI

Senin, 20 Desember 2021 - 16:41 WIB

Koramil Telanaipura Kerahkan Babinsa Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Dok. Suasana Vaksinasi covid-19 perdana bagi anak usia 6-11 tahun di SDN 216 Kel. Kenali Asam Bawah Kec. Kotabaru.

Dok. Suasana Vaksinasi covid-19 perdana bagi anak usia 6-11 tahun di SDN 216 Kel. Kenali Asam Bawah Kec. Kotabaru.

SRIWIJAYADAILY
Vaksinasi perdana bagi kelompok usia 6-11 tahun diluncurkan oleh Pemkot Jambi secara serentak dimulai pada hari ini, Senin (20/12/2021).

Berdasarkan hasil uji klinis dan pengkajian dengan teliti oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), bahwa vaksin yang diberikan pada anak usia 6-11 tahun sangatlah aman dan bermanfaat.

Pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok usia 6-11 tahun ini bukanlah akibat kekhawatiran ataupun kepanikan semata, akan tetapi pelaksanaan mengacu pada Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI (KMK) Nomor HK. 01.07/MENKES/6688/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun, yang ditandatangani oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada 13 Desember 2021 silam.

Baca :  Komitmen Warga Akan Merawat Jalan yang Dibangun Melalui Program TMMD

Program vaksinasi pada rentang usia 6-11 tahun ini menggandeng juga kekuatan dari TNI baik tenaga kesehatan maupun Babinsanya. Mereka berperan sangatlah penting. Babinsa berperan mensosialisasikan kepada para orang tua tentang pentingnya vaksinasi bagi kelompok usia 6-11 tahun.

“Ya, Babinsa bertugas untuk mensosialisasikan kepada para orang tua akan pentingnya vaksin bagi anak usia 6-11 tahun.” ungkap Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, SE dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi, Senin (20/12).

Menurut Danramil, banyak para orang tua yang karena kawatir dan takut secara berlebihan tentang efek vaksin bagi anak-anak, memungkinkan mereka tidak mau memberi ijin kepada anak-anaknya untuk di vaksin. Padahal ijin sangatlah dibutuhkan sebagai syarat pelaksanaannya.

Baca :  Kasal Pimpin Apel Gelar Pasukan PAM VVIP Presidensi G20 di Koarmada II

Lebih lanjut dikatakan bahwa pentingnya vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun, diantaranya pertama Kelompok usia tersebut harus belajar tatap muka, sehingga berisiko menularkan bagi diri sendiri, sesama murid, guru dan orang tua dirumah.

Kedua, Mempertimbangkan kemungkinan rendahnya kepatuhan anak dalam memakai masker tidak longgar dan melorot, tidak berkerumun, menjaga jarak juga mencuci tangan.

Ketiga, Vaksin ini aman dan dapat merangsang kekebalan terhadap covid-19 pada kelompok umur tersebut.

Alhamdulillah, pemandangan berbeda terjadi hari ini, berkat kerja keras Babinsa sudah tampak membuahkan hasil. Antusias dan dukungan para orang tua kepada anaknya untuk mengikuti kegiatan vaksin di SDN 216 Kel. Kenali Asam Bawah Kec. Kotabaru, sangat luar biasa.

Baca :  Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Obati Warga Sakit Malaria

“Orang tua memiliki peran penting dalam menyukseskan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun, sehingga kegiatan ini bisa membantu mempercepat cakupan vaksinasi di kota Jambi.” ujar Mayor Widi.

Babinsa akan terus memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun ini di wilayah binaannya, sehingga akan tumbuh kesadaran dan sikap legowo para orang tua untuk mengijinkan dan mendampingi anak- anaknya untuk divaksin, imbuhnya. (**)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Danjen Akademi TNI Tutup Latihan Napak Tilas RPS Taruna Tingkat 1 Akademi TNI

Gema TNI

Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Lepas Sambut Pangdam Di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua

Gema TNI

Pangdam I/Bukit Barisan Berikan Motivasi Kepada Satgas Perbatasan RI-PNG Di Merauke

Gema TNI

Pasiterdim 0415/Jambi Hadiri Rapat Terkait Bangga Kencana Dorong Percepatan Penurunan Stunting

Gema TNI

Kodim 0402/OKI Raih Juara I Lomba Karya Jurnalistik TMMD Ke-115

Gema TNI

Satgas Pamtas RI-PNG 711 Mendapat Kunjungan Kasdam XIII/Merdeka

Gema TNI

Pantau Proses Vaksinasi, Danramil 09 Telanaipura Beri Semangat Anak-Anak Yang Divaksin

Gema TNI

Tim Wasev Mabes TNI Kunjungi TMMD 113 Tahun 2022 Di Wilayah Kodim 0419/Tanjab