Tinjau Latihan Puncak Ancab YTP 611/Awl, Kasad Ungkap Rasa Bangga Peduli Sesamo, Koramil Tungkal Ulu Bagikan Paket Sembako Untuk Warga Kurang Mampu Danrem 042/Gapu Melalui Vicon Ikuti Taklimat Awal Wasrik BPK RI Gelar National Convention Ke-4, Duta Elok Persada Berikan Apresiasi Pada Mitra Usaha Kasad Tegaskan TNI AD Harus Jadi Solusi Hadapi Ancaman Banglingstra

Home / Gema TNI

Rabu, 15 Desember 2021 - 21:36 WIB

Korem 042/Gapu Gelar Do’a Bersama Dalam Rangka Hari Juang TNI AD 2021

SRIWIJAYADAILY

Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke 76 tahun 2021, Korem 042/Gapu beserta seluruh jajaran melaksanakan do’a dan kebaktian bersama.

Dalam keterangan tertulis Penrem 042/Gapu, Rabu (15/12) dijelaskan bahwa Do’a bersama secara serentak dilaksanakan di Satuan masing-masing, untuk Makorem do’a bersama dilaksanakan di Masjid At Taqwa Korem dan Kebaktian di Balai Prajurit Makorem Jambi.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P, M.M, mengawali sambutannya mengatakan, Hari Juang TNI AD didasari oleh peristiwa Palagan Ambarawa, dimana peristiwa tersebut adalah perlawanan rakyat terhadap Sekutu yang terjadi di Ambarawa. Peristiwa tersebut dikenal juga sebagai Palagan Ambarawa yang berlangsung sejak 12 hingga 15 Desember 1945.

Baca :  Dandim 0415/Jambi bersama Bupati Bantu Robohkan Rumah Penerima Bantuan RTLH Program TMMD

Palagan Ambarawa dilatarbelakangi oleh NICA yang membonceng tentara Sekutu untuk kembali menguasai Indonesia. Para pasukan dengan gagah berani mengibarkan benderanya di Kota Ambarawa pada tanggal 11 Desember 1945.

TKR (Tentara Keamanan Rakyat) sebagai alat pertahanan negara saat itu tidak tinggal diam dan bertempur melawan Belanda, di hampir seluruh wilayah Indonesia. Salah satu pertempuran besar saat itu terjadi di Ambarawa yang berlangsung terus-menerus selama empat hari dan berakhir di tanggal 15 Desember 1945.

Baca :  MTQ Ke 51 Tingkat Provinsi Tahun 2022 Resmi Berakhir, Tanjab Barat Raih Peringkat Kedua

Demi menghormati anggota TKR yang gugur dalam Palagan Ambarawa, maka setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai “Hari Juang Kartika” yang saat ini merupakan hari jadi TNI-AD dan menjadi Hari Juang TNI AD, untuk tahun ini kita mengusung tema” TNI Angkatan Darat Bersama Rakyat Membangun Bangsa “ungkap Brigjen Zulkifli.

Sambungnya, tema tersebut kita angkat untuk mengemplementasikan situasi yang berkembang saat ini. Kita juga telah berangkatkan anggota ke Papua tergabung dalam satgas apter dan dalam waktu dekat ini kita akan berangkatkan Satgas Yonif R 142/KJ ke daerah rawan Papua,”Mari kita doakan untuk keselamatan dan keberhasilan mereka dalam bertugas” pungkas Putra Jambi yang berpangkat Bintang tersebut.

Baca :  Rumah Sakit dr. Bratanata Jambi Gelar Pelatihan ATLS Periode Ke-IV 2022

Doa bersama bagi umat muslim di Masjid At Taqwa Makorem diisi tausiah oleh Ustad Amir Muslim.M.Pdi dan bagi umat nasrani melaksanakan kebaktian di Balai Prajurit dipimpin Pdt.A.Saragih.Sth, dengan harapan dapat membangkitkan semangat seluruh prajurit agar terus melanjutkan perjuangan para pejuang pendiri bangsa ini.

Kegiatan do’a bersama dihadiri oleh Kasrem 042/Gapu, Para Kasi/Pasi, Dandenpal, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta Wakil Ketua Persit KCK Koorcab Rem 042 PD II/Swj Ny Rini M Yamin Dano dan pengurus.**

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Aksi Cepat Satgas TNI 711/Rks Evakuasi Balita Demam Dan Kejang-Kejang

Gema TNI

Permudah Proses Evakuasi, TNI Normalisasi Akses Antar Dusun di Desa Supiturang

Gema TNI

Pangdam Jaya : Lakukan Pengamanan Unjuk Rasa Dengan Persuasif dan Humanis

Gema TNI

Lulusan STHM Agar Kembangkan Humble Leadership di samping Ilmu Hukum Militer

Gema TNI

Kasad: Ba Otsus Harus Jadi Motivator Pembangunan di Papua

Gema TNI

Prajurit Satran Koarmada II Latihan Deteksi Bawah Air

Gema TNI

Tutup Tahun 2021, Korem 173/PVB Gelar Doa Bersama

Gema TNI

Satgas TMMD Bersama Forkopimcam Marosebo Tinjau Sasaran Pembuatan Sumur Bor Kedua Di SD Dusun Tanah Longsor