Peduli Sesamo, Koramil Tungkal Ulu Bagikan Paket Sembako Untuk Warga Kurang Mampu Danrem 042/Gapu Melalui Vicon Ikuti Taklimat Awal Wasrik BPK RI Gelar National Convention Ke-4, Duta Elok Persada Berikan Apresiasi Pada Mitra Usaha Kasad Tegaskan TNI AD Harus Jadi Solusi Hadapi Ancaman Banglingstra Pangdam II/Sriwijaya : Kehadiran TNI Harus Ada Manfaat Untuk Masyarakat

Home / Gema TNI

Jumat, 12 November 2021 - 07:35 WIB

Korem 042/Gapu Resmi Ganti Lambang

LAMBANG KOREM 042/GAPU

LAMBANG KOREM 042/GAPU

SRIWIJAYADAILY

Melalui Keputusan Kasad Nomor/686/X/2021 tanggal 8 Oktober, “Lambang Korem 042/Gapu yang baru Resmi Disahkan”.

Perubahan Lambang tersebut karena Korem Jambi selama ini memiliki lambang yang berbeda dengan Lambang Korem di jajaran Kodam II/Sriwijaya. Pasalnya lambang Korem sebelumnya tidak memiliki Lambang Garuda.

Hal tersebut dikatakan Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli, S.I.P.,M.M., pada acara Syukuran Hari Ulang Tahun ke 62 Korem 042/Gapu bersamaan dengan Hari Pahlawan tanggal 10 Nopember 2021, yang dilaksanakan di lapangan tenis Indoor Makorem Jambi.

“Hanya Korem Jambi yang belum ada Garudanya pada Lambang, ini kita rubah karena menyesuaikan lambang Kodam dan Korem lainnya, Semoga dengan Lambang baru ini memberikan semangat baru bagi Prajurit Korem 042/Gapu ditengah Pandemi Covid -19 yang masih menghantui.

Baca :  Danrem 173/PVB Pimpin Upacara Penyambutan Satgas Satuan Organik Yonif Raider 303/SSM

Dia menyebutkan, lambang Korem dibuat pada tahun 1961 yang sudah banyak mengalami perubahan. Hingga saat ini, lambang Korem kembali berubah, dia berharap, lambang ini tak lagi berubah.

“Dari buku yang ada telah banyak berubah, tapi kita tidak merubah semuanya. Kita hanya menambah burung Garuda saja,” jelasnya.

Perubahan Dhuaja/lambang Korem ini merupakan wujud kepedulian dan atensi pelestarian nilai-nilai perjuangan yang bernuansa kepahlawanan spiritual, patriotisme dan pantang menyerah untuk mewariskan kepada generasi penerus bangsa Indonesia pada umumnya dan pada khususnya Generasi Prajurit Korem 042/Gapu yang bertugas diwilayah Provinsi Jambi.

Dia meminta kepada seluruh Staf Korem serta jajaran agar menjaga lambang ini dengan baik.

Baca :  Binsiap Apwil dan Puanter Kodim 1709/Yawa Ditinjau Tim Asnis Dari Pusterad

Pada kesempatan yang sama, Korem 042/Gapu berencana untuk menambah satu Kodim baru wilayah kerja Batanghari dan Muaro Jambi. Ini merupakan pemekaran dari Kodim Jambi.

“Jadi nanti Kodim Jambi fokus pada wilayah Kota Jambi, tidak lagi tiga wilayah,” sebutnya.

Danrem telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kota dan Provinsi Jambi untuk dukungan. “Sehingga sesuatu hal dapat dilakukan dengan baik, kerjasama dengan pemerintah dalam pembangunan,”  tandasnya.

Ditambahkan Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta, bahwa Komando Resor Militer 042/Garuda Putih atau biasa disingkat Korem 042/Gapu adalah salah satu Korem yang berada di bawah Komando Kodam II/Sriwijaya.

Baca :  Pangdam XVII/Cenderawasih Beri Pengarahan Kepada Prajurit Beserta Persit Kodim 1710/MMK Dan Denkav-3/SC

Adapun sejarah berdirinya Korem yang bermarkas di Kota Jambi, Provinsi Jambi tersebut berdasarkan Keputusan Panglima Teritorial II/Sriwijaya Nomor:SKPT-0325/7/1959 tanggal 17 Juli 1959, telah dibentuk Resimen Inf-4/TT-II/Swj yang meliputi wilayah Jambi dan sekitarnya dengan Komandannya saat itu Letnan Kolonel R.S. Brotohamidjaja yang bermarkas di Palembang sedangkan staf perwakilan di Jambi oleh Kapten PMR Sumardi.

Berdasarkan Surat Perintah Kepala Staf Angkatan Darat Nomor:SP/1593//10/1959 tanggal 6 Oktober 1959, Resimen Inf-4/TT-II/Swj dirubah menjadi Korem Jambi TMT 10 Nopember 1959, yang selanjutnya dikuatkan dengan Surat Perintah Pangdam IV/Swj Nomor : Sprin/1204/IX/1987 tanggal 10 September 1987 tentang Hari Jadi Korem 042/Gapu pada tanggal 10 Nopember 1959.

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Bantu Warga Terdampak Pandemi Covid 19, Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Beri Bantuan Sembako

Gema TNI

Korem 042/Gapu Terima DIPA 2022 dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi

Gema TNI

Persit KCK Cabang XXI Kodim/1708 Melaksanakan Kunjungan Kasih Ke Rumah Warakawuri

Gema TNI

Bersama Masyarakat Selalu Humanis, Satgas TNI 405/SK Miliki Budaya Senyum, Salam Dan Sapa

Gema TNI

Biasakan Belajar Dan Cinta Tanah Air Bersama Satgas TNI 301/PKS

Gema TNI

Pimpin Korps Raport Masuk Satuan, Ini Pesan Dandim 0419/Tanjab

Gema TNI

Kunjungi Satgas Yonif 711/Rks Di Perbatasan RI-PNG, Pangdam XVII/Cendrawasih Berpesan Implementasikan Kemanunggal TNI-Rakyat Dalam Setiap Tugas

Gema TNI

Kasad Dampingi Presiden Tinjau Lokasi Gempa Cianjur