Sambut Idul Adha, Babinsa Desa Baru Amankan Pawai Obor dan Takbir Keliling Komitmen Alumni AKABRI ’94 dalam Mengatasi Stunting di Kalimantan Barat Prajurit Satgas Yonif 125/SMB Terangi Jembatan dan Dermaga di Kampung Yagatsu, Papua Prajurit TNI Rebut Distrik Bibida dari OPM dengan Tindakan Profesional dan Kemanusiaan TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan Ribuan Baby Lobster di Cilacap

Home / Portal Militer

Sabtu, 23 September 2023 - 06:16 WIB

Korem Gapu Launching Program Unggulan Kodam II/Swj Dapur Masuk Sekolah Di SDN 94 Danau Sarang Elang

Korem Gapu Launching Program Unggulan Kodam II/Swj Dapur Masuk Sekolah Di SDN 94 Danau Sarang Elang

Korem Gapu Launching Program Unggulan Kodam II/Swj Dapur Masuk Sekolah Di SDN 94 Danau Sarang Elang

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – “Dapur Masuk Sekolah” merupakan program unggulan Kodam II/Swj yang dilaksanakan peluncurannya secara serentak di jajaran Kodam II/Swj secara Virtual oleh Pangdam II/Swj. Untuk Korem 042/Gapu kegiatan tersebut dipusatkan di SDN 94 Danau Sarang Elang Kec. Jambi Luar Kota Kab. Muaro Jambi, Jum’at (22/09/2023).

Kegiatan yang digagas oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen Kodam II/Swj terhadap peningkatan gizi dan kesehatan pada anak-anak, serta mencegah stunting khususnya pada anak sekolah dasar, dan menjadikan mereka sebagai generasi penerus bangsa sekaligus sebagai aset nasional di masa depan yang sehat dan cerdas serta terpenuhi gizinya.

SDN 94 Danau Sarang Elang dipilih menjadi sasaran lokasi “Dapur Masuk Sekolah” Korem 042/Gapu yang dihadiri Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono S.IP, M.M., bersama Kasrem 042/Gapu, Pejabat Utama Korem 042Gapu, Dandim 0415/Jambi, Dan/Ka Satbalak Aju Korem, Danyonif 142/KJ, Para Babinsa serta ibu-ibu pengurus Persit Korem dan Kodim serta perangkat Desa setempat.

Baca :  Peduli Kesehatan Warga, Babinsa Koramil 12/Pasar Dampingi Fogging

Dikesempatan tersebut Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil menyampaikan, saat memasuki usia pertumbuhan, anak-anak memiliki resiko kurangnya daya tahan tubuh sehingga perlu diperhatikan asupan gizinya, untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatannya, agar tidak mudah terserang penyakit dan tidak menghambat pertumbuhan mereka.

“Selain program dapur masuk sekolah ini, TNI AD telah melaunching beberapa program unggulan yang bertujuan untuk membantu kesulitan masyarakat, diantaranya Program Ketahanan Pangan, TNI Manunggal Air, Pengentasan Stunting, Pembentukan Kampung Pancasila, Rehab Rumah Tidak Layak Huni dan Babinsa Masuk Dapur serta Dapur Masuk Sekolah yang saat ini tengah dilaksanakan oleh Kodam II/Swj, “

“Kodam II/Swj konsisten dan bertekad untuk terus membenahi diri dan meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara, hal ini juga menjadi implementasi dari salah satu 7 perintah harian Kasad yaitu, TNI AD harus hadir di tengah kesulitan rakyat, serta mampu memberikan solusi terbaik, ” tegasnya.

Baca :  Pimpin Apel Pagi, Kasdim 0415/Jambi Berharap Kepada Anggota Hindari Pelanggaran Sekecil Apapun

Dikesempatan tersebut, Danrem 042/Gapu juga menyampaikan bahwa kegiatan ‘Dapur Masuk Sekolah’ ini dilaksanakan secara serentak di jajaran Korem 042/Gapu dengan cara mendatangi secara langsung ke sekolah-sekolah, ini merupakan salah satu cara dalam pemberian makanan bergizi kepada anak-anak sekolah dasar.

“Selain bentuk nyata kepedulian TNI-AD terhadap dunia pendidikan, kegiatan ini juga bertujuan sebagai wahana menambah pengetahuan kepada anak-anak siswa sekolah dasar untuk lebih dekat dan mengenal tentang tugas Prajurit TNI-AD yang ada diwilayah, “tutur Danrem.

“Disamping mengunjungi anak-anak sekolah di pedalaman, juga dibarengi dengan kegiatan amal Jumat berkah dengan membawa makanan dan tambahan gizi berupa susu kepada anak-anak sekolah,” ujar Danrem 042/Gapu yang juga sebagai Bapak Stunting Provinsi Jambi.

“Hari ini kita berada di SD 94 Danau Sarang Elang Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi yang berjarak kurang lebih 25 Km dengan jarak tempuh 1 Jam. Bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat melaksanakan salah satu program unggulan Pangdam II/Sriwijaya yaitu ‘Dapur Masuk Sekolah’.

Baca :  Anggota TNI Meninggal Dunia Setelah Ditembak Kelompok Separatis OPM di Sinak

“Ini merupakan suatu wujud pengabdian kita semua kepada masyarakat dengan berusaha melaksanakan program-program unggulan yang bertemakan untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat, hadir bersama-sama masyarakat untuk menjadi solusi terhadap pengentasan Stunting di wilayah Provinsi Jambi.

“Sasaran kegiatan stunting lebih ditingkatkan lagi, tidak hanya pada balita tapi kita menjangkau anak-anak sekolah dengan menambah asupan serta perbaikan gizi dengan harapan nantinya mereka akan tumbuh menjadi generasi unggul di masa-masa yang akan datang.” ujar Danrem.

Danrem mengajak semua pihak untuk bersama-sama dalam membantu kesulitan masyarakat, membantu meningkatkan gizi bagi anak-anak sehingga angka stunting di Provinsi Jambi dapat berkurang.

“Semoga apa yang kita lakukan ini berbuah kebaikan, mendapatkan berkah dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa serta benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat” tandasnya.

Dalam kegiatan Lounching Dapur Masuk Sekolah juga dilaksanakan makan bersama anak-anak dan pemberian bantuan sarana olahraga kepada pihak sekolah.

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Dandim 0416/Bute Bacakan Amanat Kasad Pada Upacara Hari Juang TNI AD

Portal Militer

Babinsa Koramil 01/Suak Kandis Ikuti Sosialisasi Posko Operasi Pembasahan Gambut

Portal Militer

Kolonel Eko Pristiono Membuka Secara Resmi Kejuaraan Dandim Cup Sumatra Drag Wars 2024

Portal Militer

Bentuk Karakter Tangguh dan Disiplin, Kodim 0415/Jambi Gelar Pembinaan Mental, Fisik dan Disiplin Karyawan PT. BSU

Portal Militer

Wujudkan Keluarga Sehat dan Sejahtera, Kodim 0415/Jambi Gelar Pelayanan KB Kesehatan

Portal Militer

Pastikan Kesiapsiagaan, Kasad Dampingi Panglima TNI dan Kapolri Cek Prajurit

Portal Militer

Babinsa Koramil 06/Pijoan Hadiri Tasyakuran Dan Doa Bersama Warga dalam Menyambut Hari Jadi Desa Persiapan Kasang Tanjung Nangko Ke-2

Portal Militer

Cerdaskan Bangsa, Satgas TNI 142/KJ Ajak Siswa Budayakan Baca Buku