Tingkatkan Perekonomian Warga Satgas Yonif Raider 200/BN Beli Hasil Kebun Warga Tim Wasev Mabesad Tinjau Sasaran TMMD 116 Kodim 1702/Jayawijaya Cegah Penyebaran Malaria, Satgas Yonif 143/TWEJ Fogging Rumah Warga Tingkatkan Keimanan Satgas Yonif Raider 200/BN Berikan Bantuan Alkitab , Kontingen Garuda AD Juara Umum Pencak Silat Terbuka Piala Kasad 1

Home / Warta TNI

Senin, 10 April 2023 - 19:26 WIB

Kuasai Markas KKB di Nduga, Aparat Gabungan Temukan Senjata Api dan Ratusan Amunisi

Kuasai Markas KKB di Nduga, Aparat Gabungan Temukan Senjata Api dan Ratusan Amunisi (Dok/Ist)

Kuasai Markas KKB di Nduga, Aparat Gabungan Temukan Senjata Api dan Ratusan Amunisi (Dok/Ist)

SRIWIJAYADAILY – Tim gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023 dipimpin Letkol Inf Rinto Wijaya, Danyonif Raider 514/Sabbada Yudha dan Kapten Countri Aurora, serta Ipda Rajab Ilyas dan Ipda Krisna, berhasil mengamankan senjata api dan ratusan butir amunisi yang diduga milik Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Nduga, Papua Pegunungan, Senin (10/4/2023).

Kasatgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2023 Kombes Pol I.G.G. Era Adhinata membenarkan penangkapan tersebut. Era mengatakan, ada senjata api dan ratusan butir amunisi serta sejumlah barang bukti lainnya yang berhasil di amankan oleh Aparat gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023.

Baca :  Wujud Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat, Yonarmed 15/Cailendra Gelar Karbak Bersama Masyarakat

“Barang Bukti (BB) yang diamankan tersebut merupakan hasil pengembangan penyelidikan yang diduga milik anggota KKB wilayah Nduga berinisial YL yang telah diamankan sebelumnya oleh aparat gabungan TNI-Polri,” kata Era di Timika, Senin (10/4/2023).

Era menambahkan, situasi saat ini di Kabupaten Nduga masih dalam keadaan aman, namun aparat gabungan tetap melakukan patroli demi memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat Nduga.

Diketehui TL pernah terlibat dalam beberapa aksi kejahatan antara lain pembakaran camp Dolarossa pada 2021, pada tanggal 2 Februari 2021 terlibat aksi Kontak tembak dengan TNI Yonif Raider 700 di Mapemduma.

Baca :  Dipastikan Foto Mutilasi Seorang Wanita Yang Beredar Adalah HOAX Disebar Oleh KST

Pada tanggal 7 Juni 2022 penembakan pesawat Sam Air PK-SMG di Bandara Kenyam Nduga, pada tanggal 5 Februari 2023 terlibat pengancaman 15 pekerja Puskesmas di Distrik Paro Nduga, pada 7 Februari 2023 terlibat aksi pembakaran pesawat dan penyanderaan Pilot Susi Air.

“Dengan diamankannya tersangka YL tentunya bisa mengurangi aksi yang akan lebih sporadis dari kelompok KKB pimpinan Egianus Kogoya, karena ini merupakan pukulan telak bagi kelompok Egianus,” sebut Era, saat ini kondisi tersangka YL masih kooperatif dan juga sehat.

Baca :  Sambut Bulan Ramadhan, Babinsa Peureulak Bersama Warga Bersihkan Pemakaman Umum

“Sementara ini kami masih melakukan pengembangan,” tandas Era.

Berikut barang bukti yang berhasil di temukan dan diamankan oleh Tim Gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023, antara lain satu pucuk senpi panjang AR 15, satu pucuk GLM, satu pucuk senpi FN, tiga buah megazen senpi pendek jenis HS-9. satu pucuk senapan angin, satu buah peluru GLM, amunisi 5,56 berjumlah 360 butir, 14 buah megazen senpi panjang, lima buah HT ICOM, empat buah charger HT, satu unit laptop, uang tunai Rp 620 ribu dan satu unit teropong. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kodim 0415/Jambi Gelar Baksos Donor Darah dan Pemberian Santunan kepada Keluarga Stunting

Warta TNI

Jemput Bola, TimVaksinasi Kodim 0416/Bute Sasar Pelajar

Warta TNI

Jelang Akhir Tahun, Tim Vaksin Mobile Kodim Bute Terus Genjot Vaksinasi

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Dan Forkopimda Sumsel Sambut Kunjungan Kasad Di Bumi Sriwijaya

Warta TNI

Pasca Banjir Dan Longsor Di Jayapura, Korem 172/PWY Siagakan Personel

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Bersama Forkopimda Sumsel Ikuti Rakor Lintas Sektoral Bersama Kementerian RI Terkait

Warta TNI

Satu Komando Jaga Sinergitas

Warta TNI

Satgas TMMD Kodim Tanjab Bangun MCK Untuk Warga