Babinsa Sosialisasikan Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas di Desa Hajran Babinsa Kodim 0415/Jambi Jalin Silaturahmi dengan Warga Binaan Melalui Komsos Dandim 0416/Bute Ingatkan Bahaya Judi Online dan Lakukan Pemeriksaan Handphone Upacara Peringatan 17an Kodim 0416/Bute, Dandim Sampaikan Amanat Pangdam II/Swj Cegah Polio, Satgas Yonif 753/AVT Berikan Imunisasi Gratis di Puncak Jaya

Home / Portal Militer

Senin, 10 April 2023 - 19:26 WIB

Kuasai Markas KKB di Nduga, Aparat Gabungan Temukan Senjata Api dan Ratusan Amunisi

Kuasai Markas KKB di Nduga, Aparat Gabungan Temukan Senjata Api dan Ratusan Amunisi (Dok/Ist)

Kuasai Markas KKB di Nduga, Aparat Gabungan Temukan Senjata Api dan Ratusan Amunisi (Dok/Ist)

SRIWIJAYADAILY – Tim gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023 dipimpin Letkol Inf Rinto Wijaya, Danyonif Raider 514/Sabbada Yudha dan Kapten Countri Aurora, serta Ipda Rajab Ilyas dan Ipda Krisna, berhasil mengamankan senjata api dan ratusan butir amunisi yang diduga milik Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Nduga, Papua Pegunungan, Senin (10/4/2023).

Kasatgas Gakkum Ops Damai Cartenz 2023 Kombes Pol I.G.G. Era Adhinata membenarkan penangkapan tersebut. Era mengatakan, ada senjata api dan ratusan butir amunisi serta sejumlah barang bukti lainnya yang berhasil di amankan oleh Aparat gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023.

Baca :  Satgas Pamtas dengan Warga Perbatasan Gotong-royong Bersihkan Sampah Pasca Banjir

“Barang Bukti (BB) yang diamankan tersebut merupakan hasil pengembangan penyelidikan yang diduga milik anggota KKB wilayah Nduga berinisial YL yang telah diamankan sebelumnya oleh aparat gabungan TNI-Polri,” kata Era di Timika, Senin (10/4/2023).

Era menambahkan, situasi saat ini di Kabupaten Nduga masih dalam keadaan aman, namun aparat gabungan tetap melakukan patroli demi memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat Nduga.

Diketehui TL pernah terlibat dalam beberapa aksi kejahatan antara lain pembakaran camp Dolarossa pada 2021, pada tanggal 2 Februari 2021 terlibat aksi Kontak tembak dengan TNI Yonif Raider 700 di Mapemduma.

Baca :  Dekatkan Diri Dengan Warga Satgas Yonif 125/SMB Hadiri Yasinan di Masjid Al-Anshar

Pada tanggal 7 Juni 2022 penembakan pesawat Sam Air PK-SMG di Bandara Kenyam Nduga, pada tanggal 5 Februari 2023 terlibat pengancaman 15 pekerja Puskesmas di Distrik Paro Nduga, pada 7 Februari 2023 terlibat aksi pembakaran pesawat dan penyanderaan Pilot Susi Air.

“Dengan diamankannya tersangka YL tentunya bisa mengurangi aksi yang akan lebih sporadis dari kelompok KKB pimpinan Egianus Kogoya, karena ini merupakan pukulan telak bagi kelompok Egianus,” sebut Era, saat ini kondisi tersangka YL masih kooperatif dan juga sehat.

Baca :  Bentuk Generasi Muda yang Berkarakter, Kodim 0415/Jambi Gelar Persami Saka Wira Kartika 2024

“Sementara ini kami masih melakukan pengembangan,” tandas Era.

Berikut barang bukti yang berhasil di temukan dan diamankan oleh Tim Gabungan TNI-Polri Ops Damai Cartenz-2023, antara lain satu pucuk senpi panjang AR 15, satu pucuk GLM, satu pucuk senpi FN, tiga buah megazen senpi pendek jenis HS-9. satu pucuk senapan angin, satu buah peluru GLM, amunisi 5,56 berjumlah 360 butir, 14 buah megazen senpi panjang, lima buah HT ICOM, empat buah charger HT, satu unit laptop, uang tunai Rp 620 ribu dan satu unit teropong. (**)

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Dianugerahi Tanda Kehormatan Oleh Singapura

Portal Militer

Peringati Hari Pers Nasional, Babinsa Koramil 09/TP Donorkan Darahnya Di PWI Jambi

Portal Militer

Persit Kodim Jambi Bagi-Bagi Takjil Buka Puasa

Portal Militer

KST Kembali Melancarkan Aksi Teror, Satu Anggota TNI Luka Tembak

Portal Militer

Prajurit Yonif 144/JY Ukir Prestasi Di Bhayangkara Run 10K Tahun 2023

Portal Militer

Klarifikasi Video TNI Berangkat Penugasan Ke Palestina, Kapuspen TNI Nyatakan Hoak

Portal Militer

Kenyam Menjadi Tempat Kunker Pertama Brigjen TNI J.O. Sembiring

Portal Militer

Panglima TNI Ajukan Kenaikan Uang Lauk Pauk Prajurit TNI