“Pariwisata Sumatera Utara dan Peranan Pers” Antara Promosi dan Kritik 26 Pejabat Administrator dan Pengawas Di Lingkup Pemkab Tanjab Barat Resmi Dilantik Lestarikan Budaya Lokal, Satgas Yonif 143/TWEJ Gelar Pertandingan Jubi Di Papua Demi Generasi Muda Papua, Satgas Yonif Raider 142/KJ Ajak Siswa Sekolah Minum Susu Gubernur Jambi Lepas Delegasi PWI Provinsi Jambi ke HPN 2023 di Medan

Home / Gema TNI

Selasa, 29 November 2022 - 17:47 WIB

Mayor Widi : Bahaya Radikalisme Harus Dipahami Generasi Muda

Mayor Widi : Bahaya Radikalisme Harus Dipahami Generasi Muda (Dimjambi)

Mayor Widi : Bahaya Radikalisme Harus Dipahami Generasi Muda (Dimjambi)

JAMBI, sriwijayadaily.co.id – Dalam rangka memperkuat sikap patriotisme dan bela negara bagi para generasi muda, Komandan Kodim 0415/Jambi Kolonel inf Marsal Denny melalui Pasi intel Mayor Inf Widi Purwoko, SE memberikan paparan tentang bahaya radikalisme kepada puluhan mahasiswa/i fakultas Geologi Unja, di Aula fakultas, selasa (29/11/2022).

Radikalisme merupakan suatu paham yang dibuat oleh sekelompok orang yang menginginkan perubahan atau pembaharuan tatanan sosial dan politik secara drastis dengan menggunakan cara-cara kekerasan.

Baca :  Percepat Penurunan Stunting, TNI AD Gelar Pelatihan Bagi Tim Fasilitator Kodim

Widi meminta peran mahasiswa sebagai kaum intelektual harus dapat memposisikan radikalisme yang berkembang di Indonesia sebagai persoalan serius yang perlu dengan segera untuk ditangani, karena paham radikalisme dengan sangat jelas bertentangan dengan prinsip-prinsip Demokrasi dan juga dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Baca :  Melalui Pendekatan Religius, Pangdam XVII/Cenderawasih Hadiri Doa Bersama Di Gereja Pendeta Lenga

“Radikalisme dapat membuat keutuhan dan persatuan NKRI serta stabilitas dan kedamaian suatu negara dapat terancam. Sehingga diperlukan upaya-upaya secara komprehensif dan masif untuk mencegahnya.” jelas Widi.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa penyebaran paham radikalisme harus sesegera mungkin untuk dicegah. Upaya yang perlu dilakukan yakni menanamkan jiwa nasionalisme dimulai dari keluarga, lingkungan tempat tinggal, sekolah dan dilingkungan kerja, berpikiran terbuka dan toleran, waspada terhadap provokasi dan hasutan serta dapat bergabung berjejaring dalam komunitas perdamaian.

Baca :  Haedar Nashir Terpilih Sebagai Ketum PP Muhammadiyah Masa Bakti 2022-2027

Terkait penyebaran paham radikalisme, diperlukan peran besar dari kaum intelektual dan peran aktif masyarakat secara kolektif dan luas untuk mencegahnya, tutup Widi. (Dimjambi)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Dandim 0415/Jambi Turut Dampingi Danrem Gapu Saat Terima Kunjungan Reses Anggota Komisi I DPR RI

Gema TNI

Danrem 045/Gaya Melaksanakan Apel Dansat Tersebar TA 2022 Di Jajaran Kodam II/Sriwijaya

Gema TNI

Putri Dari Prajurit Yonif 751, Raida Wakili Papua Terpilih Sebagai Model Idola Indonesia 2022

Gema TNI

18 Titik Selesai 100%, Program TNI AD Atasi Krisis Air di NTT, NTB dan Bali

Gema TNI

Warga di Lokasi TMMD Mendapatkan Pelayanan Kesehatan dari Tim Dokter Tangguh Kabupaten

Gema TNI

Korem 044/Gapo Akan Gelar Liga Santri Piala Kasad Zona Provinsi Sumsel Pada 7-19 Agustus 2022

Gema TNI

Liga Santri PSSI Tahun 2022 Piala Kasad Resmi Bergulir Di Wilayah Jambi

Gema TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Terima Kunker Kepala Wilayah Bank Mandiri