DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI Jum’at Bersih, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Bersama Warga Gotong Royong Tempat Ibadah Dandim 0419 Tanjab Bekali Menwa Sultan Thaha Tentang Kepemimpinan Dandim 0416/Bute Serahkan Bantuan Semen dan Al-Quran Ke Ponpes Daarul Hafidz Al- Manshuriyah SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Home / Gema TNI

Kamis, 22 September 2022 - 08:46 WIB

Mayor Widi Bekali Mahasiwa Baru STIKBA Jambi Dengan Wawasan Kebangsaan

Mayor Inf Widi Purwoko, SE saat memberikan pembekalan Wasbang kepada Mahasiswa baru PKKMB di kampus STIKBA Jambi (FOTO : Istimewa)

Mayor Inf Widi Purwoko, SE saat memberikan pembekalan Wasbang kepada Mahasiswa baru PKKMB di kampus STIKBA Jambi (FOTO : Istimewa)

JAMBI, SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Komandan Kodim 0415/Jambi yang diwakili Pasi Intel Mayor Inf Widi Purwoko, SE membekali Mahasiswa baru pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dengan nilai-nilai wawasan kebangsaan/ Bela negara dan Anti Radikalisme di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim (STIKBA) Jambi, Rabu (21/09/2022) kemarin.

Kegiatan yang digagas pada acara PKKMB dikemas secara menarik. Materi wawasan kebangsaan yang disampaikan cocok dengan karakter anak muda. Ini sesuai dengan tema yang diangkat yaitu “Wawasan kebangsaan/Bela negara dan Anti Radikalisme”.

Ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperkenalkan kepada Mahasiswa baru di dunia perkuliahan, mulai dari kegiatan akademik maupun non-akademik.

Baca :  Berharap Air Bersih Dari Sumur Bor Dapat Dialirkan ke Rumah Warga

Bertujuan agar mahasiswa baru dapat memiliki gambaran awal mengenai keseharian di kampus, sehingga dapat memanajemen waktu dengan baik, serta dapat menjadi mahasiswa dengan segudang prestasi, kontribusi yang membaggakan, mempunyai wawasan kebangsaan dan terbebas dari paham Radikal, ungkap Widi.

Widi juga menjelaskan tentang karakteristik radikalisme dan bahayanya paham tersebut bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Radikalisme merupakan ancaman terhadap ketahanan ideologi.

“Jika ideologi negara sudah tidak kokoh, maka akan berdampak terhadap ketahanan nasional. Radikalisme bisa diartikan suatu sikap atau paham yang ekstrim, revolusioner dan militan untuk memperjuangkan perubahan dari arus utama yang dianut masyarakat.” ujarnya.

Baca :  Kasad Tinjau Progres Pembangunan Masjid Abdurahman di SMP Kartika XIX-I Bandung

Sementara itu, lelaki dengan satu melati dipundak ini mengkhawatirkan kehidupan pemuda dan pelajar yang mudah terpapar dengan paham radikal karena perkembangan teknologi dan dunia medsos.

Dijelaskannya terkait beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya radikalisme, seperti fanatisme yang berlebihan, ideologi, ekonomi, politik, budaya dan juga kesenjangan sosial.

Menurutnya perbedaan penafsiran terhadap suatu hal akan berdampak buruk bagi kedamaian masyarakat Indonesia. Dengan demikian, penting kiranya semua stakeholder di negeri ini untuk berupaya menangkal radikalisme.

Baca :  Kasad Resmikan Lahan Pertanian Terpadu Seluas 43 hektar di Bekasi

Keikutsertaan masyarakat dalam menangkal masuknya paham tersebut juga sangat penting, dibutuhkan komunikasi dan kerjasama yang baik antar masyarakat, imbuhnya.

Tak kalah pentingnya peranan pemuda dan pelajar dalam menangkal radikalisme, dapat dilakukan dengan cara menggalang kesadaran bersama melawan radikalisme dengan berbagai cara, seperti memanfaatkan medsos dan membanjirinya dengan nilai-nilai Pancasila, memperkuat literasi terhadap nilai-nilai agama dan kebangsaan, tutupnya. **

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Hargai Para Sesepuh, TNI AD Berangkatkan Umroh 102 Veteran Seroja

Gema TNI

Danrem 045/Gaya Ikuti Rapim TNI Polri Tahun 2022

Gema TNI

Satgas Pamtas Yonif 711 Bantu Cerdaskan Anak Bangsa Di Tanah Papua

Gema TNI

Tingkatkan Kemanunggalan TNI Dan Rakyat, Prajurit Satgas Yonif R 142 Bantu Warga Buka Lahan Kebun

Gema TNI

Ini Penekanan Pangdam II/Sriwijaya Pada Rapat Evaluasi Progja Dan Anggaran TA 2021

Gema TNI

Dihari Jadi Kodim Mimika, Gelar Acara Natal Dan Syukuran

Gema TNI

Kasad Terima Laporan Korps Kenaikan Pangkat 23 Perwira Tinggi TNI AD

Gema TNI

Korem 042 Gapu Selenggarakan Peringatan Isra Mi”raj Nabi Muhammad SAW 1443 H/2022 M