Pasiter Kodim Jambi Beri Pembekalan Wasbang Kepada Mahasiswa Pengamat Ungkap Sosok Budi Setiawan yang Humble Serta Punya Daya Juang Tinggi Danrem 042/Gapu Berharap Rumkit Bratanata Jambi Semakin Maju dan Berkembang Mayor Widi : Bahaya Radikalisme Harus Dipahami Generasi Muda Kodim 0402/OKI Raih Juara I Lomba Karya Jurnalistik TMMD Ke-115

Home / Gema TNI

Jumat, 29 Oktober 2021 - 15:09 WIB

Mayor Widi Purwoko : Ajak Umat Raih Keutamaan Membersihkan Masjid

SRIWIJAYADAILY

Hari Jum’at dikenal sebagai hari yang sangat istimewa dan merupakan hari mulia dan sangat spesial bagi umat Islam. Hari Jum’at dikenal juga sebagai sayyidul ayyam berkat keistimewaannya. Salah satunya adalah waktu yang mustajab untuk memanjatkan do’a dan dianjurkan untuk mengerjakan sejumlah amalan-amalan.

Secara fisik, masjid adalah bangunan biasa yang terdiri atas lantai, tiang dan atap. Namun secara spiritual, masjid adalah poros nadi umat yang sangat fundamental.

Selain menjadi perekat umat sebagai penebar kebajikan, masjid juga bertindak sebagai media bagi seorang muslim agar sukses dalam menjalin hubungan vertikal dengan Allah.

Baca :  Pangdam II/Swj Lakukan Patroli Karhutla Gunakan Helikopter Di Wilayah Jambi 

Karena keistimewaannya itulah mendorong Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko mengajak anggotanya untuk melakukan kegiatan bersih-bersih masjid.

Sasaran kali ini sebagai obyek bersih-bersih yakni Masjid Agung Al-Falah atau biasa disebut masjid seribu tiang, masjid kebanggaan masyarakat Jambi.

Menurut Danramil, sebagai seorang muslim tentu harus prihatin dan sedih manakala menjumpai seseorang yang dengan seenaknya, sengaja mengotori masjid dan membiarkan kotoran (sampah) berserakan.

Baca :  Pesan Panglima TNI Andika Perkasa kepada Prajurit di Jambi Saat HUT Ke-77 TNI

Kendati  kegiatan sebagai aparat kewilayahan banyak dan menumpuk, namun meraih keutamaan dengan cara melakukan bersih-bersih masjid dipandang sebagai keharusan ataupun kewajiban selaku seorang muslim.

Lalu apa saja keutamaan bersih-bersih masjid?  Sebagai seorang muslim hendaknya harus mengetahui keutamaan yang wajib diraih ketika kita ikhlas melakukan bersih-bersih masjid terutama di hari Jum’at, yakni dosanya akan Allah ampuni, dibangunkan satu rumah dan tempat di surga, serta mendapatkan kedudukan yang mulia  di sisi Nabi SAW, sebut Widi.

Baca :  Pangkostrad Tutup Kejurnas Judo Senior dan Kata Piala Menpora 2022, Kontingen DKI Jakarta Juara Umum

Begitu dahsyat pahala bagi orang yang suka membersihkan dan menjaga kebersihan masjid. “Ayo jadikan kebiasaan ini sebagai ibadah dan ladang amal kelak, raih keutamaan dengan terus berupaya melakukan kegiatan bersih-bersih masjid.” pintanya.

Dengan demikian kebersihan dan keasrian masjid wajib dihadirkan karena jelas dapat mendukung kekhusyukan kaum muslimin dalam beribadah.

Sangat pantas kalau Allah dan RasulNya memberikan pahala yang besar bagi mereka yang membersihkan masjid, tandasnya. (**/red)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Korem 042/Gapu Terima DIPA 2022 dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jambi

Gema TNI

Pangdam II/Sriwijaya Bersama Panglima TNI Rakor Verifikasi Data PPKM Dan Vaksinasi Secara Virtual

Gema TNI

Danrem 045/Gaya Bersama Forkopimda Babel Patroli Pengamanan Malam Pergantian Tahun

Gema TNI

Danrem 042/Gapu Kunjungi Warga Suku Anak Dalam Di Sungai Terap

Gema TNI

TNI AD Buka Penerimaan Calon Bintara Reguler Dan Khusus Keagamaan

Gema TNI

Jalan TMMD Sudah Dilalui Warga Kembang Seri Baru Membawa Hasil Kebun

Gema TNI

Kodam XVII/Cenderawasih Peringati Hari Sumpah Pemuda Bertemakan Bersatu Bangun Bangsa

Gema TNI

Dandim 1701/Jayapura Evakuasi Dua Anak Panti Yang Sakit