Wujud Peduli Kemanusiaan, PTBA TBK Tanjung Enim Salurkan Bencana Kabupaten Tanah Datar Dan Agam Pastikan Lahan Tersedia, Dandim Bute Bergerak Cepat Meninjau Lokasi Program Oplah 2024 Di Wilayah Tebo Satgas TMMD Kodim Muara Enim Gelar Penyuluhan Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Minat Baca Dan Perpustakaan Wujud Sinergitas TNI dengan Masyarakat, Satgas TMMD Kodim Muara Enim Gotong Royong Bangun Mushola Pangdam II/Swj : Bangga Boleh, Jangan Sombong

Home / Warta TNI

Jumat, 29 Oktober 2021 - 15:09 WIB

Mayor Widi Purwoko : Ajak Umat Raih Keutamaan Membersihkan Masjid

SRIWIJAYADAILY

Hari Jum’at dikenal sebagai hari yang sangat istimewa dan merupakan hari mulia dan sangat spesial bagi umat Islam. Hari Jum’at dikenal juga sebagai sayyidul ayyam berkat keistimewaannya. Salah satunya adalah waktu yang mustajab untuk memanjatkan do’a dan dianjurkan untuk mengerjakan sejumlah amalan-amalan.

Secara fisik, masjid adalah bangunan biasa yang terdiri atas lantai, tiang dan atap. Namun secara spiritual, masjid adalah poros nadi umat yang sangat fundamental.

Selain menjadi perekat umat sebagai penebar kebajikan, masjid juga bertindak sebagai media bagi seorang muslim agar sukses dalam menjalin hubungan vertikal dengan Allah.

Baca :  Safari Ramadhan Pangdam II/Swj Bersama Forkopimda di Masjid Makodam

Karena keistimewaannya itulah mendorong Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko mengajak anggotanya untuk melakukan kegiatan bersih-bersih masjid.

Sasaran kali ini sebagai obyek bersih-bersih yakni Masjid Agung Al-Falah atau biasa disebut masjid seribu tiang, masjid kebanggaan masyarakat Jambi.

Menurut Danramil, sebagai seorang muslim tentu harus prihatin dan sedih manakala menjumpai seseorang yang dengan seenaknya, sengaja mengotori masjid dan membiarkan kotoran (sampah) berserakan.

Baca :  Beri Rasa Aman, Babinsa Kodim Bangka Bersama Bhabinkamtibmas Pantau Situasi Pasar

Kendati  kegiatan sebagai aparat kewilayahan banyak dan menumpuk, namun meraih keutamaan dengan cara melakukan bersih-bersih masjid dipandang sebagai keharusan ataupun kewajiban selaku seorang muslim.

Lalu apa saja keutamaan bersih-bersih masjid?  Sebagai seorang muslim hendaknya harus mengetahui keutamaan yang wajib diraih ketika kita ikhlas melakukan bersih-bersih masjid terutama di hari Jum’at, yakni dosanya akan Allah ampuni, dibangunkan satu rumah dan tempat di surga, serta mendapatkan kedudukan yang mulia  di sisi Nabi SAW, sebut Widi.

Baca :  Dandim 0416/Bute Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim dan Santri

Begitu dahsyat pahala bagi orang yang suka membersihkan dan menjaga kebersihan masjid. “Ayo jadikan kebiasaan ini sebagai ibadah dan ladang amal kelak, raih keutamaan dengan terus berupaya melakukan kegiatan bersih-bersih masjid.” pintanya.

Dengan demikian kebersihan dan keasrian masjid wajib dihadirkan karena jelas dapat mendukung kekhusyukan kaum muslimin dalam beribadah.

Sangat pantas kalau Allah dan RasulNya memberikan pahala yang besar bagi mereka yang membersihkan masjid, tandasnya. (**/red)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan Sambut Kedatangan Wapres RI Di Bandara Sentani

Warta TNI

Danrem JO Terkesan Dengan Pemuda Yahukimo Berjualan Cilok Untuk Kuliah

Warta TNI

Satgas Rimpac 2022 TNI AL Promosikan Budaya Indonesia di Hawaii

Warta TNI

Babinsa Koramil 03/MT Ikut Sholat Istisqo Minta Turun Hujan di Muara Tembesi

Warta TNI

Danrem 045/Gaya Bersama Forkopimda Babel Tinjau Vaksinasi Serentak

Warta TNI

Kodam II/Sriwijaya Tandatangani Perjanjian Kerjasama Dengan Polda Sumsel

Warta TNI

Dankodiklatad Kunjungi Puspenerbad, Sebelum Berangkat ke Baturaja

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Tanam Pohon Mangrove Di Pesisir Pantai Tanjab Timur