Babinsa Kodim 0415/Jambi Jalin Silaturahmi dengan Warga Binaan Melalui Komsos Dandim 0416/Bute Ingatkan Bahaya Judi Online dan Lakukan Pemeriksaan Handphone Upacara Peringatan 17an Kodim 0416/Bute, Dandim Sampaikan Amanat Pangdam II/Swj Cegah Polio, Satgas Yonif 753/AVT Berikan Imunisasi Gratis di Puncak Jaya Prajurit Satgas Mobile Yonif 323 Buaya Putih Dukung Peningkatan Ekonomi Lokal di Puncak Papua

Home / Portal Militer

Jumat, 24 Februari 2023 - 11:58 WIB

Medan Terjal Warnai Patroli Satgas Yonarmed 5/PG

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia, Batalyon Armed 5/105 Tarik/Pancagiri yang bertugas di Long Ampung, Malinau, Kaltara, menorehkan hasil cemerlang dalam melakukan kegiatan patroli patok perbatasan RI – Malaysia.

Kegiatan patroli yang ditargetkan selama 28 hari terhadap 390 patok perbatasan dengan jarak sekitar 65 km dari titik keberangkatan menuju patok pertama sampai terakhir hingga kembali ke pos pamtas Long Nawang, mampu diselesaikan dalam waktu 17 hari saja.

Baca :  KRI Diponegoro-365 Latihan Bersama Dengan HS Spetsai F-451 Yang Baru Bergabung Di MTF 448

“Ini merupakan suatu hal yang luar biasa karena pelaksanaan patroli patok jauh lebih cepat dari target yang direncanakan,” ujar Dansatgas Pamtas RI – Malaysia Yonarmed 5/105 Tarik/Pancagiri, Letkol Arm Yan Octa Rombenanta kepada awak media, Rabu (22/02/2023).

Lanjut dikatakan Dansatgas, kegiatan tersebut terselesaikan karena keterampilan navigasi prajurit yang mahir, pintar dalam memprediksi cuaca dan medan yang dilalui, serta ketahanan fisik yang kuat dari Prajurit kita di wilayah Pos Long Nawang.

Baca :  Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad Pimpin Sertijab Dandim Kerinci

Wilayah penugasan Long Nawang, menjadi salah satu medan berat dengan kontur berbukit dan tebing – tebing terjal serta sungai yang cukup besar. Kondisi wilayah hutan Kayang Hulu merupakan area ketinggian serta blank spot dan berada di ketinggian sekitar 2100 meter. Cuaca sangat dingin, menjadikan area hutan dengan pepohonan basah dan berlumut serta minim cahaya matahari.

Baca :  Widya Wisata Megalitikum, Siswa Secaba Terpesona Peninggalan Sejarah Lahat

Hutan wilayah Kayan Hulu, dihuni bermacam hewan seperti lintah, serangga serta hewan-hewan buas yang menjadi salah satu tantangan bagi para prajurit saat patroli patok. Begitu masuk hutan di Kayan Hulu, lintah serta serangga langsung menyambut prajurit.

“Akan tetapi itu bukan menjadi penghalang dalam pelaksanaan patroli patok satgas pamtas Yonarmed 5/Pancagiri Pos Long Nawang. Semua tugas dapat terselesaikan dengan baik, aman dan lancar,” pungkasnya. (Pendam III/Siliwangi).

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Danrem 083/Baladhika Jaya Silaturahmi ke Ponpes Manajer Tholabie

Portal Militer

Pasca Bencana Banjir, Korem 172 Kerja Bakti Bersihkan Kali Acai Jayapura

Portal Militer

Kodim 0309/Solok Gelar Latihan Teknis Teritorial Tahun 2023

Portal Militer

Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Di Kota Jambi Resmi Dibuka

Portal Militer

Pangdam Lantik 111 Bintara TNI AD di Rindam XVII/Cenderawasih

Portal Militer

Klasemen Sementara Liga Santri Piala Kasad 2022 di Provinsi Jambi

Portal Militer

Peduli Pendidikan Anak Bangsa, Satgas TMMD Berikan Materi Wasbang Kepada Siswa SD Talang Silungko

Portal Militer

Sebelum Tutup Pendidikan, Siswa Tamudi Angmor TA. 2024 Laksanakan Samapta Akhir