Dandim 0415/Jambi Bersama Forkopimda Kota Jambi Cek Stok Ketersediaan Beras Jelang Ramadhan Baznas Kota Jambi Ikut Andil Dalam Bedah Rumah Tidak Layak Huni Kodim 0415/Jambi 9 Atlet Taekwondo Kodam II/Swj Siap Gondol Medali Kapolri Gandeng Beragam Stakeholder, TNI AD Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Klarifikasi TNI AD Terkait Cuitan Hoax Video Iring-Iringan Ranpur TNI di Jalan Raya

Home / Nasional

Sabtu, 15 Januari 2022 - 11:42 WIB

Mendes PDTT Ajak BUM Desa Manfaatkan Digital Marketing

Sriwijayadaily

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, mengajak Badan Usaha Milik (BUM) Desa di seluruh Indonesia memanfaatkan pemasaran digital (digital marketing) untuk memasarkan berbagai produk mereka.

Pemasaran secara Digital dinilai akan memperluas jangkauan pemasaran serta kemudahan berinteraksi terkait informasi akan produk atau jasa yang di tawarkan.

“Terjadi perubahan perilaku akibat dampak COVID-19 kemudian adanya teknologi internet. Yang tadinya berbelanja konvensional sekarang jadi online. Hal itu mendorong kebiasaan baru masyarakat dalam berbelanja yang lebih praktis,” ujar Mendes PDTT dalam keteranganya di laman resmi kemendesa.go.id terkait kunjungan kerjanya ke  Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat pada Jumat (14/1/2022).

Baca :  Letjen (Purn) Doni Monardo Wafat, Ini Sepak Terjangnya Semasa Hidup

Menurut Mendes PDTT, praktik pemanfaatan pemasaran digital yang baik telah dilakukan oleh BUM Desa Sumber Kahuripan di Kecamatan Cisolok, Sukabumi untuk memasarkan produk-produknya, seperti olahan ikan hingga jasa pembayaran online.

Oleh karenanya Menteri Abdul Halim mengapresiasi terobosan pengelola BUM Desa tersebut dalam pemanfaatan media digital marketing dan mengajak BUM Desa lainnya melakukan hal serupa.

Baca :  Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey Terima Anugerah Pena Emas PWI

“Praktik pemasaran digital di BUM Desa Sumber Kahuripan ini patut di repilkasi oleh BUM Desa lainnya,” imbuh Mendes PDTT.

Lebih lanjut Mendes PDTT menjelaskan, selain melalui digital marketing, BUM Desa juga bisa memanfaatkan pemasaran produk melalui media sosial (medsos) yang kini menyediakan akun iklan.

BUM Desa, katanya, juga bisa bekerjasama dengan perusahaan platform perdagangan digital (e-commerce) yang sudah memiliki pasar besar dan dikenal luas oleh masyarakat.

“Tim Pemasar dari BUM Desa perlu masuk di dunia digital marketing dan membuat penawaran, promosi, pemberian informasi kepada calon konsumen melalui, iklan, email marketing, brosur online, dan banyak lagi. Atau bekerja sama dengan platform e-commerce Shopee misalnya,” kata Mendes PDTT.

Baca :  Hendry Ch Bangun Ajak Wartawan Jadi Saksi Peradaban Ikut Lomba Puisi Multi Media 2024

Dalam kunjungan tersebut, Mendes PDTT mencoba menggunakan jasa penyediaan layanan internet salah satu unit usaha milik BUM Desa Sumber Kahuripan.

Jasa penyedia layanan internet ini menurutnya akan memberikan banyak manfaat, terutama bagi masyarakat setempat.

“Termasuk anak-anak sekolah juga akan lebih mudah mengakses internet dengan harga yang lebih murah,” pungkas Mendes PDTT.

Share :

Baca Juga

Nasional

Genjot Capaian Vaksinasi Booster, Koramil Telanaipura Garap SKK Migas PetroChina

Nasional

Kasal: Tidak Ada Prajurit Bersalah yang Lolos dari Hukum

Nasional

Sambut Hari Menanam Pohon Indonesia 2021, Kaum Muda Tanam 3000 Bibit Pohon di Tanjab Barat

Daerah

BLT Minyak Goreng Rp300 Ribu Diberikan ke 20,5 Juta Keluarga dan 2,5 Juta PKL

Nasional

Investasi Jumbo, PLTA Kayan Cascade Bakal Jadi Warisan Jokowi untuk Energi Bersih

Nasional

Deklarasi Nasional Relawan Anies P-24 Berlangsung Meriah

Nasional

Technician Education Can Fuel Financial Success

Daerah

IPU ke-144 di Bali Akan Dihadiri 115 Negara