Sambut HUT Ke 77, Persit KCK Koorcab Rem 042 Gelar Ziarah Rombongan Di TMP Satria Bhakti Babinsa Koramil 03/MT Hadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP Pemilu 2024 Komsos di Bulan Puasa, Babinsa Jalin Silaturahmi Dengan Warga Ramadan Penuh Berkah, Korem 043/Gatam Bagikan Takjil Gratis Peduli Sesama Jelang Buka Puasa, Pomdam II/Sriwijaya Dan Jajarannya Bagikan Takjil Kepada Masyarakat

Home / Nasional

Sabtu, 15 Januari 2022 - 11:42 WIB

Mendes PDTT Ajak BUM Desa Manfaatkan Digital Marketing

Sriwijayadaily

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, mengajak Badan Usaha Milik (BUM) Desa di seluruh Indonesia memanfaatkan pemasaran digital (digital marketing) untuk memasarkan berbagai produk mereka.

Pemasaran secara Digital dinilai akan memperluas jangkauan pemasaran serta kemudahan berinteraksi terkait informasi akan produk atau jasa yang di tawarkan.

“Terjadi perubahan perilaku akibat dampak COVID-19 kemudian adanya teknologi internet. Yang tadinya berbelanja konvensional sekarang jadi online. Hal itu mendorong kebiasaan baru masyarakat dalam berbelanja yang lebih praktis,” ujar Mendes PDTT dalam keteranganya di laman resmi kemendesa.go.id terkait kunjungan kerjanya ke  Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat pada Jumat (14/1/2022).

Baca :  Catatan Akhir Tahun 2022, Pergerakan SMSI Untuk Pers Indonesia

Menurut Mendes PDTT, praktik pemanfaatan pemasaran digital yang baik telah dilakukan oleh BUM Desa Sumber Kahuripan di Kecamatan Cisolok, Sukabumi untuk memasarkan produk-produknya, seperti olahan ikan hingga jasa pembayaran online.

Oleh karenanya Menteri Abdul Halim mengapresiasi terobosan pengelola BUM Desa tersebut dalam pemanfaatan media digital marketing dan mengajak BUM Desa lainnya melakukan hal serupa.

Baca :  Menteri Komunikasi Malaysia : Hadapi Ancaman Global, Penting Interaksi Wartawan Malaysia-RI

“Praktik pemasaran digital di BUM Desa Sumber Kahuripan ini patut di repilkasi oleh BUM Desa lainnya,” imbuh Mendes PDTT.

Lebih lanjut Mendes PDTT menjelaskan, selain melalui digital marketing, BUM Desa juga bisa memanfaatkan pemasaran produk melalui media sosial (medsos) yang kini menyediakan akun iklan.

BUM Desa, katanya, juga bisa bekerjasama dengan perusahaan platform perdagangan digital (e-commerce) yang sudah memiliki pasar besar dan dikenal luas oleh masyarakat.

“Tim Pemasar dari BUM Desa perlu masuk di dunia digital marketing dan membuat penawaran, promosi, pemberian informasi kepada calon konsumen melalui, iklan, email marketing, brosur online, dan banyak lagi. Atau bekerja sama dengan platform e-commerce Shopee misalnya,” kata Mendes PDTT.

Baca :  HPN 2023 : Ekspedisi Geopark Kaldera Toba, Pers Turut Menjaga Warisan Dunia

Dalam kunjungan tersebut, Mendes PDTT mencoba menggunakan jasa penyediaan layanan internet salah satu unit usaha milik BUM Desa Sumber Kahuripan.

Jasa penyedia layanan internet ini menurutnya akan memberikan banyak manfaat, terutama bagi masyarakat setempat.

“Termasuk anak-anak sekolah juga akan lebih mudah mengakses internet dengan harga yang lebih murah,” pungkas Mendes PDTT.

Share :

Baca Juga

Nasional

Komitmen dan Dedikasi Bersama untuk Lindungi Anak-Anak dari Bahaya Korupsi

Nasional

Kemenlu RI Imbau Junta Myanmar Patuhi 5 Point’ Of Consensus

Nasional

Jubir Kemenkes Beberkan 6 Dugaan Penyebab Hepatitis Akut

Nasional

Harga CPO Diprediksi Masih akan Alami Tren Positif

Nasional

How to Attract African Special gems
Foto: Ayundra

Nasional

Bangkitkan Pariwisata Nasional, BNI Dukung Penuh GATF

Nasional

Sistem Kerja ASN Terbaru, PPKM Level 1 WFO 75%

Nasional

Prakerja Gelombang 23 Resmi Dibuka