Pabung Muaro Jambi Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Stabilkan Harga Sembako Jelang Ramadhan, Dandim 0416/Bute Bersama Forkopimda Buka Pasar Murah TNI Akan Bangun 22 Kodam Baru Dandim 0415/Jambi Bersama Forkopimda Kota Jambi Cek Stok Ketersediaan Beras Jelang Ramadhan Baznas Kota Jambi Ikut Andil Dalam Bedah Rumah Tidak Layak Huni Kodim 0415/Jambi

Home / Warta TNI

Sabtu, 18 Februari 2023 - 14:25 WIB

Menteri LHK Dukung Inovasi Pangdam III Siliwangi Atasi Sampah

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo di Manggala Wanabakti, Jakarta (16/2/2023)./ FOTO : Istimewa

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo di Manggala Wanabakti, Jakarta (16/2/2023)./ FOTO : Istimewa

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya melakukan pertemuan dengan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo di Manggala Wanabakti, Jakarta (16/2/2023).

Pada pertemuan ini, Menteri Siti berdiskusi dengan Pangdam Siliwangi dalam rangka dukungan implementasi program lingkungan dan kesejahteraan masyarakat melalui agenda ekonomi sirkuler pengelolaan sampah.

Pangdam Siliwangi dan tim kerjanya telah menghasilkan sistem pemanfaatan sampah menjadi briket untuk bahan bakar dengan penggunaan mesin hasil buatan masyarakat lokal.

Baca :  Hendry Ch Bangun Ajak Wartawan Jadi Saksi Peradaban Ikut Lomba Puisi Multi Media 2024

Menteri Siti secara seksama mengamati dan mendalami kekhususan teknologi hasil kreasi Kodam Siliwangi. Dirinya menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas inovasi yang bermanfaat tersebut.

Selanjutnya Menteri Siti memberikan arahan sebagai langkah lanjutan, agar inovasi tersebut dapat dimanfaatkan dalam agenda penanganan sampah dalam pola kerja lingkungan pemukiman di ibu kota kecamatan.

Menteri Siti menyampaikan, terhadap semua proses hulu-hilir atau fokus pada perlatan mesin yg digunakan bisa dilakukan pengurusan hak paten. Kemudian peralatan mesin tersebut merupakan teknologi tepat guna, bisa di scale up dan bisa dimasukan pada E-katalog untuk pengadaan barang dan jasa bagi publik.

Baca :  Kasal : Kenaikan Pangkat Perwira Tinggi Lahirkan Inovasi Wujudkan TNI AL yang Profesional

Lebih lanjut, inovasi Kodam Siliwangi dan tim akan diperkaya dalam workshop yang direncanakan pada bulan Maret 2023, termasuk inovasi-inovasi lain yang tengah berkembang di berbagai daerah.

Baca :  Tim Inspeksi COE Berikan Apresiasi Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car

Selain itu pengelolaan sampah, Menteri Siti dan Pangdam Siliwangi juga berdiskusi terkait progress penanganan sampah dan limbah di Citarum. Menteri Siti berharap, pengalaman di sungai Citarum dapat menjadi model penanganan pencemaran air sungai untuk seluruh Indonesia.

Dalam pertemuan ini turut hadir, Wakil Menteri LHK, Dirjen PSLB3, Direktur Penanganan Sampah, Kepala Biro Perencanaan, Kepala Biro Humas, Direktur Penegakkan Hukum Pidana, dan Tim Kodam III Siliwangi.

Share :

Baca Juga

Pendam II Sriwijaya

Tanamkan Cinta Tanah Air Melalui Profesi TNI AD Kepada Anak-anak Sejak Usia Dini

Warta TNI

Interaksi Humanis Satgas Yonif 143/TWEJ Jalan Sehat Bersama Siswa SD Di Perbatasan

Warta TNI

Satgas Yonif 143/TWEJ Tangani Warga Pendarahan Pasca Melahirkan Di Papua

Warta TNI

Cegah Pelanggaran, Kodim 0420/Sarko Gelar Apel Kendaraan Dinas Babinsa

Warta TNI

Kodam I/BB Gagas Kerja Sama Ketahanan Pangan Seluas 500 Ha di Simalungun

Puspen TNI

Komandan Batalyon Infanteri 5 Marinir Terima Tamtama Remaja

Warta TNI

Kasad Resmikan Museum Jayakarta Kodam Jaya

Warta TNI

Asops Panglima TNI Pimpin Pertemuan Ke-9 Ausindo JOESC tahun 2022 di Australia