Sambut Idul Adha, Babinsa Desa Baru Amankan Pawai Obor dan Takbir Keliling Komitmen Alumni AKABRI ’94 dalam Mengatasi Stunting di Kalimantan Barat Prajurit Satgas Yonif 125/SMB Terangi Jembatan dan Dermaga di Kampung Yagatsu, Papua Prajurit TNI Rebut Distrik Bibida dari OPM dengan Tindakan Profesional dan Kemanusiaan TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan Ribuan Baby Lobster di Cilacap

Home / Daerah

Minggu, 26 Maret 2023 - 20:15 WIB

Meriahnya Tradisi Arakan Sahur di Kuala Tungkal

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Setiap daerah di Indonesia punya tradisi berbeda untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Di Tanjung Jabung Barat, Jambi, ada tradisi arakan sahur sebulan penuh.

Masyarakat Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi punya cara tersendiri dalam memeriahkan bulan suci Ramadhan 2023.

Mereka menggelar kegiatan yang dinamakan arakan sahur sebulan penuh selama bulan puasa. Arakan sahur itu digelar sebagai tradisi turun temurun yang digelar saat awal menyambut bulan puasa hingga akhir puasa nanti.

Tradisi arakan sahur itu menjadi sebuah tradisi yang cukup unik karena mereka yang ikut dalam kegiatan tersebut harus berkeliling sepanjang jalan Kuatungkal yang telah ditentukan. Mereka juga harus memainkan alat musik yang mereka pertunjukan kepada masyarakat di sana sebagai bentuk cara mereka dalam membangunkan warga untuk melaksanakan sahur.

Arakan sahur itupun kini menjadi sebuah tradisi menyambut Ramadhan.

Tradisi arakan sahur ini juga menjadi sebuah pertunjukan yang banyak dinanti-nanti masyarakat untuk menyaksikan tradisi arakan sahur itu.

Baca :  Amankan Kunker Presiden RI, 183 Personel Kodim 0415/Jambi Diberangkatkan ke Wilayah Kabupaten Bungo dan Tebo

Peserta yang memainkan arakan sahur ini rata-rata masih merupakan anak-anak juga remaja. Tradisi arakan sahur ini menjadi sebuah pertunjukan yang banyak dinanti-nanti baik dari masyarakat Kualatungkal sendiri serta masyarakat Jambi lainnya yang mengetahui adanya tradisi arakan sahur ini setiap datangnya bulan puasa.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Tanjabbar Hermansyah  mengatakan, pada tahun ini festival arakan sahur tahun 2023 diikuti 13 Grup yang terdiri dari utusan Remaja Masjid, Sanggar dan Kelompok Masyarakat.

“Tahun ini 13 grub dan memang meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 10 grub,” jelasnya.

Hermansyah melanjutkan, Festival Arakan sahur digelar bertujuan mewujudkan kegiatan kepariwisataan yang berkualitas menarik wisatawan berkunjung. Dengan begitu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pada tahun ini, pemkab menyiapkan hadiah lebih besar dari tahun sebelumnya yaitu dengan total Rp. 88 juta.

“Total hadiah Rp. 88 juta, meningkat dari tahun sebelumnya sebenar Rp. 48 juta. Dengan rincian juara I Rp. 25 Juta, Juara II Rp. 20 Juta, Juara III Rp. 15 Juta, Harapan I Rp. 10 Juta, Harapan II Rp. 8 Juta, Harapan III Rp. 6 Juta, Favorit Rp4 Juta,” tutupnya.

Baca :  Ramadhan Peduli, Keluarga Besar Senkom Mitra Polri Kota Jambi Berbagi Takjil Berbuka Puasa

Tradisi Arakan Sahur di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi yang dilaksanakan setiap Bulan Ramadhan ini juga mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jambi Al Haris, yang kebetulan hadir melepas peserta Festival, Sabtu (24/3/23) Malam.

Gubernur Jambi Al Haris yang berkesempatan hadir saat pembukaan festival arakan sahur, sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, masih melestarikan tradisi Festival Arakan Sahur di Kuala Tungkal ini.

“Alhamdulillah semangat anak muda luar biasa. Baik dari Remaja masjid, Sanggar maupun masyarakat umum yang ada di Kuala Tungkal yang mengikuti Festival,” ungkapnya.

Gubernur mengaku bangga atas semangat yang ditunjukkan Anak-Anak Muda di Tanjung Jabung Barat yang melakukan kegiatan positif selama Bulan Ramadhan.

Baca :  Profil Budi Setiawan, Anak Kolong, Meniti Karir Merangkak dari Bawah

“Terima kasih kepada Pemkab Tanjab Barat yang terus menggelar acara ini. Mudah-mudahan Anak-Anak Muda kita Cinta Masjid, Cinta Ramadhan dan Cinta Budaya,” tutup Al Haris.

Hal senada juga dikatakan Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat yang turut memberikan apresiasi Festival Arakan Sahur Tahun ini. Dimana menurut Bupati, kegiatan Arakan Sahur Tahun 2023 ini sangat Impresif.

“Arakan sahur tahun ini sangat Impresif dengan tampilan koreografi dan kreasi anak-anak muda kita yang luar biasa,” ungkapnya.

Dengan tumbuh kembang kreasi potensi-potensi Remaja Masjid bisa dimanfaatkan kedepan. Dan diharapkan Anak-Anak mudalah yang meneruskan kreasi Arakan Sahur ini menjadi Budaya dan kekayaan Lokal.

“Mudah-mudahan dengan apresiasi Pak Gubernur Even Arakan Sahur ini menjadi Even Provinsi dan bisa dijual dikenalkan dalam skala Nasional. Terima kasih atas kehadiran Pak Gubernur, Pak Bupati Tanjab Timur dalam arakan sahur di Tanjung Jabung Barat,” ucapnya.(**)

Share :

Baca Juga

Daerah

Hunian Hotel di Bali Meningkat Jelang Akhir Tahun

Daerah

Apresiasi Atas Berbagai Pemberitaan Lapuanja, Redaksi jambidaily.com Terima Piagam Penghargaan

Daerah

Mayor Purn Zulkarnaini Resmi Dikukuhkan Sebagai Ketua DPC Pepabri Tebo Periode 2024-2029

Daerah

Launching Logo dan Maskot Porprov Jambi 2023, Budi Setiawan : Mohon Do’a dan Dukungan Agar Pelaksanaannya Lancar

Daerah

TNI AL Limpahkan Perkara Penyelundupan Satwa Langka ke Kejari

Daerah

Peresmian Tol Pekanbaru – Bangkinang Ditunda, Ini Penjelasannya

Daerah

Budi Setiawan Ajak KB Aritonang Ompusunggu Kota Jambi Menjaga Hubungan Kekeluargaan yang Harmonis

Daerah

Hamdan Zoelva Lantik Pengurus Syarikat Islam Jambi