Lepas Sertijab, Pangdam II/Swj Silaturahmi ke PJ Gubernur dan Kapolda Sumsel Jadi Pendaftar Pertama ke PKB, Budi Setiawan Harap PKB Bisa Koalisi dengan Golkar PJ. Gubernur Sumsel Apresiasi Kinerja Kodam II/Swj Telah Mensukseskan Program Pemerintah dengan Kerja Cepat dan Cerdas Agar Dikenang dan Dicintai Anggota, Mayjen TNI Yanuar Adil: Selalu Berusaha Terbaik Terima Kunjungan Kehormatan Danjen USARPAC, Kasad Sepakat Perkuat Kerja Sama

Home / Olahraga

Jumat, 12 November 2021 - 09:55 WIB

Naik Sembilan Kali Lipat, Kontingan Jambi Optimis Raih 9 Emas di Peparnas Papua

SRIWIJAYADAILY

Kontingen Provinsi Jambi optimistis bisa meraih sembilan emas di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua di Kota dan Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Ketua Komite Nasional Paralimpik atau National Paralympic Committee (NPC) Jambi, Bungaran Abraham Tambun, mengatakan angka ini meningkat dari awal target saat kedatangan sebanyak delapan emas, bahkan meroket sembilan kali lipat dari pencapaian perolehan emas pada Peparnas sebelumnya yang hanya meraih satu emas.

Sampai hari ini medali emas saaudah ada tujuh dari berbagai cabang olahraga (cabor). Mungkin bisa tambah lagi dari cabor renang dan lari (atletik),” ujar Ketua NPC Jambi di Hotel Suni, Kota Abepura, Papua pada Jumat (12/11/2021), dilansir dari laman info publik.

Baca :  Buka Bersama Dengan Pengurus Cabor, Budi Setiawan : Kita Akan Buktikan di PON Sumut - Aceh, Atlet Jambi Berprestasi Membawa Medali

Lebih lanjut Ketua NPC Jambi menjelaskan, pencapaian target ini tak lepas dari perisiapan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan NPC Jambi beberapa bulan sebelumnya.

Persiapan tersebut berupa Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) yang sekaligus menjadi ajang seleksi mengikuti pemusatan latihan di pelatihan daerah (Pelatda) selama tiga bulan.

“Peparprov dilaksanakan Juli 2021 lalu dan ada waktu satu bulan lebih untuk menggodok hasil Peparprov ini untuk dijadikan tim. Nah Agustus 2021 awal kami sudah menggelar Pelatda tiga bulan sebelum ke sini,” ungkap dia.

Baca :  Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda Sukses Melenggang ke Babak Perempat Final Setelah Mengalahkan Yordania Dengan Skor 4-1

Dalam Pelatda, kata dia, tim Jambi menggunakan metode pengukuran latihan dan catatan waktu yang dicapai di Peparnas Jawa Barat untuk menilai kesiapan para atlet yang akan berlaga di Peparnas XVI Papua.

Sedangkan untuk pelatih, NPC Jambi menggandeng induk cabang olahraga, seperti Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI), Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan lainya.

“Karena sadar kemampuan teknis kita terbatas, kami serahkan kepada yang ahli,” imbuh dia.

Selain persiapan fisik, Ketua NPC Jambi mengakui dukungan pemerintah daerah pada beberapa tahun belakangan juga menjadi salah satu penopang keberhasilan raihan medali di Peparnas XVI Papua.

Baca :  Wujudkan Provinsi Jambi yang Berprestasi, Budi Setiawan Ajak Seluruh Pengurus KONI Selalu Jaga Kekompakan

Menurutnya, pada gelaran olahraga empat tahunan ini, Pemprov Jambi memberikan dukungan yang lebih serius untuk kontingen Peparnas mereka, khususnya berupa dana dan fasilitas pelatihan.

“Dukungan pemerintah tahun ini dapat supporting dana yang lebih dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemprov Jambi. Jadi waktu KSP (Kantor Staf Presiden) minta list provinsi yang perlu dapat dukungan dana, Kami tidak menawarkan diri karena dari 2020 sudah cukup dengan anggaran yang ada, bahkan dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) perubahan kami ditambah lagi,” tutur dia.

Share :

Baca Juga

Olahraga

Lomba Agustusan Warga Korem 042/Gapu Bukan Sekedar Adu Fisik

Olahraga

Turnamen Futsal Piala Danrem Antar Santri, Resmi Berakhir

Olahraga

Pangdam XVII/Cenderawasih Buka Turnamen Bola Voli Dalam Rangka Hari Juang Kartika TNI-AD Tahun 2022

Olahraga

Budi Setiawan Ajak Masyarakat Sukseskan Porprov Jambi 2023

Olahraga

Melalui Kejuaraan KKI Open SUMATERA Championship I 2023 Piala Pangdam II/Swj Diharapkan Menjadi Duta Olahraga Bagi Provinsi Jambi

Olahraga

Thailand Juara Piala AFF 2022 Usai Bantai Vietnam

Nasional

Pasangan Baru Ganda Putri Apriyani/Fadia Ukir Emas SEA Games Vietnam

Olahraga

Ketua KONI Budi Setiawan Berangkatkan Kontingen Bulutangkis Ikuti Pra PON Di Bandung