Jenazah Danramil Oktavianus Sogalrey Korban Penembakan Gerombolan OPM Dimakamkan Secara Militer Danyon Armed 15/Cailendra Pimpin Upacara Tradisi Pelepasan Anggota Pindah Satuan Dan Sertijab Danrai Budi Setiawan, Anak Pensiunan TNI Menapaki Perjalanan Hidup Menuju Kota Jambi BerBUDI Keluarga Besar Yonif 142/KJ Rayakan Hari Raya Idul Fitri Dan Halal Bihalal Korem 081/DSJ Terjunkan Ratusan Personel Amankan Arus Balik Lebaran

Home / Warta TNI

Selasa, 16 November 2021 - 13:36 WIB

Pangdam II/Sriwijaya Hadiri Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Provinsi Sumsel Tahun 2021

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, menghadiri Apel Kesiapsiagaan Personel dan Perlengkapan Penanggulangan Bencana Alam bertempat di Lapangan Tembak Jakabaring, Kota Palembang, Selasa (16/11/2021). FOTO : PENDAM II/SWJ

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, menghadiri Apel Kesiapsiagaan Personel dan Perlengkapan Penanggulangan Bencana Alam bertempat di Lapangan Tembak Jakabaring, Kota Palembang, Selasa (16/11/2021). FOTO : PENDAM II/SWJ

SRIWIJAYADAILY

Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, menghadiri Apel Kesiapsiagaan Personel dan Perlengkapan Penanggulangan Bencana Alam yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa (16/11/2021) bertempat di Lapangan Tembak Jakabaring, Kota Palembang.

Selain Pangdam II/Swj, Apel Kesiapsiagaan yang dipimpin oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru tersebut juga dihadiri oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, Ketua DPRD Sumsel, Kajati Sumsel, Kepala Pengadilan Tinggi Sumsel, Kasrem 044/Gapo dan Aster Kasdam II/Swj.

Dalam keterangan tertulis Pendam II/Swj dijelaskan bahwa sekitar 850 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP, BNPB, BPBD, Damkar Sumsel, Linmas, Dishub, PPM, PP, Pramuka dan Menwa, serta pihak terkait lainnya disiagakan untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam tersebut di wilayah Sumsel.

Baca :  Danrem 042/Gapu Pimpin Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Kunker Presiden RI di Wilayah Jambi

Tujuan apel kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan bencana alam tersebut adalah untuk meningkatkan kewaspadaan, kemampuan personel dan peralatan dalam penanggulangan bencana di Sumsel serta mengoptimalkan peran fungsi tugas dan tanggung jawab masing-masing dinas instansi terkait dalam penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor.

Selaku pimpinan apel, Gubernur Sumsel H. Herman Deru menjelaskan bahwa, kondisi geografis Provinsi Sumsel memiliki potensi bencana tanah longsor dan banjir, semua peristiwa alam ini memiliki dampak yang dapat merusak sarana dan prasarana serta dapat menimbulkan korban jiwa.

Baca :  Amankan Kunker Presiden RI, 183 Personel Kodim 0415/Jambi Diberangkatkan ke Wilayah Kabupaten Bungo dan Tebo

Selain itu, curah hujan yang tinggi dapat berpengaruh terhadap bencana alam yang mana sekarang lagi musim penghujan dan berpengaruh terhadap banjir dan tanah longsor. “Sebagai salah satu pencegahannya, kita mengadakan upacara kesiapsiagaan ini dengan harapan selalu siap saat diperlukan dan peralatan dalam keadaan selalu siap dan baik”, kata Gubernur Deru.

Sementara itu, Pangdam II/Swj Agus Suhardi mengatakan bahwa, dalam mengatasi permasalahan yang diakibatkan oleh bencana, perlu dukungan dan partisipasi semua pihak terkait dan bukan hanya tanggung jawab Pemda.

Baca :  5 Pejabat Kodam Cenderawasih Resmi Berganti, Salah Satunya Kapendam

Pangdam juga menegaskan, bahwa Kodam II/Sriwijaya siap membantu pemerintah daerah, baik provinsi maupun Kabupaten/Kota di Sumsel dalam mencegah dan menanggulangi bencana alam yang mungkin terjadi. “Kami dari TNI siap membantu segala keperluan yang dibutuhkan seperti, dapur lapangan dan sebagainya dan lebih baik kita menyiapkan segala sesuatunya, dari pada terjadi tetapi tidak ada persiapan”, kata Pangdam.

Usai apel kesiapsiagaan personel dan perlengkapan penanggulangan bencana, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan alat peralatan SAR BNPB seperti perahu karet LCR dan alat prasarana penanggulangan antisipasi bencana lainnya yang sudah tergelar.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Babinsa Pelda Hadi Hadiri Perkenalan Lurah Ulu Gedong

Warta TNI

Kasad Napak Tilas Kerajaan Galuh dan Berikan Bantuan Sosial

Warta TNI

Satgas TMMD Kodim Lubuk Linggau Wujudkan Rumah Yang Layak Huni

Warta TNI

Asops Kasad Cek Kesiapan Satgas Yonif Raider 200/BN

Olahraga

Korem 042/Gapu Juara Umum 3 Pada Kejuaraan KKI Open Sumatera Championship I 2023

Warta TNI

Permudah Akses Ibadah, Satgas Yonif R 142/KJ Bersama Jemaat Gereja Gelar Karya Bakti

Warta TNI

Jelang Nataru, Dandim 0415/Jambi bersama Forkopimda Pantau Harga Sembako Di Pasar Angso Duo

Warta TNI

Pangdam I/BB Sampaikan Visi-Misi dan Pokok-Pokok Kebijakan serta Strategi TA 2023 kepada Seluruh Dansat