DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI Jum’at Bersih, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Bersama Warga Gotong Royong Tempat Ibadah Dandim 0419 Tanjab Bekali Menwa Sultan Thaha Tentang Kepemimpinan Dandim 0416/Bute Serahkan Bantuan Semen dan Al-Quran Ke Ponpes Daarul Hafidz Al- Manshuriyah SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Home / Gema TNI

Selasa, 16 November 2021 - 13:36 WIB

Pangdam II/Sriwijaya Hadiri Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Provinsi Sumsel Tahun 2021

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, menghadiri Apel Kesiapsiagaan Personel dan Perlengkapan Penanggulangan Bencana Alam bertempat di Lapangan Tembak Jakabaring, Kota Palembang, Selasa (16/11/2021). FOTO : PENDAM II/SWJ

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, menghadiri Apel Kesiapsiagaan Personel dan Perlengkapan Penanggulangan Bencana Alam bertempat di Lapangan Tembak Jakabaring, Kota Palembang, Selasa (16/11/2021). FOTO : PENDAM II/SWJ

SRIWIJAYADAILY

Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, menghadiri Apel Kesiapsiagaan Personel dan Perlengkapan Penanggulangan Bencana Alam yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa (16/11/2021) bertempat di Lapangan Tembak Jakabaring, Kota Palembang.

Selain Pangdam II/Swj, Apel Kesiapsiagaan yang dipimpin oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru tersebut juga dihadiri oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, Ketua DPRD Sumsel, Kajati Sumsel, Kepala Pengadilan Tinggi Sumsel, Kasrem 044/Gapo dan Aster Kasdam II/Swj.

Dalam keterangan tertulis Pendam II/Swj dijelaskan bahwa sekitar 850 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP, BNPB, BPBD, Damkar Sumsel, Linmas, Dishub, PPM, PP, Pramuka dan Menwa, serta pihak terkait lainnya disiagakan untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana alam tersebut di wilayah Sumsel.

Baca :  Danrem 042/Gapu Bersama Kapolda Jambi Panen Cabai Bareng Unsur Forkompinda Tebo

Tujuan apel kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan bencana alam tersebut adalah untuk meningkatkan kewaspadaan, kemampuan personel dan peralatan dalam penanggulangan bencana di Sumsel serta mengoptimalkan peran fungsi tugas dan tanggung jawab masing-masing dinas instansi terkait dalam penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor.

Selaku pimpinan apel, Gubernur Sumsel H. Herman Deru menjelaskan bahwa, kondisi geografis Provinsi Sumsel memiliki potensi bencana tanah longsor dan banjir, semua peristiwa alam ini memiliki dampak yang dapat merusak sarana dan prasarana serta dapat menimbulkan korban jiwa.

Baca :  Kasad Dampingi Menko Marves Tinjau Program Ketahanan Pangan di Sukabumi

Selain itu, curah hujan yang tinggi dapat berpengaruh terhadap bencana alam yang mana sekarang lagi musim penghujan dan berpengaruh terhadap banjir dan tanah longsor. “Sebagai salah satu pencegahannya, kita mengadakan upacara kesiapsiagaan ini dengan harapan selalu siap saat diperlukan dan peralatan dalam keadaan selalu siap dan baik”, kata Gubernur Deru.

Sementara itu, Pangdam II/Swj Agus Suhardi mengatakan bahwa, dalam mengatasi permasalahan yang diakibatkan oleh bencana, perlu dukungan dan partisipasi semua pihak terkait dan bukan hanya tanggung jawab Pemda.

Baca :  Jaga Wilayah Tetap Kondusif, Babinsa Koramil Rantaupandan Melaksanakan Patroli Keamanan

Pangdam juga menegaskan, bahwa Kodam II/Sriwijaya siap membantu pemerintah daerah, baik provinsi maupun Kabupaten/Kota di Sumsel dalam mencegah dan menanggulangi bencana alam yang mungkin terjadi. “Kami dari TNI siap membantu segala keperluan yang dibutuhkan seperti, dapur lapangan dan sebagainya dan lebih baik kita menyiapkan segala sesuatunya, dari pada terjadi tetapi tidak ada persiapan”, kata Pangdam.

Usai apel kesiapsiagaan personel dan perlengkapan penanggulangan bencana, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan alat peralatan SAR BNPB seperti perahu karet LCR dan alat prasarana penanggulangan antisipasi bencana lainnya yang sudah tergelar.

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Kasad Menutup Pendidikan Seskoad Angkatan LXI

Gema TNI

Kompak !! Babinsa Kodim 1707/Mrk Dan Warga Semarakkan Hut Ke-77 RI

Gema TNI

Meriahkan Hari Kemerdekaan RI, Kodim 0415/Jambi Gelar Lomba Panco

Gema TNI

TNI AL Kembali Berduka, 1 Prajurit Gugur di Kalikote Papua

Gema TNI

Danrem 042/Gapu Pimpin Apel Gelar Pasukan Satgas Pam VVIP Kunker Presiden RI Ke Wilayah Jambi  

Gema TNI

“Setetes Darah Untuk Kemanusiaan”, Satgas TNI 126/KC Adakan Donor Darah Di Perbatasan RI-PNG

Gema TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Beri Pengarahan Prajurit Dan Persit Di Makoyonif RK 753/AVT

Gema TNI

Warga dan TNI Bangun Sarana MCK dan Tempat Wudhu Mushola Di Lokasi TMMD