Lepas Sertijab, Pangdam II/Swj Silaturahmi ke PJ Gubernur dan Kapolda Sumsel Jadi Pendaftar Pertama ke PKB, Budi Setiawan Harap PKB Bisa Koalisi dengan Golkar PJ. Gubernur Sumsel Apresiasi Kinerja Kodam II/Swj Telah Mensukseskan Program Pemerintah dengan Kerja Cepat dan Cerdas Agar Dikenang dan Dicintai Anggota, Mayjen TNI Yanuar Adil: Selalu Berusaha Terbaik Terima Kunjungan Kehormatan Danjen USARPAC, Kasad Sepakat Perkuat Kerja Sama

Home / Warta TNI

Senin, 13 Maret 2023 - 20:38 WIB

Pangkoopsud I Buka Latihan Survival Tempur “Madhi Yudha” TA. 2023

SRIWIJAYADAILY.CO.ID. Pangkoopsud I Marsekal Muda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc. yang bertindak selaku Irup, secara resmi membuka Latihan Survival Tempur “Madhi Yudha” Tahun Anggaran 2023 pada upacara pembukaan yang berlangsung di Lapangan Upacara Makoopsud I, Senin (13-03-2023).

Latihan Survival Tempur “Madhi Yudha” TA 2023 akan berlangsung selama 3 hari, dimulai hari ini tanggal 13 hingga 15 Maret 2023 di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Peserta Latihan berjumlah 64 orang didukung 120 orang tim pendukung, dari Koopsud I, juga didukung satuan di bawah Koopsud I yaitu dari Skadron Udara dan Wing di jajaran Lanud Halim Perdanakusuma, Lanud Suryadarma Kopasgat, Skadud 1, Skadud 6, Skadud 7, Skadud 8, Skadud 12, Skadud 31, Skadud 45 da Skadud 52 dengan melibatkan unsur satuan di jajaran Koopsud I yaitu penerbang dan crew Helikopter NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, Bogor.

Baca :  Pastikan Pekerjaan Berjalan Lancar, Dansatgas Kizi TNI Konga Cek Langsung Progress Pembuatan Drainase

Dalam sambutannya. Pangkoopsud I menjelaskan bahwa Latihan Survival Tempur Madhi Yudha bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan mekanisme kegiatan Latihan Survival Tempur, secara tepat dan berhasil dalam rangka menghadapi segala kemungkinan kondisi darurat yang diperkirakan akan terjadi oleh pesawat dan crewnya.

Lebih lanjut Pangkoopsud I mengatakan Latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental awak pesawat di jajaran Koopsud I, guna terwujudnya kesiapsiagaan operasional awak pesawat dalam menjamin keberhasilan tugas Koopsud I.

Baca :  38 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Wakasad sampai Danjen Kopassus Berganti

“Oleh karena itu, Latihan Survival Tempur kali ini harus dibuat seoptimal mungkin, agar dapat memberikan bekal kepada pelaku, guna meningkatkan taktik dan teknik penyelamatan diri, serta kemampuan bertahan hidup di wilayah operasi yang memiliki tingkat kerawanan dan bahaya yang besar,” tambah Panglima.

Dalam latihan ini peserta akan melaksanakan empat tahapan latihan yaitu tahap survival atau tahap survive, tahap evasion yaitu tahap untuk menghindari pengamatan/penangkapan musuh, tahap daya tahan tubuh dalam kondisi darurat atau tahap resistance dan tahap meloloskan diri dari daerah musuh atau disebut escape. “Empat tahapan dikenal dengan istilah SERE yaitu survive, evasion, resistance dan escape” jelas Alumni AAU ‘93 ini saat membuka latihan tempur Mandhi Yudha.

Baca :  Agar Dikenang dan Dicintai Anggota, Mayjen TNI Yanuar Adil: Selalu Berusaha Terbaik

Upacara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda latihan kepada perwakilan Kolat (Komando Latihan) dan Pelaku, dihadiri oleh Kaskoopsud I, Irkoopsud I, Danlanud Atang Sendjaja, para Asisten dan Pejabat Makoopsud I, serta para pelaku Latihan.

“Selamat berlatih dan tunjukkan yang terbaik” tegas Pangkoopsud I kepada para peserta latihan. **

 

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Bersama Pj. Gubernur dan Ketua DPRD Sumsel Tinjau Program Dapur Masuk Sekolah

Warta TNI

Kasal Tinjau Pusat Artileri Senjata Angkatan Laut

Warta TNI

Sambangi Peternak Sapi, Babinsa Ingatkan Agar Kandang Tetap Bersih

Warta TNI

Babinsa Jenguk Anak Asuh Stunting di Wilayah Binaan

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Bacakan Amanat Kasad Pada Upacara 17-an

Warta TNI

Dandim 0415/Jambi Hadiri Rakor Lintas Sektoral Jelang Idul Fitri 1444 H

Warta TNI

Kades Talang Selungko Berharap Masyarakat Ikut Berperan Mensukseskan TMMD Kodim 0416/Bute

Warta TNI

Berbagi Berkah Ramadan, Koramil 08/Danau Teluk Bagikan Takjil Gratis