Jelang HUT TNI, Tiga Pimpinan TNI Di Lampung Gelar Ziarah Dan Tabur Bunga Di TMP Satgas TMMD 118 Kodim 0419/Tanjab Bersama Masyarakat Bahu-Membahu Bangun Tempat Wudhu Gladi Bersih HUT TNI Ke-78, Memukau Para Pengunjung Monas Menyambut HUT Ke-78 TNI, Panglima TNI Reuni Dengan Para Sesepuh TNI Jelang Peringatan HUT KE-78 TNI, Pangdam II/Sriwijaya Pimpin Upacara Ziarah Nasional

Home / Warta TNI

Selasa, 2 November 2021 - 06:42 WIB

Panglima TNI : GKP Wujudkan Semangat Dharma Pertiwi Perkenalkan dan Lestarikan Seni Budaya Nusantara

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., membuka acara Gebyar Karya Pertiwi tahun 2021 bertempat di Museum Satria Mandala, Pusjarah TNI, Jakarta Selatan, Senin (1/11/2021). FOTO : PUSPEN TNI

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., membuka acara Gebyar Karya Pertiwi tahun 2021 bertempat di Museum Satria Mandala, Pusjarah TNI, Jakarta Selatan, Senin (1/11/2021). FOTO : PUSPEN TNI

SRIWIJAYADAILY

Gebyar Karya Pertiwi (GKP) merupakan perwujudan semangat Dharma Pertiwi untuk tetap berkarya memperkenalkan dan melestarikan keanekaragaman seni dan budaya nusantara.

Demikian amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P yang dibacakan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., membuka acara Gebyar Karya Pertiwi tahun 2021 bertempat di Museum Satria Mandala, Pusjarah TNI, Jalan Gatot Soebroto 14, Jakarta Selatan, Senin (1/11/2021).

“Tujuan diselenggarakan acara ini agar terus menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air, khususnya bagi generasi muda, yang selaras dengan nilai-nilai luhur bangsa dan negara Indonesia,” harapnya.

Lebih lanjut panglima mengatakan, di tengah berbagai dampak yang diakibatkan dari kondisi pandemi, Pemerintah telah mencanangkan program untuk membangkitkan perekonomian masyarakat. Salah satu upayanya adalah dengan mengembangkan kreatifitas serta produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca :  Bagikan Baju Layak Pakai, Bentuk Kasih Satgas Yonif 125/SMB Di Papua

Di sisi lain Panglima TNI mengatakan bahwa museum Dharma Pertiwi, tidak hanya memberikan penghormatan terhadap pengabdian Dharma Pertiwi, tetapi juga melestarikan nilai-nilai perjuangan dan pengorbanannya serta menjadi wahana edukasi, rekreasi dan inspirasi bagi masyarakat luas pada umumnya dan keluarga besar TNI khususnya.

“Saya berharap, museum ini selanjutnya dikelola dengan profesional, tidak hanya sekedar meletakkan berbagai barang di dalam lemari kaca, Pengelolaan yang baik akan menumbuhkan rasa ingin tahu, ketertarikan untuk berkunjung, serta keinginan untuk mengetahui dan mempelajari lebih mendalam, sehingga tujuan dari museum dapat tercapai,” pungkasnya.

Baca :  Bentuk Perhatian Pimpinan,┬áDandim 0419/Tanjab Berikan Penghargaan Kepada Prajurit Berprestasi

Dalam kesempatan tersebut Kasal juga meninjau dan meresmikan museum dan perpustakaan Dharma Pertiwi bertempat di komplek Museum Satria Mandala Pusjarah TNI.

Gebyar Karya Pertiwi pada tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 5 November 2021 dengan mengangkat Tema “Dharma Pertiwi Berkarya Untuk Indonesia Bangkit” juga diikuti oleh jajaran pengurus pusat dan daerah serta istri-istri atase pertahanan yang bertugas diseluruh dunia secara virtual.

Acara Gebyar Karya Pertiwi Tahun 2021 dilaksanakan juga kegiatan Fashion Show dari tiap-tiap unsur Dharma Pertiwi, mulai dari Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, PIA Ardhya Garini dan IKKT Pragati Wira Anggini.

Baca :  Dandim Jambi Ingatkan Anggotanya Faktor Keamanan Dalam Penanganan Karhutla

Turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ny. Bintang Puspayoga, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E, M.P.P., Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, Ketum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hetty Andika Perkasa, Ketum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, Ketum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo, dan Ny Endang Budi Karya dari pengurus Pusat Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) serta Ketua umum Dharma Pertiwi dari masa ke masa.

(Puspen TNI)

Share :

Baca Juga

Kodim 0415 Jambi

Babinsa Wijayapura Lakukan Jumat Bersih Bersama Pelajar SMA Tri Sukses Jambi

Warta TNI

Jaga Batas NKRI Tetap Aman, Babinsa Boven Digoel Bersinergi Dengan Satgas TNI 410/Alugoro Lakukan Patroli Patok

Warta TNI

Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir dan Bagikan Bantuan Sembako

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Gelar Tournament Friendly Golf

Warta TNI

Kasipers Kasrem 042/Gapu Tegaskan Untuk Jadi Tentara Tidak Dipungut Biaya

Warta TNI

Permudah Akses Menuju Sawah, Satgas Pamtas Yonif 123 Bangun Jembatan Untuk Masyarakat

Warta TNI

Keakraban Danramil Telanaipura Saat Didatangi Awak Media Berhalal Bihalal

Warta TNI

Kodim 0419/Tanjab Lakukan Pengecekan Surat dan Kendaraan Dinas