Babinsa Kodim 0415/Jambi Jalin Silaturahmi dengan Warga Binaan Melalui Komsos Dandim 0416/Bute Ingatkan Bahaya Judi Online dan Lakukan Pemeriksaan Handphone Upacara Peringatan 17an Kodim 0416/Bute, Dandim Sampaikan Amanat Pangdam II/Swj Cegah Polio, Satgas Yonif 753/AVT Berikan Imunisasi Gratis di Puncak Jaya Prajurit Satgas Mobile Yonif 323 Buaya Putih Dukung Peningkatan Ekonomi Lokal di Puncak Papua

Home / Portal Militer

Sabtu, 25 Maret 2023 - 17:54 WIB

Panglima TNI Lepas Keberangkatan 850 Prajurit Satgas Operasi Pengamanan Papua

SRIWIJAYADAILY. CO.ID – Saya ingin melihat dan mengecek langsung kesiapan kalian sekaligus memberikan arahan sebagai bekal dalam penugasan.

Secara de Jure dan de Facto, Papua merupakan bagian yang tak terpisahkan dari NKRI. Hal itu disampaikan oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., saat melepas 850 Prajurit Satgas Operasi Pengamanan Papua di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/3/2023).

Satgas yang diberangkatkan terdiri dari 450 Prajurit dari Yonif R 200/BN pimpinan Letkol Inf R. Siregar dan 400 Prajurit dari Yonif 133/YS pimpinan Letkol Inf Andika Ganesakti. Mereka diberangkatkan menggunakan KRI Banda Aceh 593.

Baca :  Aksi Heroik Babinsa Selamatkan Warga Hanyut Di Sungai Lengkukam Desa Sidomulyo

Di hadapan prajurit, Panglima TNI mengatakan yakin dengan kesiapan prajurit dalam mengemban misi mulia dalam menjaga keamanan di wilayah Papua dan Papua Barat. “Secara umum kondisi di Papua dan Papua Barat relatif kondusif, namun di beberapa tempat masih ditemui gangguan keamanan dari kelompok separatis Teroris Papua,” ujarnya.

Panglima TNI berpesan kepada prajurit untuk dapat membangun komunikasi dan menjaga kedekatan dengan seluruh komponen masyarakat. “Prajurit yang bertugas harus mampu membangun komunikasi positif dengan para tokoh di Papua untuk mencari solusi terbaik dari setiap permasalahan yang ada” himbau Panglima TNI.

Baca :  Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB Periksa Keluar Masuk Barang Ilegal Di Perbatasan

“Saya sangat yakin dan percaya kalian semua mampu menjawab kepercayaan dan amanah besar ini dengan baik” ujar Laksamana TNI Yudo Margono.

Dalam menjawab pertanyaan wartawan, Panglima TNI mengatakan sengaja hadir untuk memberikan semangat dan mengecek kesiapan serta kelengkapan secara langsung. Prajurit ini bertugas selama 1 tahun kedepan. “Mereka menggantikan Prajurit yang telah bertugas satu tahun sebelumnya” ujanya.

Baca :  Prajurit Kodam II/Swj Rebut 2 Perak dan 1 Perunggu Kejurnas Taekwondo Piala Pangkostrad 2024

Adapun kelengkapan satgas yang dicek Panglima TNI diantaranya Kaporlap yang diterimakan kepada personel harus sesuai standar operasi TNI seperti Sepatu PDL, Baju Loreng, alat navigasi darat, teropong dan lain-lain.

Hadir dalam kesempatan ini Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H., M.M., Pejabat utama Mabes TNI, Asisten Operasi Kasad, Pangdam II/SWJ, Kapolda Sumsel serta unsur Forkopimda. (Puspen TNI).

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Cegah Banjir, Prajurit Kodim 0418/Plg Ajak Warga Bersihkan Saluran Air

Portal Militer

Perkuat Sinergitas, Babinsa Kelurahan Pasar Bersama Tiga Pilar Komsos Dengan Perangkat RT

Portal Militer

Taklimat Akhir Tim Pengawasan Current Audit Itjenad TA 2023 Di Kodam II/Sriwijaya

Portal Militer

Evaluasi Kebugaran Fisik Personel, Lanud RSA Natuna Gelar Tes Kesamaptaan

Portal Militer

Babinsa Peduli Warga Penyandang Disabilitas

Portal Militer

Cegah Stunting, Kodim Boven Digoel Gelar Baksos Rikkes Ibu Hamil Dan Balita

Portal Militer

Pasukan TNI dan Brimob Pukul Mundur KST Papua di Kabupaten Intan Jaya 

Portal Militer

Aparat TNI Kampanye Sadar Kesehatan Kepada Warga Mimika