Sisi Lain TMMD Di Tanjab Timur, Warga Sambut TNI Dengan Penuh Sukacita, Mereka Seperti Menemukan Keluarga Baru Sukseskan TMMD Ke-118 Kodim 0419/Tanjab, Ibu–Ibu Bantu Masak Untuk Anggota Satgas Hingga Malam Prajurit Kodim 0429/Lamtim Bersama Aparat Lain Dan Masyarakat Padamkan Api Atasi Kesulitan Air Bersih Kodim 0402/OKI Buat Sumur Untuk Warga Satgas Yonif Raider 200/BN Terus Berbagi Dengan Warga Bolakme

Home / Warta TNI

Kamis, 28 Oktober 2021 - 18:46 WIB

Panglima TNI : Pendidikan Integrasi Merupakan Cikal Bakal Dari Soliditas TNI-Polri Serta Pilar Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., saat pemeriksaan pasukan Upacara Wisuda Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Taruna Akademi Kepolisian Tahun 2021, bertempat di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (28/10/2021). FOTO : PUSPEN TNI

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., saat pemeriksaan pasukan Upacara Wisuda Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Taruna Akademi Kepolisian Tahun 2021, bertempat di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (28/10/2021). FOTO : PUSPEN TNI

SRIWIJAYADAILY

Pendidikan integrasi merupakan cikal bakal dari soliditas TNI dan Polri, disamping kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Di tengah arus perubahan yang semakin cepat dan dinamis, soliditas TNI-Polri sebagai pilar persatuan dan kesatuan bangsa menjadi sangat penting.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., saat memimpin Upacara Wisuda Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Taruna Akademi Kepolisian Tahun 2021, bertempat di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Kamis (28/10/2021).

Panglima TNI menjelaskan bahwa tujuan Pendidikan Dasar Integrasi adalah membentuk Prajurit Taruna Akademi TNI yang menjiwai Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta Bhayangkara Taruna Akademi Kepolisian yang menjiwai Tri Brata dan Catur Prasetya. “Secara bersama-sama kalian diharapkan mampu membangun semangat integrasi, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan, serta kondisi jasmani yang samapta untuk dapat mengikuti pendidikan selanjutnya di Akademi TNI dan Akademi Kepolisian,” ungkapnya.

Baca :  Perkokoh Sinergitas Empat Pimpinan TNI - Polri Lampung Laksanakan Olahraga Bersama

Dihadapan Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Taruna Akademi Kepolisian, Panglima TNI menyampaikan bahwa saat ini dunia maya telah menjadi mandala perang baru, yaitu perang informasi yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Di tengah penanganan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, kita dihadapkan dengan beragam tantangan. Upaya penanganan pandemi terhambat karena berbagai penyebaran informasi hoaks. Akibatnya sebagian masyarakat masih belum mau divaksin, tidak mau melaksanakan testing kontak erat, tidak mau memakai masker dan sebagainya,” kata Panglima TNI.

Menurut Panglima TNI, dalam menghadapi realita tersebut harus disikapi dengan kemampuan untuk membangun dan memperkokoh persatuan dan kesatuan, sebagaimana yang telah Prajurit Taruna tunjukkan selama 3 bulan di Magelang. Sejarah telah membuktikan bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan, bersinergi dan bekerja sama, maka segala bentuk permasalahan bangsa ini dapat diselesaikan. “Soliditas TNI-Polri sebagai pilar persatuan dan kesatuan bangsa harus dipupuk dan dipelihara sedini mungkin,” ujarnya.

Baca :  Kunjungi Kodim 0411/KM,  Danrem 043/Gatam Tekankan Untuk Bekerja dan Melaksanakan Tugas Pokok Dengan Ikhlas

Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI menyampaikan beberapa pesan kepada para Taruna Akademi TNI dan Taruna Akademi Kepolisian, antara lain bagi Prajurit Taruna Akademi TNI, pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI dan bagi Bhayangkara Taruna Akademi Kepolisian, jiwai nilai-nilai Tri Brata dan Catur Prasetya dalam menempuh pendidikan dan bertugas nantinya.

Selanjutnya kembangkan potensi diri, semangat juang dan pantang menyerah serta jadilah Taruna yang tanggap, tanggon dan trengginas sebagai generasi penerus TNI dan Polri yang profesional dan adaptif dalam menghadapi berbagai tantangan. Pupuk dan pelihara soliditas yang telah terbangun sebagai pondasi dalam melaksanakan tugas nantinya sebagai perwira TNI dan Polri di masa mendatang.

Baca :  Masyarakat Talang Silungko Mendapat Penyuluhan Bahaya Narkoba Dari Satgas TMMD

Panglima TNI menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Taruna Akademi Kepolisian yang telah menyelesaikan Pendidikan selama kurang lebih 3 bulan di Resimen Chandradimuka Akademi TNI dengan baik. “Saya ucapkan selamat atas keberhasilan para Taruna Akademi TNI dan Taruna Akademi Kepolisian serta para orang tua dan keluarga Taruna yang di wisuda hari ini. Mohon dukungan doa restu dan dukungan moril agar para Taruna siap melaksanakan tugas pendidikan di tahap selanjutnya,” pungkasnya.

Panglima TNI dan Kapolri mewisuda Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Taruna Akademi Kepolisian yang berjumlah 982 prajurit Taruna terdiri dari 449 Taruna Darat, 190 Taruna Laut (180 Taruna dan 10 taruni), 140 Taruna Udara (130 Taruna dan 10 Taruni) dan 203 Bhayangkara Taruna (172 Taruna dan 31 Taruni).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Nikmatinya Kopi Satgas TNI 126/KC Obati Lelah Para Petani Perbatasan Papua

Pendam XVII Cenderawasih

Pangdam XVII/Cenderawasih Tegaskan Tidak Ada Kompensasi Dalam Pelepasan Pilot Susi Air

Warta TNI

Semarak HUT RI Ke-78, Kodim 0415/Jambi Bersama Pemkot Jambi Bagikan Bendera Merah Putih Kepada Masyarakat

Warta TNI

Kasum TNI : Institusi TNI Sebagai Bagian Integral Dari Pemerintah, Wajib Melaksanakan Program Reformasi Birokrasi

Warta TNI

Kunjungi Nabire, Pangdam XVII/Cenderawasih Minta Prajurit Jalin Komunikasi Dengan Seluruh Komponen Masyarakat

Warta TNI

Usai Meresmikan Berbagai Fasilitas Di Denkav-3/SC, Pangdam XVII/Cenderawasih Terima Penyematan Brivet Penghargaan Kaveleri

Warta TNI

Bangun Rumah Baca, Satgas TNI 303/SSM Peduli Pendidikan Di Papua

Warta TNI

Urai Kemacetan, Babinsa Bersama Anggota Kepolisian dan Dishub Kota Jambi Tertibkan Truk Angkutan Batu Bara