Dandim 0415/Jambi Bersama Forkopimda Kota Jambi Cek Stok Ketersediaan Beras Jelang Ramadhan Baznas Kota Jambi Ikut Andil Dalam Bedah Rumah Tidak Layak Huni Kodim 0415/Jambi 9 Atlet Taekwondo Kodam II/Swj Siap Gondol Medali Kapolri Gandeng Beragam Stakeholder, TNI AD Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Klarifikasi TNI AD Terkait Cuitan Hoax Video Iring-Iringan Ranpur TNI di Jalan Raya

Home / Warta TNI

Sabtu, 6 November 2021 - 07:10 WIB

Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata Australia

SRIWIJAYADAILY

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., menerima Kunjungan Kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Australia Jenderal Angus John Campbell, AO, DSC di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Kunjungan kehormatan ini merupakan kunjungan kali keduanya setelah sebelumnya di tahun 2019 Pangab Australia melaksanakan kunjungan ke Mabes TNI dalam rangka meningkatkan hubungan dan kerjasama antara kedua Angkatan Bersenjata antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Australian Defence Force (ADF).

Rangkaian kunjungan kehormatan orang nomor satu di Angkatan Bersenjata Australia ini diawali dengan peletakan karangan bunga dan mengheningkan cipta (Wreath Laying) sebagai tanda penghormatan untuk arwah awak KRI Nanggala-402 di Museum Bhakti TNI dilanjutkan Courtesy Call kepada Panglima TNI.

Baca :  Danrem 042/Gapu Bersama Gubernur dan Kapolda Jambi Cek Pengamanan Malam Misa Natal

Jenderal Angus John Campbell, AO, DSC., menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas kepemimpinan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., sebagai Panglima TNI selama 4 tahun terakhir.

Jalinan hubungan dan kerja sama antara kedua Angkatan Bersenjata semakin erat. Bentuk-bentuk kegiatan yang diikuti oleh TNI dan ADF telah meningkat, khususnya di bidang latihan. Walaupun terdapat kendala pandemi, tetapi interaksi antara kedua institusi terus berlangsung.

Dalam pertemuan tersebut juga, dibicarakan peluang penguatan hubungan kerjasama pertahanan antara kedua negara yang telah terjalin sejak lama dan erat khususnya kerjasama antara TNI dan ADF di berbagai bidang, termasuk kerjasama penanggulangan bencana seperti pandemi Covid-19.

Baca :  Ribuan Prajurit dan Persit Ikuti Acara Lepas Sambut Danrem 042/Gapu di Lapangan Tenis Indoor

Jenderal Angus John Campbell, AO, DSC., menyampaikan ungkapan terima kasih dan kebanggaan atas keterlibatan personel TNI dan BNPB dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Australia.

Sementara Panglima TNI mengapresiasi bantuan dari Pemerintah Australia untuk penanganan pandemi di Indonesia, serta keterlibatan Angkatan Laut ADF dalam upaya pencarian dan evakuasi KRI Nanggala di perairan utara Bali.

Panglima TNI menghargai keterbukaan dan interaksi langsung, serta berbagai inisiatif yang telah dilaksanakan, yang sangat penting bagi upaya membangun rasa saling percaya dan membangun hubungan yang lebih kuat di masa mendatang.

Baca :  Pangdam II/Swj Resmikan 20 Unit Rumah Dinas Prajurit Hasil Renovasi

Dalam kesempatan tersebut juga, Panglima TNI memberi kejutan berupa pengumuman penganugerahan Bintang Yudha Dharma Utama dari Pemerintah RI yang nantinya akan dianugerahkan kepada Jenderal Angus Campbell.

Panglima TNI menyampaikan keyakinan bahwa kerja sama dan hubungan yang kuat tersebut akan terus terjalin dan meningkat di masa yang akan datang.

Turut hadir dalam kunjungan kehormatan tersebut, Atase Pertahanan (Athan) Australia untuk Indonesia Brigadir Jenderal Justin Rooke beserta staf Athan, para Asisten Panglima TNI dan Kepala Pusat Kerjasama Internasional TNI.

(Puspen TNI)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Berikan Penghargaan 19 Atlet TNI AD, Kasad : Saya Sangat Bahagia dan Bangga Terhadap Anak-Anak Saya

Warta TNI

Dukung MTQ Tingkat Kecamatan Sekernan, Danramil 05/Sengeti Pimpin Goro Bersama Aparat Pemerintah dan Masyarakat

Warta TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Terima Kunjungan Kakanwil Bank Mandiri Papua

Warta TNI

Berantas Buta Aksara, Satgas Yonif 125/SMB Ajarkan Calistung Kepada Anak Di Papua

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Tutup Apel Babinsa Tahun 2022

Pendam II Sriwijaya

Yonif 144/JY Raih Juara I Kompetisi Sepak Bola Piala Askab

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Hadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2021

Warta TNI

Mudahkan Akses Perekonomian, Babinsa Koramil Kokonao Gelar Karya Bakti Membuat Jalan Dari Kayu