DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI Jum’at Bersih, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Bersama Warga Gotong Royong Tempat Ibadah Dandim 0419 Tanjab Bekali Menwa Sultan Thaha Tentang Kepemimpinan Dandim 0416/Bute Serahkan Bantuan Semen dan Al-Quran Ke Ponpes Daarul Hafidz Al- Manshuriyah SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Home / Gema TNI

Kamis, 4 November 2021 - 06:58 WIB

Panglima TNI : Vaksinasi Merupakan Salah Satu Upaya Menekan Pandemi Covid-19

SRIWIJAYADAILY

Vaksinasi merupakan salah satu upaya menekan pandemi Covid-19. Saat ini 21 Ibu Kota Provinsi sudah mencapai vaksinasi dosis pertama di atas 70%. Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., saat memimpin Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 bersama Forkopimda Se-Wilayah Sumatra Utara dan Tinjau Serbuan Vaksinasi di Lapangan Benteng, Medan, Rabu (3/11/2021).

Dalam rapat yang dihadiri Gubernur Sumatra Utara H. Edy Rahmayadi beserta seluruh Forkopimda Provinsi Sumatera Utara tersebut, Panglima TNI menyampaikan bahwa saat ini Kota Medan telah mencapai 70%. Sebelumnya pada 24 Oktober yang lalu Kota Medan baru mencapai 66%. “Namun dalam waktu satu minggu, Kota Medan dapat menambah vaksin sebesar 4% dari target vaksinasi masyarakat atau lebih dari 54.000 orang,” ujarnya.

Baca :  Dandim 1707/Merauke Resmikan Gereja Di Distrik Jagebob

Panglima TNI mengatakan bahwa capaian tersebut sangat penting karena Kota Medan adalah pusat perekonomian, jumlah penduduknya yang sangat besar dan mobilitas penduduk yang sangat tinggi, termasuk dari luar wilayah Kota Medan. “Namun bila kita melihat Provinsi Sumatera Utara sebagai sebuah kesatuan, maka capaian vaksinasi dosis pertama di Sumatera Utara baru mencapai 46 sampai 47%,” jelasnya.

Lebih lanjut Panglima TNI berharap kepada Ketua Ikatan Dokter Indonesia, Majelis Ulama Indonesia, Persatuan Gereja Indonesia, para Bupati dan Kadinkes diwilayah Sumatera Utara untuk menyampaikan kepada masyarakat terkait pentingnya Vaksinasi dalam menekan kasus Covid-19. “Kita harus mengupayakan pemerataan optimalisasi pencapaian vaksinasi. Tanpa adanya capaian vaksinasi yang merata, maka upaya menekan pandemi akan berjalan lebih sulit,” ungkapnya.

Baca :  Dukungan Psikososial Dari Dispsiad Bagi Korban Gempa Cianjur

“Vaksin adalah salah satu upaya yang saat ini harus lebih kita optimalkan dalam menekan pandemi. Vaksin perlu mendapat perhatian karena sampai saat ini saya melihat masih ada masyarakat yang belum percaya vaksin dan masih ada masyarakat yang takut untuk divaksin,” tuturnya.

Selain melaksanakan vaksinasi secara merata, Panglima TNI menyampaikan bahwa pilihan terbaik dalam menekan laju Covid-19 saat ini adalah mengambil langkah pencegahan dan antisipasi, agar tidak terjadi lagi lonjakan seperti yang lalu. “Lonjakan kasus akan menyulitkan fasilitas kesehatan yang ada, memberi beban berat kepada tenaga kesehatan, menyulitkan ekonomi karena adanya pembatasan serta menyebabkan jatuhnya korban jiwa,” katanya.

Baca :  Kodim 0419/Tanjab Gelar Donor Darah Bersama RSUD KH. Daud Arif Kualatungkal

Usai melaksanakan rapat dengan jajaran Forkopimda se-wilayah Sumatera Utara, Panglima TNI meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi massal yang dipusatkan di Lapangan Benteng kota Medan.

Pelaksanakan serbuan vaksinasi massal dilakukan secara serentak di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara dengan sasaran para lansia, remaja, mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum, dengan target vaksinasi sebanyak 10.000 dosis vaksin.

(Puspen TNI)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Jelang Penutupan, Sasaran Fisik Program TMMD Kodim Jambi Telah Capai 100 Persen

Gema TNI

Rekatkan Hubungan Dengan Semua Pihak, Kodim Mimika Gelar Komsos Dengan Aparat Pemerintahan

Gema TNI

Kasad Pimpin Apel Danrem Dandim Terpusat TA 2021

Gema TNI

Danrem 042/Gapu Hadiri Open Turnamen Gateball Gubernur Jambi Cup 2022

Gema TNI

Dandim Yawa Berangkatkan Satgas Pra TMMD KE-113 Gunakan Kapal Kayu Ke Kampung Poom

Gema TNI

Pimpin Sertijab 2 Pati, Pangdam XVII/Cenderawasih : Perpindahan Jabatan Merupakan Bagian Dari Tour Of Duty dan Tour Of Area

Gema TNI

Ciptakan Papua Bersih Dan Sejahtera, Satgas TNI 321/GT Bersama Masyarakat Bersihkan Pasar

Gema TNI

390 Siswa Dikmaba TNI AD Dan Siswa SPN Betung Polda Sumsel Latihan Kolaborasi Pendidikan Terintegrasi TA 2021 Di Rindam II/Swj