“Pariwisata Sumatera Utara dan Peranan Pers” Antara Promosi dan Kritik 26 Pejabat Administrator dan Pengawas Di Lingkup Pemkab Tanjab Barat Resmi Dilantik Lestarikan Budaya Lokal, Satgas Yonif 143/TWEJ Gelar Pertandingan Jubi Di Papua Demi Generasi Muda Papua, Satgas Yonif Raider 142/KJ Ajak Siswa Sekolah Minum Susu Gubernur Jambi Lepas Delegasi PWI Provinsi Jambi ke HPN 2023 di Medan

Home / Gema TNI

Selasa, 29 November 2022 - 18:47 WIB

Pasiter Kodim Jambi Beri Pembekalan Wasbang Kepada Mahasiswa

Pasiter Kodim Jambi Beri Pembekalan Wasbang Kepada Mahasiswa/ FOTO : IST

Pasiter Kodim Jambi Beri Pembekalan Wasbang Kepada Mahasiswa/ FOTO : IST

JAMBI, sriwijayadaily.co.id – Komandan Kodim 0415/Jambi, Kolonel Marsal Deny diwakili Pasiter Mayor Inf Beni, memberikan pembekalan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) terhadap 75 orang Mahasiswa/Mahasiswi Saint Tehnologi Unja, di Aula Saint dan Teknologi Universitas Jambi, Mendalo, Selasa, 29 Nov 2022.

Adapun tujuan kegiatan tersebut merupakan bagian dari Pembinaan Generasi Muda Kodim 0415/Jambi yang difokuskan kepada mahasiswa Unja.

Pada kesempatan itu, Mayor Beni menyampaikan, bahwa sikap dan perilaku sebagai warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Baca :  Warga Kampung Pancasila Ucapkan Terimakasih Kepada TNI Wujudkan Rumah Layak Huni

Terkait hal itu, untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara kesadaran bela negara itu pada hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara.

”Spektrum Bela Negara itu sangat luas, dari yang paling halus hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata,”ujarnya.

Ditambahkan, bahwa sebagai warga Negara dalam upaya bela Negara memiliki tiga prinsip, yakni Kedaulatan Negara, Keutuhan Wilayah, Keselamatan Bangsa, juga memiliki lima Unsur yaitu Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Yakin Pancasila sebagai Falsafah dan Ideologi Negara, Rela berkorban untuk bangsa dan negara serta Kemampuan awal bela Negara, hal tersebut yang dilandaskan pada Yuridis UUD 1945 pasal 27 (3). ”Yaitu setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara, dan juga pada Pasal 30 (1), yakni tiap tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara,” imbuhnya.

Baca :  Kunjungi Hubstation TNI AD, Kasad Vicon Dengan Pos Ramil di Papua dan Papua Barat

Beni juga mengatakan bahwa Mahasiswa merupakan aset bangsa, Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa, apabila tidak diarahkan dan tidak terkontrol, hal ini mengakibatkan runtuhnya NKRI yang Kita cintai ini.

Baca :  Tingkatkan Sinergitas, TNI-POLRI di Wilayah Tanjab Timur Gelar Apel Gabungan

Terakhir, Beni mengajak Mahasiswa untuk fokus terhadap pendidikan yang sedang dilaksanakan serta menjauhkan diri dari kehidupan glamour, kehidupan kebarat-baratan yang mengakibatkan lunturnya peradaban Kita semua. (Dimjambi)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Akademi Taekwondo Korem 042/Gapu Raih Juara Umum 2 Kategori Pemula Open Turnamen Taekwondo Bupati Lebong Cup

Gema TNI

Terima Laporan Korps Kenaikan Pangkat, Pangdam XVII/Cenderawasih : Tingkatkan Kualitas Kepemimpinan

Gema TNI

Lima Oknum TNI AD Jalani Sidang Perdana Di Mahkamah Milter Jayapura

Gema TNI

Korem 045/Gaya Seleksi Calon Tamtama Prajurit Karier TNI AD

Gema TNI

TMMD Ke-113 Kodam II/Sriwijaya Dibuka Serentak Di 5 Kabupaten/Kota

Gema TNI

Mayor Widi Bekali Mahasiwa Baru STIKBA Jambi Dengan Wawasan Kebangsaan

Gema TNI

Kasrem 042/Gapu Tawarkan Solusi Permasalahan Mobilitas Angkutan Batu Bara di Jambi

Gema TNI

Panglima TNI Tunjuk Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Menjabat Pangkostrad