Babinsa Kodim 0415/Jambi Jalin Silaturahmi dengan Warga Binaan Melalui Komsos Dandim 0416/Bute Ingatkan Bahaya Judi Online dan Lakukan Pemeriksaan Handphone Upacara Peringatan 17an Kodim 0416/Bute, Dandim Sampaikan Amanat Pangdam II/Swj Cegah Polio, Satgas Yonif 753/AVT Berikan Imunisasi Gratis di Puncak Jaya Prajurit Satgas Mobile Yonif 323 Buaya Putih Dukung Peningkatan Ekonomi Lokal di Puncak Papua

Home / Portal Militer

Senin, 27 Maret 2023 - 17:06 WIB

Pasukan Raider 514 Kostrad Selamatkan 52 Orang Terdampar Kelaparan di Tengah Hutan Papua

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Pasukan tempur Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) TNI baru saja berhasil mengevakuasi puluhan penduduk yang ditemukan terdampar tengah hutan di sekitar wilayah Kalimin, Distrik Keenyam, Kabupaten Nduga, Papua. Proses evakuasi sebanyak 52 warga itu dilakukan prajurit TNI dari Satuan Tugas Batalyon Infanteri Raider 514/Sabbada Yudha, Divisi Infanteri II Kostrad.

Dalam siaran resmi yang diterima awak media, Senin 27 Maret 2023, puluhan warga itu bukanlah penduduk lokal atau asli wilayah Kenyaam. Tapi mereka datang dari wilayah yang jauh yaitu dari Distrik Kroptak.

Baca :  Tingkatkan Kecepatan & Ketahanan Fisik,141 Siswa Tamtama Dilatih Speed Mars

Menurut Komandan Satgas Yonif Raider 514/SY, Letnan Kolonel Inf Rinto Wijaya, 52 warga asal Distrik Kroptak ini ditemukan secara tak sengaja oleh pasukannya.

Jadi ketika itu prajurit Satgas Yonif Raider 514/SY yang dipimpin Kapten Inf Mahardika dari Pos Kendibam melakukan patroli keamanan kampung ke wilayah Kalimin. Nah ketika itulah di tengah hutan terlihat puluhan orang asing yang dalam kondisi kebingungan.

Baca :  Survey Investigasi Design Optimasi Lahan di Muaro Jambi di Dampingi Babinsa

Ketika ditemukan kondisi 52 warga itu sangat memprihatinkan. Mereka mengalami kelelahan dan kelaparan setelah selama 4 hari berjalan kaki dari Distrik Kroptak. 52 warga ini nekat meninggalkan kampung halaman mereka dan mencari penghidupan baru di Distrik Keenyam karena dilanda ketakutan akan teror dari kelompok separatis teroris KKB OPM Papua.

Setelah diberikan minuman dan makanan seadanya akhirnya 52 warga Distrik Kroptak yang sebagian besar adalah wanita dan anak-anak itu akhirnya dievakuasi menggunakan truk TNI menuju ke kantor Polres Nduga.

Baca :  Satgas Yonif 122/TS Percepat Pembangunan Gereja di Daerah Perbatasan Bersama Warga 

“Selama di wilayah Keenyam, kita jamin keamanan mereka hingga mereka dapat hidup secara normal,” kata Letkol Inf Rinto Wijaya.

Perlu diketahui, bukan kali ini saja pasukan Satgas Yonif Raider 514/SY melakukan evakuasi terhadap penduduk. Sebelumnya ratusan warga Paro dievakuasi menyusul gangguan keamanan dan teror OPM di wilayah Nduga.

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Dandim 0416/Bute Bersama Forkopimda Bungo Meninjau Pos Pam Arus Mudik Lebaran

Portal Militer

Tim Analisis Pusat Informasi Teritorial Pusterad Gelar Pembinaan Ketahanan Pangan Di Kodim 1708/BN

Portal Militer

Babinsa Koramil Rantau Pandan Sosialisasikan Penerimaan Calon Prajurit TNI AD

Portal Militer

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kodim 1708/BN Lakukan Aksi Grebek Sampah Dengan berbagai Komunitas

Portal Militer

Babinsa Payo Lebar Lakukan Pendampingan Penilaian Lomba Perpustakaan Tingkat Kota

Portal Militer

Terima Kasih Bapak TNI, Berkat TMMD Sekolah Kami Jadi Cantik dan Sudah Dibangun Sarana Air Bersih 

Portal Militer

Jaga Kebugaran Tubuh, Kodim 0419/Tanjab Melaksanakan Lari Pagi

Portal Militer

Dandim 0416/Bute Memimpin Langsung Pelaksanaan Pengambilan Data Kesegaran Jasmani