Sambut Idul Adha, Babinsa Desa Baru Amankan Pawai Obor dan Takbir Keliling Komitmen Alumni AKABRI ’94 dalam Mengatasi Stunting di Kalimantan Barat Prajurit Satgas Yonif 125/SMB Terangi Jembatan dan Dermaga di Kampung Yagatsu, Papua Prajurit TNI Rebut Distrik Bibida dari OPM dengan Tindakan Profesional dan Kemanusiaan TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan Ribuan Baby Lobster di Cilacap

Home / Nasional

Senin, 18 Oktober 2021 - 18:25 WIB

Pelaku Penimbunan BBM Bersubsidi Ditangkap, Begini Aksinya

Pekanbaru – Sriwijayadaily.co.id

Kepolisian Daerah Riau melalui Tim Unit 4 Subdit IV Ditreskrimsus Polda Riau, mengungkap kasus dugaan tindak pidana di bidang minyak dan gas bumi, jenis Bio Solar bersubsidi.

Tiga pelaku berhasil diamankan petugas kepolisian, yakni JN (52) supir, KS (26) petugas SPBU serta AFJ (22), bersama 1 unit kendaraan truk derek roda 10 berkapasitas tangki 450 liter.

Kejadian ini terjadi di SPBU Jalan Lintas Duri-Dumai Km 11, Kelurahan Balai Makam Bathin Solapan, Bengkalis, Riau, pada Sabtu siang (16/10/2021).

Direktur Kriminal Khusus Kombes Ferry Irawan, Ahad (17/10/2021) mengatakan, kasus ini berawal dari temuan tim dilapangan, setelah dilakukan penyelidikan adanya antrian panjang di SPBU tersebut.

Baca :  Dandim 0415/Jambi : Harkitnas Jadikan Momen Membangkitkan Semangat Juang Menuju Indonesia Emas

Tim yang dipimpin Ipda Eko Sutamto dengan 4 personelnya mengamankan 1 unit kendaraan truk derek roda 10 merek mitsubishi bernomor polisi BK 9325 CM berkapasitas tangki 450 liter. Truk itu melakukan pengisian di SPBU secara berulang ulang atau melangsir.

“Tim mencurigai sebuah mobil derek ber roda 10 yang melakukan pengisian cukup lama. Dan menyebabkan antrian yang panjang yang menjadi tanda tanya dan meresahkan masyarakat,” jelas Ferry.

Untuk memastikan kecurigaan itu, tim langsung membuntuti mobil derek tersebut dari SPBU ke Poll atau work shop transportir mobil tangki CPO yang di duga milik PT IP.

Kemudian, mobil tersebut terpantau kembali menuju SPBU yang sama untuk melakukan pengisian BBM jenis bio solar.

Baca :  Peduli Kesehatan Warga, Babinsa Koramil 12/Pasar Dampingi Fogging

“Saat kembali melakukan pengisian BBM, tim kami langsung melakukan penyergapan,” jelas Ferry.

Setelah dipastikan mengisi BBM bersubsidi, tim Subdit IV melakukan pengembangan ke tempat poll/work shop transportir mobil tangki CPO. Lokasi ini diduga tempat penimbunan BBM hasil Kegiatan langsir tersebut.

Saat tiba dilokasi penimbunan, tim Subdit IV menemukan jeregen-jeregen. Namun, sudah dalam keadaan kosong. Polisi menduga minya itu, telah disalin ke tangki BBM mobil tangki CPO yang ada di tempat tersebut.

“Ketiga pelaku saat ini diamankan di Rutan Polda Riau untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya dan sedang kami proses hukum,” ujar Kombes Ferry.

Selain para pelaku, turut diamankan satu unit mobil derek Mobil derek R10 (roda 10) merk Mitsubishi BK 9325 CM.

Baca :  Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad Ikuti Vicon Rakornis TMMD Ke-120 TA. 2024

Kemudian, enam lembar kupon pengisian BBM jenis bio solar dan dua lembar Catatan transaksi penjualan harian BBM jenis bio solar.

Atas kejahatannya, para pelaku dijerat pasal 55 Undang-undang No. 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

Sebagaimana telah diubah dengan Pasal 40 angka 9 Undang-undang No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 tahun dan denda paling tinggi, enam puluh miliar rupiah.

“Proses penyidikan sedang berjalan. Saat ini penyidik menjadwalkan meminta keterangan Ahli dari pihak¬† BPH Migas,” tandas Ferry.

Share :

Baca Juga

Nasional

Methods to Write a Great Profile for Dating Internet site

Nasional

Where you can Meet One Women

Nasional

Finding a Foreign Seeing Site

Nasional

Diresmikan Presiden, SPAM Durolis Suplai Air Minum ke 32.000 Rumah

Daerah

Presiden RI: Penyatuan Tanah dan Air di IKN, Bentuk Persatuan Bangun Nusantara

Nasional

Tingkatkan Soliditas Purnawiran, Pepabri Kota Jambi Jalin Silaturàhmi Melalui Arisan Bulanan

Nasional

Bentuk Kepedulian, Persit KCK PD XVII/Cenderawasih Gelar Vaksinasi Booster

Nasional

Timnas Indonesia U-20 Masuk Pot Dua Undian Piala Asia 2023