Wujud Peduli Kemanusiaan, PTBA TBK Tanjung Enim Salurkan Bencana Kabupaten Tanah Datar Dan Agam Pastikan Lahan Tersedia, Dandim Bute Bergerak Cepat Meninjau Lokasi Program Oplah 2024 Di Wilayah Tebo Satgas TMMD Kodim Muara Enim Gelar Penyuluhan Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Minat Baca Dan Perpustakaan Wujud Sinergitas TNI dengan Masyarakat, Satgas TMMD Kodim Muara Enim Gotong Royong Bangun Mushola Pangdam II/Swj : Bangga Boleh, Jangan Sombong

Home / Nasional

Kamis, 30 Desember 2021 - 04:07 WIB

Pemerintah Akan Menampung Pengungsi Rohingya

Sriwijayadaily

Pemerintah Indonesia memutuskan akan menampung pengungsi Rohingya yang saat ini terapung di atas sebuah kapal lautan Kabupaten Bireun Provinsi Aceh.

“Keputusan pemerintah ini atas kemanusiaan dan pertimbangan kondisi darurat yang dialami pengungsi di atas kapal tersebut,” kata Ketua Satgas Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri Pusat/Deputi Bidang Koordinator Keamanan, Ketertiban dan Masyarakat (Kamtibmas) Kemenko Polhukam Irjen Pol Armed Wijaya dalam pernyataan pers di Kanal Youtube Kemenko Polhukam, Rabu (29/12/2021).

Menurut Armed, dari pengamatan yang dilakukan penumpang kapal tersebut didominasi oleh perempuan dan anak-anak dengan kepastian jumlah pengungsi tersebut baru akan diketahui setelah pendataan lebih lanjut.

Armed menyebutkan, kapal pengungsi saat ini sedang berada sekitar 50 mil laut lepas pantai Bireun dan akan ditarik kedaratan.

“Pemerintah akan segera melakukan koordinasi dan penanganan pengungsi sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016. Pengingat situasi pandemi keseluruhan pengungsi akan menjalani kesehatan,” ujar Armed.

Untuk selanjutnya akan dilakukan pendataan dan pelaksanaan protokol kesehata (prokes) bagi para pengungsi.

Selain itu juga, Satgas Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri Kemenko Polhukam akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah TNI, Polri dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

“Hal ini agar pengungsi mendapatkan penampungan, logistik dan akses kesehatan serta lain-lain yang dibutuhkan,” pungkas Armed

Share :

Baca Juga

Nasional

Menaker Imbau Kepala Daerah Patuhi PP 36/2021 Tentang Pengupahan

Daerah

Presiden Apresiasi Peran Desa Dalam Penanganan Pandemi

Nasional

Danrem 042/Gapu Tekankan Netralitas TNI Dalam Menghadapi Pemilu 2024
Foto: ANTARA

Nasional

Miliki Perilaku Baik, Kemenkumham Beri Remisi Khusus Natal 12.641 Narapidana

Nasional

Izin Edar Frozen Food, Ini Penjelasan Badan POM

Nasional

Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Nasional

Inilah Penampakan Ship Sumulator Buatan Indonesia

Nasional

Online dating an Independent Euro Woman