Kodim Jambi Gelar Komsos Dengan Komponen Bangsa Pasca Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar, Polda Jambi Tingkatkan Pengamanan Satukan Komitmen, TNI AD Gelar Bimtek Penilaian Sistek Info Kotama dan Balakpus Pangdam XVII/Cenderawasih Buka Turnamen Bola Voli Dalam Rangka Hari Juang Kartika TNI-AD Tahun 2022 Lewat Adu Penalti, Maroko Usir Spanyol dari Piala Dunia 2022

Home / Nasional

Kamis, 30 Desember 2021 - 04:07 WIB

Pemerintah Akan Menampung Pengungsi Rohingya

Sriwijayadaily

Pemerintah Indonesia memutuskan akan menampung pengungsi Rohingya yang saat ini terapung di atas sebuah kapal lautan Kabupaten Bireun Provinsi Aceh.

“Keputusan pemerintah ini atas kemanusiaan dan pertimbangan kondisi darurat yang dialami pengungsi di atas kapal tersebut,” kata Ketua Satgas Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri Pusat/Deputi Bidang Koordinator Keamanan, Ketertiban dan Masyarakat (Kamtibmas) Kemenko Polhukam Irjen Pol Armed Wijaya dalam pernyataan pers di Kanal Youtube Kemenko Polhukam, Rabu (29/12/2021).

Baca :  Pasca Tragedi di Malang, Presiden FIFA Gianni Infantino Bertemu Presiden Indonesia Joko Widodo

Menurut Armed, dari pengamatan yang dilakukan penumpang kapal tersebut didominasi oleh perempuan dan anak-anak dengan kepastian jumlah pengungsi tersebut baru akan diketahui setelah pendataan lebih lanjut.

Armed menyebutkan, kapal pengungsi saat ini sedang berada sekitar 50 mil laut lepas pantai Bireun dan akan ditarik kedaratan.

Baca :  CamSoda Review

“Pemerintah akan segera melakukan koordinasi dan penanganan pengungsi sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016. Pengingat situasi pandemi keseluruhan pengungsi akan menjalani kesehatan,” ujar Armed.

Untuk selanjutnya akan dilakukan pendataan dan pelaksanaan protokol kesehata (prokes) bagi para pengungsi.

Baca :  Dongkrak Sektor Pariwisata, Investasi dan Bisnis di Kepri, Imigrasi Luncurkan Multiple Entry Visa

Selain itu juga, Satgas Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri Kemenko Polhukam akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah TNI, Polri dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

“Hal ini agar pengungsi mendapatkan penampungan, logistik dan akses kesehatan serta lain-lain yang dibutuhkan,” pungkas Armed

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Tiga Tahun Pemerintah tidak Menerbitkan Izin Impor Beras

Nasional

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Sebelum Idul Fitri 2022 Sudah Beroperasi

Nasional

How to Transfer Money from Chase to Another Bank

Nasional

Begini agar Terhindar dari Aplikasi “MyPertamina” Palsu

Ekonomi

Ekspor dan Impor Cetak Rekor Baru, Surplus Neraca Nonmigas Meroket

Nasional

Presiden RI Tiba di Italia untuk Hadiri G20

Nasional

Update Gempa Sumbar, Korban Meninggal Dunia Jadi 10 Orang

Nasional

Jemaat Gereja Parkir di Masjid, Bentuk Toleransi Warga Batang