Lepas Sertijab, Pangdam II/Swj Silaturahmi ke PJ Gubernur dan Kapolda Sumsel Jadi Pendaftar Pertama ke PKB, Budi Setiawan Harap PKB Bisa Koalisi dengan Golkar PJ. Gubernur Sumsel Apresiasi Kinerja Kodam II/Swj Telah Mensukseskan Program Pemerintah dengan Kerja Cepat dan Cerdas Agar Dikenang dan Dicintai Anggota, Mayjen TNI Yanuar Adil: Selalu Berusaha Terbaik Terima Kunjungan Kehormatan Danjen USARPAC, Kasad Sepakat Perkuat Kerja Sama

Home / Nasional

Sabtu, 13 November 2021 - 10:50 WIB

Pemkot Jambi Raih Penghargaan STBM 2021 Dari Menkes

FOTO : Wakil Wali Kota Jambi Dr. H. Maulana Menerima Piagam Penghargaan Terbaik 6 STMB 2021 di Aula Rumah Dinas Gubernura Jambi, Jumat (12/11/21).

FOTO : Wakil Wali Kota Jambi Dr. H. Maulana Menerima Piagam Penghargaan Terbaik 6 STMB 2021 di Aula Rumah Dinas Gubernura Jambi, Jumat (12/11/21).

SRIWIJAYADAILY

Pemerintah Kota Jambi berhasil meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Raihan tersebut merupakan buah dari  inovasi mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih melalui konsep pembangunan Bergerak Bersama di Kota Jambi dalam mengupayakan 5 pilar STBM.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan melalui Gubernur Jambi Dr. Al Haris, S.Sos, MH kepada Dr. H. Maulana, kepada Wakil Wali Kota Jambi pada Upacara HKN di Aula Rumah Dinas Gubernuran, Jumat (12/11/21).

Pemerintah Kota Jambi pun menjadi satu-satunya Kota di Jambi yang masuk dalam 6 besar inovasi terbaik pencapaian STBM.

Baca :  Tanamkan Disiplin Sejak Dini, Satgas TMMD Latih Baris Berbaris Anak-Anak SD

Hal ini terjadi, karena sebagai Kota Besar dengan berbagai kompleksitas dan keterbatasan lahan yang dihadapinya, Kota Jambi terbukti mampu mewujudkan 5 pilar STBM dengan nilai capaian bulat 100 persen.

Lima pilar tersebut meliputi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), pengelolaan sampah, penyediaan air minum, dan penanganan drainase.

Sebelumnya, sejumlah tahapan dilalui Kota Jambi hingga terpilih menjadi 6 besar inovasi terbaik STBM 2018 ini.

Baca :  Mantap! Satgas Pamtas RI-MLY Yonarhanud 12/SBP Kembali Amankan Miras Ilegal Dari Malaysia

Pertama, Kota Jambi menjadi satu dari 24 kota/ kabupaten se-Indonesia yang telah 100 persen open defecation free (ODF) atau bebas aksi buang air besar sembarangan.

Setelah itu, Kota Jambi masuk dalam tahapan administrasi dan verifikasi lapangan oleh tim Kemenkes. Hasilnya Kota Jambi terpilih masuk 6 besar inovasi terbaik STBM 2021.

Capaian ini sekaligus menunjukkan bahwa konsep Bergerak Bersama yang diusung Visi Jambi terkini di bawah Wali Kota Sy Fasha dan Wakil Waki Kota Maulana dalam memimpin Kota Jambi berhasil.

Baca :  Panglima TNI Dampingi Presiden RI Resmikan Berbagai Fasilitas Pada Rangkaian Kunjungan Kerja Ke IKN

Dalam konsep inilah pemerintah kota berusaha menggerakkan seluruh stakeholder pembangunan untuk bersama mewujudkan pemahaman dan kesadaran melakukan kebiasaan hidup bersih serta sehat berhasil diwujudkan.

Selain itu, di lingkungan Pemerintah Kota Jambi sendiri sejumlah program dilakukan seperti normalisasi sungai-sungai, koordinasi serta koordinasi untuk menghilangkan perilaku BABS.

Kota Jambi, memiliki komitmen kuat terkait terwujudnya lingkungan bersih sehat ini. Maulana yakin ke depan Kota Jambi akan semakin bersih, sehat, dan maju.(*)

Share :

Baca Juga

Nasional

PPKM di Indonesia Resmi Dicabut

Nasional

Ribuan Pasang Mata Saksikan Festival Arakan Sahur Di Kualatungkal

Nasional

Kabadiklat Kemhan Ingatkan Aspenmil dan Asathan Bertindak Tepat dalam Pergaulan Intersional

Nasional

Sambut Hari Menanam Pohon Indonesia 2021, Kaum Muda Tanam 3000 Bibit Pohon di Tanjab Barat

Nasional

Panglima TNI dan Kapolri Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Monas

Nasional

Kejagung Periksa Barang Bukti Elektronik Kasus Izin Ekspor CPO

Daerah

Kemenhub Uji Coba Pemanduan Elektronik Pertama di Perairan Sungai Musi

Nasional

Ways to Date a Cute Thailänder Girlfriend