Satgas TMMD Gunakan Jalur Sungai Untuk Pendistribusian Material Pagi Sebelum Menuju ke Lokasi TMMD, Warga Ikut Apel Bersama Satgas TMMD KE-118 Kodim 0419/Tanjab Mulai Renovasi Madrasah Nurul Fallah TMMD Solusi Efektif di Tengah Keterbatasan Daerah Program TMMD ke-118 Kodim 0419/Tanjab Wujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat

Home / Nasional

Sabtu, 13 November 2021 - 10:50 WIB

Pemkot Jambi Raih Penghargaan STBM 2021 Dari Menkes

FOTO : Wakil Wali Kota Jambi Dr. H. Maulana Menerima Piagam Penghargaan Terbaik 6 STMB 2021 di Aula Rumah Dinas Gubernura Jambi, Jumat (12/11/21).

FOTO : Wakil Wali Kota Jambi Dr. H. Maulana Menerima Piagam Penghargaan Terbaik 6 STMB 2021 di Aula Rumah Dinas Gubernura Jambi, Jumat (12/11/21).

SRIWIJAYADAILY

Pemerintah Kota Jambi berhasil meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Raihan tersebut merupakan buah dari  inovasi mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih melalui konsep pembangunan Bergerak Bersama di Kota Jambi dalam mengupayakan 5 pilar STBM.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan melalui Gubernur Jambi Dr. Al Haris, S.Sos, MH kepada Dr. H. Maulana, kepada Wakil Wali Kota Jambi pada Upacara HKN di Aula Rumah Dinas Gubernuran, Jumat (12/11/21).

Pemerintah Kota Jambi pun menjadi satu-satunya Kota di Jambi yang masuk dalam 6 besar inovasi terbaik pencapaian STBM.

Baca :  Jelang HUT RI 78, Dandim Bersama Forkopimda Muaro Jambi Bagikan Bendera Merah Putih

Hal ini terjadi, karena sebagai Kota Besar dengan berbagai kompleksitas dan keterbatasan lahan yang dihadapinya, Kota Jambi terbukti mampu mewujudkan 5 pilar STBM dengan nilai capaian bulat 100 persen.

Lima pilar tersebut meliputi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), pengelolaan sampah, penyediaan air minum, dan penanganan drainase.

Sebelumnya, sejumlah tahapan dilalui Kota Jambi hingga terpilih menjadi 6 besar inovasi terbaik STBM 2018 ini.

Baca :  Inovasi I Prajurit Kodim 0412/LU Manfaatkan Limbah Industri Menjadi Pakan Ternak Kambing

Pertama, Kota Jambi menjadi satu dari 24 kota/ kabupaten se-Indonesia yang telah 100 persen open defecation free (ODF) atau bebas aksi buang air besar sembarangan.

Setelah itu, Kota Jambi masuk dalam tahapan administrasi dan verifikasi lapangan oleh tim Kemenkes. Hasilnya Kota Jambi terpilih masuk 6 besar inovasi terbaik STBM 2021.

Capaian ini sekaligus menunjukkan bahwa konsep Bergerak Bersama yang diusung Visi Jambi terkini di bawah Wali Kota Sy Fasha dan Wakil Waki Kota Maulana dalam memimpin Kota Jambi berhasil.

Baca :  Kodim 0416/Bute Gelar Rapat Kesiapan Penutupan TMMD Ke 117

Dalam konsep inilah pemerintah kota berusaha menggerakkan seluruh stakeholder pembangunan untuk bersama mewujudkan pemahaman dan kesadaran melakukan kebiasaan hidup bersih serta sehat berhasil diwujudkan.

Selain itu, di lingkungan Pemerintah Kota Jambi sendiri sejumlah program dilakukan seperti normalisasi sungai-sungai, koordinasi serta koordinasi untuk menghilangkan perilaku BABS.

Kota Jambi, memiliki komitmen kuat terkait terwujudnya lingkungan bersih sehat ini. Maulana yakin ke depan Kota Jambi akan semakin bersih, sehat, dan maju.(*)

Share :

Baca Juga

Nasional

Menaker Imbau Kepala Daerah Patuhi PP 36/2021 Tentang Pengupahan

Nasional

Online dating services – When to Be Special

Nasional

Penguatan Pintu Masuk dan Pengendalian Transimisi Lokal Mencegah Lonjakan Omicron

Nasional

Suap Masih Jadi Kasus Korupsi Terbanyak Ditangani KPK

Nasional

Very long Distance Romance Statistics

Nasional

Budi Setiawan Berikan Bantuan Kursi Roda Bagi Penderita Penyakit Lumpuh

Nasional

Sistem Kerja ASN Terbaru, PPKM Level 1 WFO 75%

Nasional

Menkominfo: Melindungi Produk Dalam Negeri Jadi Tantangan Negara