DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI Jum’at Bersih, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Bersama Warga Gotong Royong Tempat Ibadah Dandim 0419 Tanjab Bekali Menwa Sultan Thaha Tentang Kepemimpinan Dandim 0416/Bute Serahkan Bantuan Semen dan Al-Quran Ke Ponpes Daarul Hafidz Al- Manshuriyah SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Home / Kesehatan

Sabtu, 13 November 2021 - 10:50 WIB

Pemkot Jambi Raih Penghargaan STBM 2021 Dari Menkes

FOTO : Wakil Wali Kota Jambi Dr. H. Maulana Menerima Piagam Penghargaan Terbaik 6 STMB 2021 di Aula Rumah Dinas Gubernura Jambi, Jumat (12/11/21).

FOTO : Wakil Wali Kota Jambi Dr. H. Maulana Menerima Piagam Penghargaan Terbaik 6 STMB 2021 di Aula Rumah Dinas Gubernura Jambi, Jumat (12/11/21).

SRIWIJAYADAILY

Pemerintah Kota Jambi berhasil meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Raihan tersebut merupakan buah dariĀ  inovasi mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih melalui konsep pembangunan Bergerak Bersama di Kota Jambi dalam mengupayakan 5 pilar STBM.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan melalui Gubernur Jambi Dr. Al Haris, S.Sos, MH kepada Dr. H. Maulana, kepada Wakil Wali Kota Jambi pada Upacara HKN di Aula Rumah Dinas Gubernuran, Jumat (12/11/21).

Pemerintah Kota Jambi pun menjadi satu-satunya Kota di Jambi yang masuk dalam 6 besar inovasi terbaik pencapaian STBM.

Baca :  Dandim 0419 Tanjab Bekali Menwa Sultan Thaha Tentang Kepemimpinan

Hal ini terjadi, karena sebagai Kota Besar dengan berbagai kompleksitas dan keterbatasan lahan yang dihadapinya, Kota Jambi terbukti mampu mewujudkan 5 pilar STBM dengan nilai capaian bulat 100 persen.

Lima pilar tersebut meliputi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), pengelolaan sampah, penyediaan air minum, dan penanganan drainase.

Sebelumnya, sejumlah tahapan dilalui Kota Jambi hingga terpilih menjadi 6 besar inovasi terbaik STBM 2018 ini.

Baca :  Kasad Kunjungan Kehormatan ke Pejabat Pertahanan dan Militer Singapura

Pertama, Kota Jambi menjadi satu dari 24 kota/ kabupaten se-Indonesia yang telah 100 persen open defecation free (ODF) atau bebas aksi buang air besar sembarangan.

Setelah itu, Kota Jambi masuk dalam tahapan administrasi dan verifikasi lapangan oleh tim Kemenkes. Hasilnya Kota Jambi terpilih masuk 6 besar inovasi terbaik STBM 2021.

Capaian ini sekaligus menunjukkan bahwa konsep Bergerak Bersama yang diusung Visi Jambi terkini di bawah Wali Kota Sy Fasha dan Wakil Waki Kota Maulana dalam memimpin Kota Jambi berhasil.

Baca :  Mayor Widi : Bahaya Radikalisme Harus Dipahami Generasi Muda

Dalam konsep inilah pemerintah kota berusaha menggerakkan seluruh stakeholder pembangunan untuk bersama mewujudkan pemahaman dan kesadaran melakukan kebiasaan hidup bersih serta sehat berhasil diwujudkan.

Selain itu, di lingkungan Pemerintah Kota Jambi sendiri sejumlah program dilakukan seperti normalisasi sungai-sungai, koordinasi serta koordinasi untuk menghilangkan perilaku BABS.

Kota Jambi, memiliki komitmen kuat terkait terwujudnya lingkungan bersih sehat ini. Maulana yakin ke depan Kota Jambi akan semakin bersih, sehat, dan maju.(*)

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Kemenkes Siapkan 340 Pos Kesehatan di Jalur Mudik

Kesehatan

Begini Cara Aman Konsumsi Daging Agar Terbebas Dari Virus PMK

Kesehatan

KKP Kirim Tim ke Perairan Ketapang Cek Limbah Rapid Antigen

Kesehatan

Jubir Kemenkes Beberkan 6 Dugaan Penyebab Hepatitis Akut

Kesehatan

HBA Suport Kegiatan Donor Darah HPN PWI Provinsi Jambi

Kesehatan

Vaksinasi Covid-19 Terhadap Anak Harus Dibarengi Peningkatan Pemahaman Orang Tua

Kesehatan

Peringati HPN 2022, PWI Jambi Gelar Donor Darah

Gema TNI

Danrem 042/Gapu Dikukuhkan Jadi Duta Bapak Asuh Anak Stunting Provinsi Jambi