Nyanyian Tank Yonkav 5/DPC Getarkan Bumi Baturaja Upacara Pengibaran Bendera Bulanan di Korem 041/Gamas: Memupuk Patriotisme dan Kesiapsiagaan Nasional Danrem 043/Gatam Dukung dan Sukseskan Program PAT Provinsi Lampung Kapten Inf Sobirin Tinjau Progres Pra TMMD di Desa Suka Maju Danrem 043/Gatam Pimpin Entry Meeting Audit Ketaatan dan Kinerja Periode III TA. 2024 Bersama Itjen TNI

Home / Portal Militer

Minggu, 16 Juni 2024 - 20:14 WIB

Prajurit TNI Rebut Distrik Bibida dari OPM dengan Tindakan Profesional dan Kemanusiaan

PAPUA – Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil merebut wilayah Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah, yang sebelumnya dikuasai oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Operasi ini dilakukan sebagai respons terhadap serangan yang dilancarkan oleh kelompok OPM di Distrik Paniai Timur, yang mengakibatkan kematian seorang warga sipil tidak bersenjata.

Pada hari Jumat, 14 Juni 2024, pasukan TNI yang dipimpin oleh Panglima Kogabwilhan III, Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon, berhasil menaklukkan Distrik Bibida setelah melacak dan mengejar kelompok OPM yang melarikan diri ke wilayah tersebut.

Baca :  Peduli Akan masa depan Remaja, Babinsa Ingatkan Bahaya Narkoba

Dalam operasi perebutan tersebut, OPM menggunakan taktik keji dengan menempatkan warga sipil sebagai perisai hidup, namun prajurit TNI tetap menjaga profesionalisme dan kemanusiaan.

Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon menekankan bahwa prajurit TNI selalu mengarahkan senjata mereka hanya kepada anggota OPM, dengan tujuan untuk menghindari korban jiwa di kalangan warga sipil.

Baca :  Wujudkan Tertib Sosial Di Masyarakat, Babinsa Koramil Pasar Bersama Tiga Pilar Sambangi Warga Binaan

“Tindakan profesional ini adalah bagian dari komitmen TNI untuk menjaga keamanan dan kondisi yang stabil di wilayah Papua, serta untuk melindungi masyarakat sipil dari konflik bersenjata,” ucapnya dalam pernyataan kepada media.

Dalam penaklukan Distrik Bibida, tidak ada laporan korban jiwa baik dari pihak TNI maupun warga sipil setempat. Prajurit TNI juga berhasil mengamankan wilayah tersebut tanpa menimbulkan kerugian yang tidak perlu di antara penduduk setempat.

Baca :  Kasad Minta Lulusan Akmil Senantiasa Berfikir Ilmiah Dalam Pecahkan Masalah

Operasi ini menjadi langkah strategis dalam upaya TNI untuk mengembalikan keamanan dan menegakkan kedaulatan negara di wilayah yang selama ini menjadi fokus gangguan keamanan oleh kelompok bersenjata separatis.

Perebutan Distrik Bibida oleh TNI menunjukkan komitmen yang kuat untuk mengatasi tantangan keamanan di Papua secara profesional, sambil menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam setiap tindakan yang mereka lakukan.**

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Pasiterdim 0415/Jambi Mengikuti Sosialisasi UU Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara Melalui Zoom Meeting

Portal Militer

Tumbuhkan Kecintaan Anak TK Kepada TNI, Yonarmed 15/Cailendra Adakan Wisata Edukasi Militer

Portal Militer

Satgas Yonif 143/TWEJ Sosialisasikan Bahaya Narkoba dan HIV AIDS

Portal Militer

Kedekatan dengan Orang tua Asuh, Satgas TMMD Ikut Memasak

Portal Militer

Wujud Sinergitas dan Soliditas, TNI-Polri di Jambi Gelar Apel Bareng

Portal Militer

Jalin Tali Silaturahmi, Dandim Jambi Sambangi Tokoh Masyarakat

Pimpinan

Panglima TNI Pimpin Sertijab Asisten Intelijen di Mabes TNI

Portal Militer

Babinsa Koramil 05/Sengeti Bersama Kades Dusun Mudo Meninjau Jalan yang Rusak Akibat Terkikis Luapan Sungai Batanghari