DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI Jum’at Bersih, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Bersama Warga Gotong Royong Tempat Ibadah Dandim 0419 Tanjab Bekali Menwa Sultan Thaha Tentang Kepemimpinan Dandim 0416/Bute Serahkan Bantuan Semen dan Al-Quran Ke Ponpes Daarul Hafidz Al- Manshuriyah SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Home / Gema TNI

Rabu, 5 Januari 2022 - 12:03 WIB

Putra Seorang Babinsa, Sandi Pamungkas Mutiara dari Natuna

SRIWIJAYADAILY
Dalam kunjungan kerjanya ke Batalyon Komposit 1/ Garda Pati di Natuna, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., berkesempatan menerima presentasi dari Sandi Pamungkas siswa SMAN 2 Bunguran Timur yang memiliki prestasi mendunia, melalui inovasi-inovasi yang diciptakannya.

Kebanggaan Kasad bukan hanya telah bertemu dengan Sandi, namun kebanggaan itu bertambah setelah mengetahui bahwa Sandi merupakan putra dari Serda Syahrudin Babinsa Mekar Jaya Koramil 03 Sedanau Kodim 0318/Natuna.

“Bagaimana ceritanya anak ini bisa memiliki prestasi yang luar biasa?,” tanya Kasad kepada sang Babinsa.

Syahrudin pun menjelaskan bahwa inovasi yang diciptakan anaknya itu, bermula dari seringnya Sandi mengikuti kegiatan pembinaan teritorial yang dilakukannya di desa binaannya.

“Saat mengikuti kegiatan saya sebagai Babinsa, anak saya ini sebagai juru foto. Setiap permasalahan yang ditemukan, ia (Sandi) mencoba mencari solusi pemecahannya,” ucap Syahrudin melalui rilis tertulis Dispenad.

Baca :  Jelang Kunjungan Tim Wasev, Dansatgas TMMD 115 Kodim 0415/Jambi Pimpin Rapat Staf

Kasad pun menjelaskan, salah satu tujuan dari kunjungan kerja ke satuan jajaran di seluruh Indonesia adalah untuk menemukan putra putri terbaik bangsa dengan prestasi membanggakan yang nantinya dapat dimanfaatkan dalam membangun Indonesia melalui TNI AD.

“Salah satunya pada hari ini, saya menemukan mutiara (Sandi) di Natuna ini,” kata Kasad penuh bangga.

Sementara itu, Sandi yang juga bercita-cita menjadi Taruna Akademi Militer ini, mengungkapkan rasa bangganya dapat bertemu dan mempresentasikan inovasi dan prestasi yang dimilikinya kepada orang nomor satu di TNI AD tersebut.

“Harapan saya setelah bertemu Bapak Kasad, dapat mengangkat dan lebih memperkenalkan Natuna ke dunia internasional. Selain itu, menjadikan motivasi bagi saya untuk lebih berprestasi lagi,” ujarnya.

Baca :  Kasad Resmikan Instalasi Tahanan Super Maximum Security (SMS) Milik Pomdam III/Siliwangi

“Dan semoga apa yang saya cita-citakan dapat tercapai dengan baik dan lancar,” tambah Sandi.

Adapun inovasi-inovasi yang telah diciptakan Sandi diantaranya, Smart Cabai, Basiltrik (Batako Penghasil Listrik), MooApps (Aplikasi Monitoring Kesehatan Ternak), Padu (Penangkap Air di Udara), We Care Mangrove (aplikasi pelestarian lingkungan mangrove melalui pemberdayaan), dan Rainzer (handsinitizer dari air hujan dan air laut menjadi handsinitizer non alkohol).

Sedangkan prestasi yang diraih melalui inovasi-inovasi itu, antara lain Juara 1 lomba desain inovatif STAI Natuna 2021, Juara 2 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Pinang 2021, Juara 1 lomba Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2021 tingkat Provinsi Kepulauan Riau di Batam, Juara 2 lomba UII Businnes Plan Competition 2021 di Universitas Islam Indonesia tingkat nasional, Juara 1 tingkat internasional dalam ajang Africa OCIIP Expo 2020 di Nigeria Africa, dengan predikat presentasi terbaik dan inovasi terkreatif, Juara 3 lomba International Korea Science Engineering Fair (KSEF) di Korea Selatan 2020.

Baca :  Wujud Kemanunggalan Dengan Rakyat, TNI Makan Bareng Warga Di Lokasi TMMD

Juara 3 Lomba International Exhibition For Young Inventor (IEYI) di Taiwan 2020, Juara harapan 1 lomba National Young Inventor Award (NYIA) 2019 di Jakarta, Juara 1 lomba Police Innovation Award (PIA) 2020 di Jakarta tingkat nasional, Juara 1 Satu Indonesia Award (SIA) tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2020 di Jakarta, Juara harapan 2 lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna 2018 tingkat Provinsi Kepulauan Riau 2018, dan Juara 1 Kompetisi Sains Nasional Bidang Geografi Tingkat Kabupaten Natuna. (**)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Bantu Pihak Gereja, Ini Yang Diperbuat Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ

Gema TNI

TNI Wajib Taat Aturan Dalam Berlalulintas

Gema TNI

Bersama Masyarakat, Babinsa Waropen Perbaiki Jembatan Yang Rusak

Gema TNI

Danrem 045/Garuda Jaya Berangkatkan Tiga Prajurit Satgaster Ke Papua

Gema TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Dikukuhkan Menjadi Bapak Asuh Anak Stunting Papua

Gema TNI

Peringati Hari Pahlawan, Korem 042/Gapu Gelar Upacara di Balai Prajurit

Gema TNI

Satgas TNI 301/PKS Bersama Warga Perkuat Ketahanan Pangan Di Wilayah Puncak Jaya

Gema TNI

Hadapi US Navy Dalam Latihan CARAT, TNI AL Kerahkan Tiga Kapal Perang Ke Laut Jawa