Sambut Idul Adha, Babinsa Desa Baru Amankan Pawai Obor dan Takbir Keliling Komitmen Alumni AKABRI ’94 dalam Mengatasi Stunting di Kalimantan Barat Prajurit Satgas Yonif 125/SMB Terangi Jembatan dan Dermaga di Kampung Yagatsu, Papua Prajurit TNI Rebut Distrik Bibida dari OPM dengan Tindakan Profesional dan Kemanusiaan TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan Ribuan Baby Lobster di Cilacap

Home / Daerah

Rabu, 27 Oktober 2021 - 18:57 WIB

Rakor Bidang Sosial Tingkat Kabupaten Muara Enim 2021 Fokus Bahas PMKS

Muara Enim – Sriwijayadaily.co.id
Bupati Muara Enim diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Maryana membuka Rakor Bidang Sosial Tingkat Kab. Muara Enim Tahun 2021, yang diselenggarakan Dinas Sosial Kabupaten Muara Enim di Ball Room Hotel Griya Sintesa, Kota Muara Enim, Rabu, (27/10/2021).
 
Dalam sambutannya didepan 70 peserta rakor, Asisten III mengatakan bahwa rakor tersebut sangat penting dalam rangka mensinergikan program-program Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah.
Yang merupakan ujung tombak penyelenggaraan kesejahteraan sosial sebagaimana Undang-Undang nomor 11 tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial telah mengamanatkan kepada Pemerintah bahwa seluruh rakyat berhak mendapatkan pelayanan dari Pemerintah untuk menyelesaikan berbagai persoalan sosial demi peningkatan kesejahteraan rakyat.
 
Sebagaimana kita ketahui bahwa fokus permasalahan dalam Bidang Sosial adalah penanganan terhadap 26 jenis PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteran Sosial).
Dimana dalam penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial merupakan permasalahan Pemerintah yang harus diselesaikan secara komprehensif dengan upaya yang terarah, terpadu dan berkelanjutan .
“Yang mana penanganan PMKS dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial meliputi rehabilitasi sosial, jaminan dan perlindungan sosial dan pemberdayaan sosial,” terangnya.
 
Menyikapi hal tersebut, lanjut Asisten III, Pemkab. Muara Enim telah merancang berbagai langkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sosial, baik dari segi penguatan SDM, perlengkapan fasilitas dan sarana, penyempurnaan database, serta sinkronisasi program antara pusat dan daerah.
 
Untuk itu, dengan rapat koordinasi ini diharapkan mampu mengevaluasi dan merumuskan program-program kesejahteraan sosial yang efektif dan efesien.
“Serta dapat membangun sistem kerjasama yang baik antar seluruh stakeholder guna mewujudkan #MERAKYAT Muara Enim untuk Rakyat,” kata Asisten III. 
Baca :  Ketua DPC Pepabri Tebo Hadiri Upacara Memperingati Hari Lahirnya Pancasila

Share :

Baca Juga

Daerah

Harga Sembako di Riau Dipantau Secara Berkala

Daerah

Memasuki 2022, Ini Target Kemendes PDTT

Daerah

HD Bebaskan Pajak Kendaraan Bermotor di Atas Air Tahun 2022

Daerah

Aksi Berbagi Nasi Bungkus, Cara Keluarga Besar HWSB Jambi Peduli Sesama

Daerah

Gubernur Al Haris Memimpin Jambi Menuju Keberlanjutan Gambut Nasional

Daerah

Presiden RI Ingatkan Hati – Hati Dalam Pengelolaan Dana Desa

Daerah

Perpres Tunjangan Terbit, Momentum Transformasi Pranata Humas

Daerah

Ini Nama-Nama 20 Bakal Calon Anggota KPU Provinsi Jambi 2023-2028 Dinyatakan Lulus Seleksi Tertulis dan Tes Psikologi