Dandim 0415/Jambi Bersama Forkopimda Kota Jambi Gaungkan Gerakan Ayo Menanam Koramil Telanaipura Bertekad Gaungkan Program Gerakan Ayo Menanam Pabung Muaro Jambi Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Stabilkan Harga Sembako Jelang Ramadhan, Dandim 0416/Bute Bersama Forkopimda Buka Pasar Murah TNI Akan Bangun 22 Kodam Baru

Home / Penrem 042 Gapu / Warta TNI

Jumat, 24 November 2023 - 14:35 WIB

Resmi Menjabat Danrem 042/Gapu, Ini Profil Kolonel Inf Rachmad

Kolonel Inf Rachmad dan isteri/swjdaily

Kolonel Inf Rachmad dan isteri/swjdaily

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Kolonel Inf Rachmad resmi menjabat sebagai Danrem 042/Gapu menggantikan Brigjen TNI Supriono yang akan menduduki jabatan Pa Sahli Tk. III KSAD Bid. Komsos.

Mutasi tertuang dalam Surat Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/1324/XI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan Panglima TNI pada Jumat, 17 November 2023.

Serah terima jabatan Kolonel Inf Rachmad, sebagai Danrem 042/Gapu digelar di Gedung Soedirman Makodam II/SWJ Palembang, Jumat (24/11/2023). Sertijab langsung dipimpin Pangdam II/Swj Mayor Jenderal TNI Yanuar Adil.

Prosesi upacara Sertijab Danrem 042/Gapu ditandai dengan penyerahan tanda jabatan dan Tongkat Komando serta Tunggul Korem 042/Gapu oleh Pangdam II/Swj kepada pejabat baru, Kolonel Inf Rachmad.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil dalam amanatnya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Brigjen TNI Supriyono, S.I.P., M.M., atas pelaksanaan tugas, pengabdian serta kontribusinya yang begitu besar kepada Kodam II/Swj.

Baca :  Lagi, Kodim 0415/Jambi Gerebek Sekolah Dasar Dalam Program Dapur Masuk Sekolah

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada Ny. Supriyono yang dengan setia mendampingi suami dalam menjalankan tugas, serta Dharma Baktinya yang tulus dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 042 Pd II/Sriwijaya.

Selanjutnya, kepada Kolonel Inf Rachmad beserta Istri, Pangdam mengucapkan selamat, atas kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan untuk menjabat sebagai Danrem 042/Garuda Putih.

“Segera beradaptasi dan merumuskan berbagai upaya inovatif untuk membangun dan mengembangkan satuannya. Dengan berbekal wawasan, pengalaman serta kemampuan yang dimiliki, saya yakin saudara akan mampu mengemban amanah yang dipercayakan oleh pimpinan, bangsa dan negara ini dengan sebaik-baiknya”, ujar Mayjen TNI Yanuar Adil.

Baca :  Dengan Alasan Apapun, Tidak Dibenarkan Gerombolan KKB Bunuh Warga dan Bakar Rumah

Terkait dengan semakin dekatnya pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, Pangdam juga mengingatkan kembali kepada para Komandan Satuan agar menekankan kembali tentang Komitmen Netralitas TNI kepada seluruh Prajurit dan PNS di satuannya masing-masing.

“Jangan sampai ada Prajurit dan PNS Kodam II/Swj yang terjebak dalam politik praktis dan terseret oleh kepentingan-kepentingan pribadi maupun kelompok tertentu yang berusaha mempengaruhi Netralitas TNI”, tegasnya.

Berikut profil Kolonel Inf Rachmad.

Rachmad lahir di Banjarmasin 10 Oktober 1969 (54) adalah seorang Perwira Menengah berpangkat Kolonel yang menjabat sebagai Komandan Korem 042/Gapu sejak tanggal 24 November 2023, menggantikan Brigjen TNI Supriono. Rachmad merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993 Kecabangan Infanteri. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Koorsmin Kasad Mabesad.

Baca :  Siswa Pendidikan Pertama Tamtama Ikuti Ujian Ketangkasan Halang Rintang

Tahun 1993, ia lulus dari Akademi Militer, ia memulai karier di Dantonpan Yonif 142/KJ, kemudian jabat Dankipan-C Yonif-142/KJ (1998).

Pada tahun 2002, ia mengikuti Pendidikan Suslapa If, dan usai pendidikan ia menjabat Pabanda Ops Sopsdam-IV/Dip (2004) dan Kasdim-0722/Kudus Rem-073/MKT(2006).

Pada tahun 2012 ia mengikuti pendidikan Seskoad, usai pendidikan Seskoad ia menjabat Kasiops Rem 044/Gapo (2013); Dandenmadam II/Swj (2015); Kabaglat Rindam II/Swj; Wadanrindam II/Swj (2018); Pamen Ahli Bid. OMP Pangdam I/BB (2021); dan Paban Sahli Kasad Bid. Narkoba (2022).

Karirnya berlanjut pada 2022 ia mengikuti Lemhanas dan di tempatkan pada jabatan Koorsmin Kasad dan kini menjabat Danrem 042/Gapu.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Tekan Angka Stunting, Babinsa Koramil 08/Danau Teluk Dampingi Nakes Monitoring Kepada Warga

Warta TNI

Upacara Hari Pahlawan 10 November 2021 di Mabes TNI

Warta TNI

Respons Cepat Prajurit TNI AD Tanggap Bencana di Mamuju

Warta TNI

Pesilat Yonarmed Chailendra Raih 3 Medali Di Kejuaraan SH Terate Cup 1 Tahun 2023 Se OKU Timur

Warta TNI

Jenderal Dudung Resmi Sandang Gelar Doktor Secara Cum Laude

Warta TNI

“Kopassusku, Kopassus Kita, Kopassus Indonesia”, Kopassus yang Ditakuti Lawan dan Dicintai Rakyat

Warta TNI

Wujud Kontribusi Dalam Program TMMD, Mahasiwa Unja Lakukan Budidaya Tanaman Toga

Warta TNI

Wujud Keharmonisan, Satgas Yonif 143/TWEJ Hadiri Musyawarah Kampung Di Pedalaman Papua